KONSEP PENDIDIKAN ISLAM MENURUT K.H. AHMAD DAHLAN

Authors

  • Salsabila Dewanty Suliyanto Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka
  • Saskia Maulina Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
  • Rizki Amrillah Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

DOI:

https://doi.org/10.56127/jukim.v3i03.1336

Keywords:

Konsep Pendidikan, Ahmad Dahlan

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pemikiran KH. Ahmad Dahlan yang dimana pada pendidikan di masa sekarang ini menjadi satu permasalahan yang tidak akan pernah habis untuk dibahas. Pendidikan Islam merupakan salah satu ilmu yang mempunyai peran yang sangat penting. Dalam pendidikan Islam terdapat ruang lingkup yang dipengaruhi dari berbagai pandangan-pandangan tokoh pendidikan, sehingga menjadi teori-teori yang dijadikan landasan dalam pendidikan Islam. K.H. Ahmad Dahlan menjadi salah satu tokoh yang mempunyai perhatian besar dalam pendidikan Islam. Sehingga fokus dari tulisan ini adalah konsep pendidikan menurut K.H. Ahmad Dahlan. Adapun tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui konsep pendidikan Islam menurut K.H. Ahmad Dahlan. Penelitian ini menggunakan data kualitatif dan jenis penelitian library research. Hasil dari analisis data menunjukkan bahwa pendidikan Islam merupakan pendidikan yang bertujuan untuk membentuk pribadi muslim yang seutuhnya dan pendidikan mampu menggabungkan pendidikan agama dan pendidikan umum secara bersamaan tanpa memisahkan salah satu diantaranya. Menurut K.H. Ahmad Dahlan bahwa tujuan pendidikan adalah pembentukan kepribadian seseorang menjadi manusia yang unggul.

References

Hasibuan, M. (2022). Konsep Pendidikan Islam Menurut KH. Ahmad Dahlan. ALBAHRU, 1(2).Djmarah B, Syaiful AZ. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Mubaroq, A. I., Maulana, A., Basri, H., & Sya'bani, M. A. Y. (2020). Konsep pendidikan islam dalam perspektif kiai haji ahmad dahlan. Tamaddun: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Keagamaan, 20(2), 91-102.

Fitri, A. N., & Sutarjo, L. K. (2022). Konsep Pendidikan Islam Menurut KH Ahmad Dahlan.

Azzahra, M. (2024). Pembaharuan Pendidikan Islam: Studi Komparatif Pendidikan Islam KH Ahmad

Dahlan dan Muhammad Fethullah Gülen. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 10558-10571.

Roybah, R., & Munib, A. (2022). Konsep Pendidikan Islam Perspektif KH. Ahmad Dahlan Dan Relevansinya Dengan Era Global Pendidikan Di Indonesia. AHSANA MEDIA: Jurnal Pemikiran, Pendidikan Dan Penelitian Ke-Islaman, 8(1), 86-99.

Warahmah, M. (2022). KONSEP LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM PERSPEKTIF KH. AHMAD DAHLAN (1868–1923M). Kutubkhanah, 22(2).

Mainuddin, M., & Septiani, L. D. (2022). Konsep Pendidikan Islam dalam Perspektif KH. Ahmad Dahlan. TAJDID: Jurnal Pemikiran Keislaman dan Kemanusiaan, 6(1), 1-13.

Wardianto, B. S. (2020). Relevansi Pemikiran KH. Ahmad Dahlan Terhadap Pendidikan Agama Islam Di Era 4.0. Jurnal Penelitian Agama, 21(2), 281-290.

Bustam, B. M. R. (2021). Filosofi Pendidikan KH Ahmad Dahlan dan Implikasinya pada Epistemologi Pendidikan Islam Kontemporer. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 6(2), 262-281.

Downloads

Published

2024-05-09

How to Cite

Suliyanto, S. D., Maulina, S. ., & Amrillah, R. . (2024). KONSEP PENDIDIKAN ISLAM MENURUT K.H. AHMAD DAHLAN. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 3(03), 103–109. https://doi.org/10.56127/jukim.v3i03.1336

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.