INTERAKTIF DAN KREATIF: PENDAMPINGAN PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS MENGGUNAKAN MEDIA BONEKA JARI PADA SISWA KELAS III MIS FATHUL JANNAH
DOI:
https://doi.org/10.56127/jukim.v3i03.1330Keywords:
Media Boneka Jari, Memahami kata-kata bahasa Inggris, Media lisan, Pengajaran bahasa InggrisAbstract
Bahasa inggris digunakan hampir di seluruh dunia karena merupakan bahasa universal. karena banyak media pembelajaran yang digunakan untuk belajar bahasa Inggris. Tujuan dari pengabdian masyarakat ini adalah untuk memperkenalkan dan mengajarkan bahasa Inggris melalui media boneka jari. Pengabdian masyarakat ini ditunjukkan melalui demonstrasi. Hasil penelitian kami menunjukkan bahwa anak-anak lebih tertarik untuk belajar bahasa inggris, mereka lebih menguasai kosa kata bahasa Inggris, terutama kosa kata yang berkaitan dengan profesi, boneka jari membuat pelajaran bahasa Inggris lebih mudah dipahami, dan mereka lebih kreatif dan kreatif. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media boneka tali dalam pengajaran bahasa inggris berdampak pada minat dan kemampuan berbahasa inggris siswa.
References
Asholahudin, M. “Kompetensi Bahasa Inggris.” Jurnal Horizon Pedagogia Vol 1, No, no. 2010 (2020): 72–75.
Azmi, Rujiatul, Baik Nilawati Astini, Ika Rachmayani, and Fahruddin Fahruddin. “Pengembangan Media Boneka Jari Untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Ekspresif Anak Usia Dini.” Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan 8, no. 4 (2023): 2557–65. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i4.1795.
Lestari, Mita Oktavia, and Ani Safitri. “Meningkatkan Kemampuan Guru Anak Usia Dini Dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran.” Jurnal Program Mahasiswa Kreatif 6, no. 1 (2022): 3. http://pkm.uika-bogor.ac.id/index.php/pkm-p/issue/archive.
Alfiqri, A. F., Widiastuty, H., Harahap, A. R., & Yuvia, Y. (2023). Pengenalan dan Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris dengan Media Boneka Jari pada Komunitas Anak-anak. Kifah: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 115-122.
Susilowati, R., & Sophya, I. V. (2021). Implementasi Media Boneka Tangan Pada Pembelajaran Bahasa Inggris. Al Hikmah: Journal of Education, 2(2), 243-256.
Ratnadi, N. N. A., & Bukian, P. A. W. Y. (2023). PELATIHAN PEMBUATAN BONEKA JARI SEBAGAI MEDIA AJAR BAGI GURU TK KECAMATAN SERIRIT. Mafaza: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 174-183.
AJIE, P. G. (2023). PENGEMBANGAN BUKU AJAR 3D (TIGA DIMENSI) DILENGKAPI POP UP BOOK DAN BONEKA JARI PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V TEMA 5 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN KE-2 (Doctoral dissertation, UIN RADEN INTAN LAMPUNG).
Rusmiati, R. (2023). Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Media Boneka Jari Pada Anak Kelompok B PAUD Melati Desa Kuin Kecil Kab. Banjar.
Noviyanawati, B. L., & Agung, A. A. G. (2022). Pengembangan Media Boneka Jari Tangan Berpendekatan SAVI pada Muatan Bahasa Indonesia untuk Keterampilan Berbicara Siswa. Jurnal Media Dan Teknologi Pendidikan, 2(2), 73-81.
Anjeli, Y. N., & Latifah, N. (2021). Pengembangan Media Boneka Jari Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas IV SDN Saga VI Kabupaten Tangerang. WACANA AKADEMIKA: Majalah Ilmiah Kependidikan, 5(1), 1-7.
Dewi, K. Y. O., Suwatra, I. I. W., & Magta, M. (2016). Penerapan Metode Bercerita Berbantuan Media Boneka Jari Untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimak Anak Di Tk Waringin Sari. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 4(3).
Rohmah, N. (2016). Pengembangan buku cerita dan boneka jari sebagai alternatif bahan pembelajaran kemahiran berbicara bahasa Arab siswa kelas XI SMAN 5 Malang.