PENERAPAN PRINSIP GOOD GOVERNANCE PADA KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI PUSKESMAS BAKTIJAYA KOTA DEPOK

Authors

  • Shabrina Syifa Ardani Universitas Bina Sarana Informatika
  • Sonny Fransisco Universitas Bina Sarana Informatika
  • Arcitera Febriyanti Universitas Bina Sarana Informatika
  • Fathiyah Aida Rizma Universitas Bina Sarana Informatika

DOI:

https://doi.org/10.56127/jekma.v3i2.1472

Keywords:

Prinsip Good Governance, Kualitas, Pelayanan Publik, Puskesmas.

Abstract

Good governance digambarkan sebagai sistem tata kelola yang baik untuk pemerintah atau bisnis komersial, yang diukur dengan indikator-indikator tertentu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan rencana pada penerapan prinsip-prinsip good governance. Pada penelitian ini, penulis menggunakan lima indikator utama: transparansi, akuntabilitas, responsivitas, efektivitas dan efisiensi, dan partisipasi dalam meningkatkan mutu pelayanan publik di Puskesmas Baktijaya Kota Depok. Studi ini memanfaatkan pendekatan deskriptif dengan desain studi literatur kualitatif guna mengkaji bagaimana penerapan prinsip-prinsip good governance pada kualitas pelayanan publik di Puskesmas Baktijaya Kota Depok, melalui pengumpulan data dari beragam sumber, termasuk jurnal ilmiah, dokumen resmi, dan data statistik. Puskesmas Baktijaya Kota Depok telah cukup mahir dalam mengadopsi konsep Good governance untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik. Penelitian ini mengungkapkan bahwa bagaimana penerapan prinsip-prinsip Good governance dapat memperbaiki transparansi informasi, akuntabilitas pelayanan, daya tanggap terhadap kebutuhan masyarakat, efektivitas dan efisiensi pelayanan, serta partisipasi masyarakat dalam proses pemberian pelayanan. Dengan demikian, penelitian ini dapat menjadi sumber referensi bagi pihak-pihak yang tertarik untuk memperbaiki kualitas pelayanan publik lainnya.

References

Abdussamad, D. H. Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. CV. Syakir Media Press.

Ambarak, M. A., Olivia S. Nelwan, SE.,MSi, & Mirah H. Rogi. (2023). Analisis Kinerja Pelayanan Publik dan Responsivitas Pegawai Di UPTD Puskesmas Kotabunan. Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 11(4), 590–602. https://doi.org/10.35794/emba.v11i4.51976

Garung, C. Y., & Ga, L. L. (2020). Pengaruh Akuntabilitas Dan Transparansi Terhadap Pengelolaan Alokasi Dana Desa (Add) Dalam Pencapaian Good Governance Pada Desa Manulea, Kecamatan Sasitamean, Kabupaten Malaka. Jurnal Akuntansi : Transparansi Dan Akuntabilitas, 8(1), 19–27. https://doi.org/10.35508/jak.v8i1.2363

Ismaya, N., Mustafa, L. O., & Jopang. (2022). Kualitas Pelayanan Publik. CV. PENERBIT QIARA MEDIA.

Karso, A. J. (2022). Buku Ajar Good Governance. Penerbit Samudra Biru (Anggota IKAPI).

Mulkhadimah, A. (2022). PENGARUH AKUNTABILITAS, TRANSPARANSI, PENGAWASAN DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KINERJA PELAYANAN PUBLIK DI PUSKESMAS SAAT PANDEMI COVID-19 (Studi Empiris pada Puskemas se-Kota Pekanbaru). JIANA ( Jurnal Ilmu Administrasi Negara ), 20(3), 66. https://doi.org/10.46730/jiana.v20i3.8072

Nuraeni, N., Nurhazizah, R., Nursahwa, S., & Apriliani, A. (2024). Menciptakan Good Governance melalui Pelayanan Kesehatan kepada Masyarakat. Karimah Tauhid, 3(2), 2412–2423. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i2.12005

