ANALISIS PROMOSI IKLANTERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PADA PT NATURA PROMO BEAUTY JAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.56127/jekma.v1i3.400Keywords:
Promosi, Loyalitas, KonsumenAbstract
Tujuan penelitian ini, untuk mengetahui besarnya pengaruh iklan yang dilaksanakan PT Natura Prima Beauty melalui promosi terhadap peningkatan loyalitas pelanggan di Kota Jakarta. Jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode kuesioner, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Populasi penelitan ini berasal dari pelanggan PT Natura Prima Beauty yang berdomisili di Jakarta, melakukan akses terhadap iklan dimedia sosial. Sampel penelitian sejumlah 100 orang dengan teknik accidental sampling. Data kuesioner dianalisis menggunakan program SPSS versi 25 untuk mengetahui nilai korelasi, regresi linear sederhana, dan determinasi. Hasil penelitian menunjukkan korelasi antara variabel promosi terhadap loyalitas pelanggan yaitu, 0,676% yang menunjukkan adanya korelasi dalam taraf kuat antara promosi iklan terhadap loyalitas pelanggan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai R sebesar 0,456. Artinya variabel promosi iklan memprediksi 45,6 % terhadap variabel loyalitas konsumen. sedangkan sisanya sebesar 54,4% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti. Berdasarkan uji persamaan regresi linier sederhana Y 4.907 + 0.672X yang menunjukan bahwa tanpa ada promosi iklan , maka customer loyalty sebesar 4.907 dan jika X naik satu poin atau satuan maka loyalitas konsumen naik sebesar 0,672. Ini menjelaskan bahwa terdapat pengaruh yang positif atau searah antara variable iklan terhadap loyalitas konsumen.
References
Eusebia Isabella Aldama. (2021). PENGARUH PADA IKLAN TERHADAP CUSTOMER LOYALTY PADA NATURA WORLD DI KOTA SURAKARTA. E-Prosiding of Management, 8, 41–95.
Irhamna, S. A. (2017). Dampak Pengembangan Pariwisata Terhadap Perekonomian Masyarakat Sekitar Objek Wisata di Dieng Kabupaten Wonosobo. Economics Development Analysis Journal, 6(3).
Natsir Abduh, T. M. (2018). Produksi Usaha Kripik Dangke di Kabupaten Enrekang, Provinsi Sulawesi Selatan. SEMINAR NASIONAL HASIL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT “Peluang Dan Tantangan Pengabdian Kepada Masyarakat Yang Inovatif Di Era Kebiasaan Baru, 57.
Nita . Diana, Silvya L. Mandey, R. J. J. (2017). Analisis Pengaruh Strategi Produk, Harga, Promosi, Saluran Distribusi Terhadap Loyalitas Konsumen. Jurnal EMBA, 5(2).
Noor, M. (2018). Pengaruh Iklan, Citra Merek Dan Kepuasan Konsumen Terhadap Loyalitas Konsumen Produk “Rexona” Di Banjarmasin. Jimi. JIMI, 1(2).
Nurvi, Oktiani, Indyah, & Setyorini. (2018). Service Quality Dan Customer Satisfaction Serta Pengaruhnya Terhadap Loyalitas Konsumen Pada CV Jaya Motor Bekasi. Widya Cipta, 2(1).
Rajagukguk, Pater. (2016). PENGARUH MOTIVASI DAN KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP KINERJA PEGAWAI. Ecodemica, 4(1), 23–31.
Rajagukguk, Pater. (2017). Analisis kebijakan produk dan promosi terhadap volume penjualan. Konferensi Nasional Ilmu Sosial Dan Teknologi, 1(1).
Rajagukguk, Peter. (2021). Promotion and Price Analysis of Purchase Decisions Bear Brand Milk During The Covid-19 Pandemic at PT. Aneka Rasa Citra Sejati, Jakarta. INTERNATIONAL JOURNAL OF SOCIAL AND MANAGEMENT STUDIES (IJOSMAS), 2(5).
Rajagukguk, Peter, Haryono, B., Hardani, H., & Fadholi, A. (n.d.). INTERNATIONAL JOURNAL OF SOCIAL AND MANAGEMENT STUDIES (IJOSMAS) Promotion and Price Analysis of Purchase Decisions Bear Brand Milk During The Covid-19 Pandemic at PT. Aneka Rasa Citra Sejati, Jakarta.
Sugiyono. (2016). Metodologi Penelitian. Alfabeta.
Sulistiani, S. (2017). PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN YANG BERDAMPAK PADA LOYALITAS PELANGGAN PADA PRODUK HYDRO COCO PT KALBE FARMA. EDUKA : Jurnal Pendidikan, Hukum, Dan Bisnis, 2(1).
Yusuf, Y., & Anthoni, L. (2020). PERBANDINGAN PERGERAKAN INDEKS HARGA SAHAM GABUNGAN (IHSG) DENGAN INDEKS SAHAM SYARIAH INDONESIA (ISSI) SELAMA PANDEMI COVID 19. PROSEDING SEMINAR NASIONAL AKUNTANSI, 3(1).
Yusuf, Y., Fadli, S., & Muarifin, H. (2022). Pendampingan Pembuatan Laporan Keuangan UMKM (Restoran Ayam Goreng Kampung Banjar). Jurnal Abdi Masyarakat Multidisiplin, 1(1), 49–55.