UPAYA MEMBANGUN DAN MEMELIHARA SEMANGAT BELAJAR DI MASA PANDEMI PADA YAYASAN PONDOK PESANTREN IZZATUL ISLAM
DOI:
https://doi.org/10.56127/jammu.v1i1.255Keywords:
Membangun, Semangat Belajar, Pandemi.Abstract
Pengabdian pada masyarakat sebagai salah satu tri darma perguruaan tinggi menepati posisi yang strategis dalam menimba dan mendidik masyarakat untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Adapun wujud pembinaan tersebut diantaranya melalui pelatihan keterampilan dan pendampingan yang dianggap berguna bagi khalayak masyarakat setempat. Program kreativitas mahasiswa untuk melaksanakan darma perguruan tinggi yang ketiga yaitu pengabdian pada masyarakat. Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dengan tema Upaya Membangun dan Memelihara Semangat Belajar Di Masa Pandemi Pada Yayasan pondok pesantren Izzatul Islam, Bentuk dari program ini adalah sosialisasi kepada para pelajar, agar tetap aktif trampil dan cerdas saat pandemi. Semangat belajar dapat dimiliki dengan meningkatkan motivasi belajar. Motivasi belajar adalah sebuah penggerak atau pendorong yang membuat seseorang akan tertarik kepada belajar sehingga akan belajar secara terusmenerus. Motivasi yang rendah dapat menyebabkan rendahnya keberhasilan dalam belajar sehingga akan merendahkan prestasi belajar siswa.
References
Afifatu Rohmawati. 2015. Efektivitas Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Usia Dini. Volume 9 Edisi 1, April 2015
Arizona, Kurniawan. et.all. (2020). Pembelajaran Online Berbasis Proyek Salah Satu Solusi Kegiatan Belajar Mengajar di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan. Volume 5 No 1 Mei 2020.
Bambang Warsita. 2008. Teknologi Pembelajaran (Landasan & aplikasinya). Jakarta: PT RINEKA CIPTA
Dimyati, Mudjiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Deassy May Andini dan Endang Supardi. 2018. Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Efektivitas Pembelajaran Dengan Variabel Kontrol Latar Belakang Pendidikan Guru. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran. Vol. 1, No. 2, hal. 1-7, Januari 2018
Ginting, Henndy. (2020). Perubahan Perilaku sebagai Respon terhadap Wabah COVID-19.Tulisan Edukasi HIMPSI di Masa Pandemi COVID-19 – Seri 14.
Hasanah, A., Lestari, A. S., Rahman, A. Y., & Daniel, Y. I. (2020).Analisis aktivitas belajar daring mahasiswa pada pandemi Covid-19.
Henry Guntur Tarigan, Pengajaran Kompetensi Bahasa (Bandung: Angkasa, 2009)
Kusniyah & Hakim,L . (2019). Efektifitas Pembelajaran Berbasis Daring:Sebuah Bukti pada Pembelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan, Vol. 17 No.1.
Sardiman,A.M. 2001. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Grafindo.
Sardirman,A.M. 2005. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Grafindo.
Syarifudin, A. S. (2020). Impelementasi Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Sebagai Dampak Diterapkannya Social Distancing.Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Metalingua, 5(1), 31-34.