Oetama, M. H. (2022). PELAKSANAAN ASAS AKUNTABILITAS DALAM PELAKSANAAN KESEHATAN PADA PUSKESMAS KOTA BANDA ACEH (Studi Kasus Baiturrahman dan Kopelma Darussalam). Jurnal Ilmiah Mahasiswa FISIP Unsyiah, 7(2), 1–14. https://jim.usk.ac.id/FISIP/article/view/20181

Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 43 Tahun 2019 Tentang Pusat Kesehatan Masyarakat, Pub. L. No. 43 (2019). https://peraturan.bpk.go.id/Details/138635/permenkes-no-43-tahun-2019

Puspasari, A. (2019). Prinsip Prinsip Good Governance Transparansi dan Akuntabilitas pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Cikarang Utara procedures of governance that is not properly managed and regulated . Consequently arise. Persfektif, 17(2), 195–201.

Rahmadana, M. F., Mawati, A. tentrem, Siagian, N., Perangin-angin, M. A., Refelino, J., Tojiri, M. Y., Siagian, V., Nugraha, N. A., Manullang, S. O., Silalahi, M., Yendrianof, D., Sari, A. P., Supriadi, M. N., Sari, M. H. N., & Bahri, S. (2020). Pelayanan Publik. Yayasan Kita Menulis.

Rahman, K. G. (2021). Good Governance dan Pengendalian Internal Pada Kinerja Pengelolaan Keuangan. EDU PUBLISHER.

Ramadhan, R. (2024). in Konsep Good Governance dalam Perspektif Pelayanan Publik: Sebuah Tinjauan Literatur. Saraq Opat: Jurnal Administrasi Publik, 6(1), 55–67. https://doi.org/10.55542/saraqopat.v6i1.328

Riska Chyntia Dewi, & Suparno Suparno. (2022). Mewujudkan Good Governance Melalui Pelayanan Publik. Jurnal Media Administrasi, 7(1), 78–90. https://doi.org/10.56444/jma.v7i1.67

Rosika, C., & Frinaldi, A. (2023). Penerapan Prinsip-Prinsip Good Governance dalam Pelayanan BPJS Kesehatan di Kota Padang. COMSERVA Indonesian Jurnal of Community Services and Development, 2(09), 1902–1908. https://doi.org/10.59141/comserva.v2i09.587

Sellang, K., Jamaluddin, & Mustanir, A. (2022). Strategi Dalam Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik. Penerbit Qiara Media.

Sri Syatriani, Amaliah, A. R., & Nur Alfiana. (2023). Hubungan Tata Kelola (Good Governance) Dengan Kinerja Tenaga Kesehatan Pada Era Pandemi Covid-19 Di Puskesmas Binamu Kabupaten Jeneponto. Jurnal Mitrasehat, 12(2), 273–281. https://doi.org/10.51171/jms.v12i2.345

Sumantri, I. (2022). Reorientasi Reformasi Birokrasi Dan Good Governance Dalam Penyelenggaraan Sektor Publik Di Indonesia. PAPATUNG: Jurnal Ilmu Administrasi Publik, Pemerintahan Dan Politik, 5(2), 63–72. https://doi.org/10.54783/japp.v5i2.679

Tahun, P. S., Putri, I. P., Wiyono, W., & Witjaksono, P. (2023). Analisis Efektifitas Dan Efisiensi Pelaksanaan Anggaran Belanja di UPT . 92–97.

Triyanto, D., Purnawan, H., & Saputra, B. (2021). Penerapan Prinsip Good Governance Dalam Pelayanan Publik Di Puskesmas Betungan Kota Bengkulu. Restorica: Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara Dan Ilmu Komunikasi, 7(1), 1–6. https://doi.org/10.33084/restorica.v7i1.1922

Downloads

Published

2024-06-15

How to Cite

Ardani, S. S., Sonny Fransisco, Arcitera Febriyanti, & Fathiyah Aida Rizma. (2024). PENERAPAN PRINSIP GOOD GOVERNANCE PADA KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI PUSKESMAS BAKTIJAYA KOTA DEPOK. Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 3(2), 126–135. https://doi.org/10.56127/jekma.v3i2.1472

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.