CYBERBULLYING PENGGUNA MEDIA SOSIAL X (TWITTER)
(DESKRIPTIF)
DOI:
https://doi.org/10.56127/jukeke.v3i2.1594Keywords:
Profil peresepan, diabetes mellitus tipe II, obat diabetes oral, rawat jalan, penyakit dalam.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cyberbullying pengguna media sosial X (twitter). Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini yaitu skala cyberbullying. Skala cyberbullying disusun berdasarkan bentuk-bentuk cyberbullying menurut Willard (2007). Responden dalam penelitian ini adalah pengguna X (twitter) aktif yang berusia minimal 12 tahun dan tidak menggunakan identitas asli sebagai username. Jumlah responden yang didapatkan yaitu sebanyak 103 responden yang terdiri dari 32 responden laki-laki dan 71 responden perempuan. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif. Hasil analisis deskriptif menunjukkan skor mean empirik sebesar 77,29 dan skor mean hipotetik sebesar 60. Hal ini berarti cyberbullying pengguna media sosial X (twiiter) masuk dalam kategori tinggi.
References
Afifa, R., Sitasari, N., & M, S. (2021). Hubungan antara Persepsi terhadap Cyberbullying dengan Kecenderungan Perilaku Cyberbullying pada Dewasa Awal. JCA Psikologi, 2(2), 125-140.
Anggreini, N. M. (2016). Pemanfaatan Media Sosial Twitter di Kalangan Pelajar SMK Negeri 5 Samarinda. eJournal Sosiatri-Sosiologi, 4(2), 239-251.
Beale, A., & Hall, K. R. (2007). Cyber-Bullying: What School Administrators and Parents Can Do. Clearing House, 81(1), 8-12.
Betts, L. (2016). Cyberbullying: approaches, consequences and interventions. United Kingdom: Palgrave Macmillan.
Campbell, M. (2005). Cyberbullying: An Old Problem in a New Guise?. Journal of Psychologists and Counsellors in Schools, 15(1), 68-76.
Chadwick, S. (2014). Impacts of Cyberbullying, Building Social and Emotional Resilience in Schools. Australia: SpringerBriefs in Education.
Dixon. (2022). Distribution of Twitter users worldwide as of April 2021, by age group. Diakses pada tanggal 3 Maret 2023, dari Statista: https://www.statista.com/statistics/283119/age-distribution-of-global-twitter-users/
Eleanora, F. N., & Al Adawiah, R. (2021). Monograf Pencegahan Perundungan Dunia Maya (Cyberbullying) Pada Anak. Banyumas: CV Pena Persada.
Friedmann, D. (2015). Trademarks and Social Media Towards Algorithmic Justice. USA: Edward Elgar Publishing.
Gámez-Guadix, M., Orue, I., Smith, P. K., & Calvete, E. (2013). Longitudinal and reciprocal relations of cyberbullying with depression, substance use, and problematic internet use among adolescents. Journal of Adolescent Health, 53(4), 446-452.
Hidajat, M., Adam, R. A., Danaparamita, M., & Suhendrik. (2015). Dampak Media Sosial Dalam Cyber Bullying. Jurnal ComTech, 6(1), 72-81.
Isnanto, B. (2023). Kenapa twitter jadi x. Diakses pada tanggal 12 Desember 2023, dari https://inet.detik.com/cyberlife/d-6869515/kenapa-twitter-jadi-x-ini-penjelasan-dan-perubahan-fiturnya
John, A. G. (2018). Self-Harm, Suicidal Behaviours, and Cyberbullying in Children and Young People: Systematic Review . Journal of Medical Internet Research, 20(4), e129.
Katadata Media Network. (2022). Pengguna Twitter Didominasi Laki-laki pada 2021. Diakses pada tanggal 3 Maret 2023, dari databoks.katadata.co.id: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/07/13/pengguna-twitter-didominasi-laki-laki-pada-2021
Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia. (2021). Indonesia Peringkat Lima Pengguna Twitter. Diakses pada tanggal 3 Maret 2023, dari https://www.kominfo.go.id/content/detail/2366/%20indonesia-peringkat-lima-penggunatwitter/0/sorotan_media
Kowalski, R. M., Limber, S. P., & Agatston, P. W. (2008). Cyberbullying. UK: Blackwell Publishing Ltd.
Kowalski, R., Limber, S., & Agatston, P. (2012). Cyberbullying: bullying in the digital age. Malden: Wiley-Blackwell.
Kurniawan, A. W., & Puspitaningtyas, S. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Pandiva Buku.
Makin Cakap Digital. (2021). Microsoft: Tingkat Kesopanan Warganet Indonesia Berada di Urutan 29 dari 32 Negara. Diakses pada tanggal 3 Maret 2023, dari https://literasidigital.id/artikel/microsoft-tingkat-kesopanan-warganet-indonesia-berada-di-urutan-29-dari-32-negara
Roth, R. (2015). Psychological Aspects of Cyberbullying. The Journal of the Learning Sciences, 113-119.
Salazar, L. R. (2020). Cyberbullying and online harassment in the workplace. USA: IGI Global.
Santhoso, F. H. (2019). Peran Mediasi Orang Tua dan Anonimitas terhadap Kecenderungan Cyberbullying Siswa. Jurnal Psikologi, 46(3), 261-272.
Sari, R. N., & Suryanto. (2016). Kecerdasan Emosi, Anonimitas dan Cyberbullying (Bully Dunia Maya). PERSONA: Jurnal Psikologi Indonesia, 5(1), 48-61.
Sari, S., Nauli, F., & Utomo, W. (2020). Gambaran Perilaku Cyberbullying pada Remaja di SMAN 9 Pekanbaru. Jurnal Keperawatan Sriwijaya, 7(2), 16-24.
Scott, C. R. (1998). To Reveal or Not to Reveal: A Theoretical Model of Anonymous Communication. Communication Theory, 8(4), 381-407.
Spinello, R. (2011). Cyberethics: morality and law in cyberspace. USA: Jones & Bartlett Learning.
Sterner, G., & Felmlee, D. (2017). The Social Networks of Cyberbullying on Twitter. International Journal of Technoethics, 8(2), 1-15.
Tazkiyah, I., Kusuma, F. W., Fadillah, A. R., Siswantoro, M. F., & Cahyono, S. A. (2022). Peran Anonimitas terhadap Cyberbullying pada Media Sosial. Prosiding Seminar Nasional Teknologi dan Sistem Informasi (hal. 77-83). Surabaya: Sitasi.
Twitter. (2023). Pertanyaan Umum Pengguna Baru. Diakses pada tanggal 3 Maret 2023, dari https://help.twitter.com/id/resources/new-user-faq
We Are Social. (2021). Social media users pass the 4.5 billion mark. Diakses pada tanggal 3 Maret 2023, dari https://wearesocial.com/uk/blog/2021/10/social-media-users-pass-the-4-5-billion-mark/
Willard, N. (2005). Cyberbullying and Cyberhreats. Washington: U.S. Department of Education.
Willard, N. E. (2007). Cyberbullying and Cyberthreats: Responding to the Challenge of Online Social Aggression, Threats, and Distress. Champaign: Research Press.
Willard, N. E. (2007). Cyberbyllying and Cyberthreats: responding to the challenge of online social aggression, threaats, and distress. USA: Research Press.