HEGEMONI MEDIA SOSIAL TERHADAP MARAKNYA PINJAMAN ONLINE (PINJOL)

Authors

  • Meriska Yosiana Universitas Gunadarma

DOI:

https://doi.org/10.56127/jukim.v2i6.1144

Keywords:

Hegemony, Social Media, Online Loan

Abstract

Hegemoni adalah suatu cara atau ideologi untuk mendominasi tanpa adanya tindakan pemaksaan maupun kekerasan. Permasalahan pada penulisan ini adalah hegemoni media terhadap maraknya pinjaman online (pinjol) yang sering terjadi melalui aplikasi atau website. Tujuan dari penulisan ini melihat pengaruh media sosial terhadap pinjaman online dan dampak yang ditimbulkan dari pinjaman online tersebut. Metode penelitian menggunakan kualitatif deskriptif dengan data sekunder melalui website quora mengenai pinjaman online. Pendekatan yang digunakan adalah Teori Hegemoni khususnya Hegemoni media sosial dari Antonio Gramsci. Hasil dari penelitian ini adalah Masyarakat tertarik dengan pinjol dikarenakan prosesnya tidak ribet dan iklan-iklan penawaran dari pinjol sangat menarik tanpa agunan, prosesnya juga cepat. Namun kekurangan dari pinjol ini data dari si peminjam dapat disalahgunakan, juga cara penagihan yang tidak sopan. Pinjol ini juga menyebabkan orang-orang jadi ketagihan melakukan hutang.

References

Adji, S. E. P. (2020). POWER RELATIONS IN TWO CONTEMPORARY INDONESIAN NOVELS WITH POLITICAL THEMES. International Journal of Humanity Studies (IJHS), 4(1), 69-80.

Antoniades, Andreas. (2018). Hegemony and International Relations. International Politics, 55(5), 595-611.

Boothman, D. (2008). The sources for Gramsci's concept of hegemony. Rethinking Marxism, 20(2), 201-215.

Fauziyah, N. N. (2020). The Role of Cultural Hegemony in Mariposa in Maintaining Gender Color Assumption. International Journal of Humanity Studies (IJHS), 4(1), 122-130.

Femia, Yoseph V. (1981). Gramci’s Political Thought: Hegemony, Consciousness, and the Revolutionary Process. Oxford:ClarendonPress.

Fuchs, Christian. (2017). Social Media: A Critical introduction Second Edition. London: SAGE

Juditha, C. (2018). Social Media Hegemony: Gosip Instagram Account@ Lambe_turah-Hegemoni Media Sosial: Akun Gosip Instagram@ Lambe_turah. Jurnal Penelitian Komunikasi Dan Opini Publik, 22(1), 260982.

Lewis, B.K. (2010) Social Media and Strategic Communication: Attitudes and Perceptions among College Students. Public Relations Journal, 4, 1-23.

Lexy J. Moleong. (2005). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya

Mumby, Dennis K. (1997) The problem of hegemony: Rereading Gramsci for organizational communication studies, Western Journal of Communication, 61:4, 343-375, DOI: 10.1080/10570319709374585

Olubunmi, A. P. (2015). The ambiguous power of social media: Hegemony or resistance. New Media and Mass Communication, 33, 1-9.

Setiadi, A. (2016). Pemanfaatan media sosial untuk efektifitas komunikasi. Cakrawala-Jurnal Humaniora, 16(2).

Sinha, S. (2017). Fragile hegemony: Modi, social media and competitive electoral populism in India. International Journal of Communication, 11(2017), 4158-4180.

Skerritt, L. (2019). Reconceptualizing Hegemony in a Global American Century. Journal of Global Faultlines, 6(2), 150-165.

Subawa, N. S., & Widhiasthini, N. W. (2020). Hegemony Practice of Consumers in Disruption Era. International Journal of Innovation, Creativity and Change, 11(3), 357-375.

Artikel "Apa Itu Pinjol Resmi? Ini Sejarah Munculnya di Indonesia" oleh Kristina pada 16 Oktober 2022 dan diakses dari https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-5768994/apa-itu-pinjol-resmi-ini-sejarah-munculnya-di-indonesia pada tanggal 30 Desember 2022

Artikel “Daftar Pinjol Legal 2022 yang Harus Diingat, Jangan Asal Pinjam Uang” oleh Barratut Taqiyyah Rafie pada tanggal 14 Juli 2022 dan diakses dari https://keuangan.kontan.co.id/news/daftar-pinjol-legal-2022-yang-harus-diingat-jangan-asal-pinjam pada 9 Januari 2022

Website quora diakses pada 31 Desember 2022 https://id.quora.com/search?q=apakah%20pernah%20melakukan%20pinjaman%20online%3F

https://www.google.com/imgres?imgurl=https%3A%2F%2Fwww.julo.co.id

Downloads

Published

2023-11-07

How to Cite

Yosiana, M. . (2023). HEGEMONI MEDIA SOSIAL TERHADAP MARAKNYA PINJAMAN ONLINE (PINJOL). Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(6), 161–167. https://doi.org/10.56127/jukim.v2i6.1144

Similar Articles

<< < 3 4 5 6 7 8 9 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.