PENGARUH PROMOSI, KEAMANAN DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN SHOPEE

Authors

  • Ibnu Cahyo Ramadhan Universitas Gunadarma
  • Tia Chisca Anggraeni Universitas Gunadarma

DOI:

https://doi.org/10.56127/jukim.v1i1.121

Keywords:

Kepuasan Pelanggan, Promosi, Keamanan, Kualitas Pelayanan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh promosi, keamanan, dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada aplikasi Shopee baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini menggunakan data primer. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner online pada 100 responden yaitu Mahasiswa/i Universitas Gunadarma Kalimalang Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen Angkatan 2019. Alat ukur yang digunakan pada penelitian ini yaitu uji validitas, uji reliabilitas, uji regresi liner berganda, uji t (parsial), uji f (simultan) dan uji koefisien determinasi. Alat bantu yang digunakan yaitu SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukan bahwa promosi berpengaruh secara parsial terhadap kepuasan pelanggan,keamanan tidak berpengaruh secara parsial terhadap kepuasan pelanggan, kualitas pelayanan berpengaruh secara parsial terhadap kepuasan pelanggan, keamanan promosi dan kualitas pelayanan berpengaruh secara simultan terhadap kepuasan pelanggan.

References

Achadi, A., Surveyandini, M., & Prabawa, A., 2021. Pengaruh Kualitas Website E-Commerce, Kepercayaan, Persepi Risiko dan Norma Subyektif terhadap Minat Beli Secara Online di bukalapak.com. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi 21(3): 1207-1212.

Alvioletta, Velariza, dkk. 2021. Penerapan Metode Analitycal Hierarchy Process (AHP) Pada Penilaian Kepuasan Pelanggan Berdasarkan Pelayanan Divisi (Studi Kasus: CV Tirta Kencana). Bandung: Kreatif Industri Nusantara

Ani, J., Lumanauw, B., & Tampenawas, J. 2022. PENGARUH CITRA MEREK, PROMOSI DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA E-COMMERCE TOKOPEDIA DI KOTA MANADO. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 10(1), 663-674.

Balhmar, M. A., & Khuzaini, K. 2021. PENGARUH HARGA, PROMOSI, DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI E-COMMERCE SHOPEE. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM), 10(10).

Daryanto, D. 2011. Sari Kuliah Manajemen Pemasaran. Bandung: PT Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.

Febrilia, I. 2019. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna Transportasi Ojek Online Grab. JRMSI-Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, 10(1), 204-225.

Ghodang, H., dan Hantono. 2020. Metode Penelitian Kuantitatif Konsep Dasar dan Aplikasi Analisis Regresi dan Jalur dengan SPSS. Medan: PT. Penerbit Mitra Grup

Ghozali. 2011. Aplikasi analisis Multivariate dengan program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Unversitas Diponegoro.

Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Cetakan ke VIII. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Imam, F A. 2021. Pengaruh Citra Merek, Promosi dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian pada Marketplace Shopee (Studi Pada Masyarakat Bekasi Di Masa Pandemi). Skripsi. Jakarta: Universitas Gunadarma.

J. Supranto. 2000. Statistik Teori dan Aplikasi. Jakarta: Airlangga.

Downloads

Published

2022-01-31

How to Cite

Ibnu Cahyo Ramadhan, & Tia Chisca Anggraeni. (2022). PENGARUH PROMOSI, KEAMANAN DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN SHOPEE. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(01), 01–11. https://doi.org/10.56127/jukim.v1i1.121

Similar Articles

<< < 2 3 4 5 6 7 8 9 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.