PENGARUH MEDIA SOSIAL DAN KUALITAS INFORMASI INSTAGRAM @PINTERPOLITIK TERHADAP KEBUTUHAN INFORMASI POLITIK GENERASI Z

Authors

  • Anissa Mu’arifah Universitas Gunadarma
  • Renny Renny Universitas Gunadarma

DOI:

https://doi.org/10.56127/jukim.v3i03.1539

Keywords:

Generasi Z, Kebutuhan Informasi, Kualitas informasi, media sosial, Pengaruh, Politik

Abstract

Pinterpolitik merupakan media yang mempunyai visi dan misi untuk memperjelas berita politik di Indonesia. PinterPolitik menyajikan konten yang dirancang untuk memberikan kritik tajam, tegas, dan terkadang kontroversial, dengan penyampaian yang berbeda dari media lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh media sosial (X1) dan kualitas informasi (X2) akun Instagram @pinterpolitik terhadap kebutuhan informasi politik generasi Z. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dan paradigma positivistic. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah uses and gratification. Teknik penarikan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 400 responden yang didapatkan dari hasil perhitungan menggunakan rumus Taro Yamane. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa media sosial dan kualitas informasi akun Instagram @pinterpolitik mempengaruhi kebutuhan informasi politik generasi Z, sebesar 58,1% dan sisanya 41,9% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Penelitian ini juga memiliki hasil media sosial dan kualitas informasi akun Instagram @pinterpolitik berpengaruh secara bersama-sama dan dapat menjelaskan kebutuhan informasi politik generasi Z.

References

B. Darma, Statistika Penelitian Menggunakan SPSS (Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Regresi Linier Sederhana, Regresi Linier Berganda, Uji t, Uji F, R2). Jakarta: Guepedia, 2021.

E. Haryono, M. Slamet, dan S. Damar, STATISTIKA SPSS 28. Bandung : Widina Bhakti Persada, 2023. [Daring]. Tersedia pada: www.penerbitwidina.com

I. Hermawan, Metodologi penelitian pendidikan (kualitatif, kuantitatif dan mixed method). Kuningan: Hidayatul Quran, 2019.

I. Machali, Metode penelitian kuantitatif (panduan praktis merencanakan, melaksanakan, dan analisis dalam penelitian kuantitatif). Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga, 2021.

K. Abdullah dkk., Metodologi penelitian kuantitatif, no. 2. Pidie, 2022.

M. Anshori dan S. Iswati, Metodologi penelitian kuantitatif: edisi 1. Surabaya: Airlangga University Press, 2019.

S. P. Nadirah, A. D. R. Pramana, dan N. Zari, Metodologi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Mix Method (Mengelola Penelitian Dengan Mendeley dan Nvivo). Pasaman Barat: CV. Azka Pustaka, 2022.

T. Dyatmika, Ilmu komunikasi. Yogyakarta: Zahir Publishing, 2021.

Y. Djuyandi, Pengantar Ilmu Politik. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada-Rajawali Pers, 2023.

A. Apriani, “Pengaruh Penggunaan Media Sosial Dan Kualitas Informasi Akun Instagram @Magangupdate Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Magang Followers,” COMSERVA : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, vol. 3, no. 06, hlm. 2403–2417, Okt 2023, doi: 10.59141/comserva.v3i06.1029.

A. Aziz dan B. Widodo, “Pengaruh Media Sosial Sebagai Sumber Pengetahuan Politik Generasi Z Terhadap Literasi Politik pada Pemilu 2020,” Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Yogyakarta , 2022.

A. Basyit, B. Sutikno, dan J. Dwiharto, “Pengaruh Tingkat Pendidikan dan Pengalaman Kerja Terhadap Kinerja Karyawan,” Jurnal EMA - Ekonomi Manajemen Akuntansi , vol. 5, no. 1, hlm. 12–20, 2020.

A. Ferniansyah, S. Nursanti, dan L. Nayiroh, “Pengaruh Media Sosial TIktok Terhadap Kreativitas Berpikir Generasi Z,” Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia, vol. 6, no. 9, hlm. 4288–4298, 2021, doi: 10.36418/syntax.

A. N. A. Rusnali, “Media Sosial dan Dekadensi Moral Generasi Muda Social Media and Moral Decadence of the Young Generation,” Connected, vol. 1, no. 1, hlm. 29–37, 2020.

A. P. Sutrisno dan I. D. Mayangsari, “Pengaruh Penggunaan Media Sosial Instagram @humasbdg Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Followers,” Jurnal Common , vol. 5, no. 2, hlm. 118–133, 2021, doi: 10.34010/common.

Ardiansyah, Risnita, dan M. S. Jailani, “Teknik Pengumpulan Data dan Instrumen Penelitian Ilmiah Pendidikan Pada Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif,” IHSAN: Jurnal Pendidikan Islam, vol. 1, no. 2, hlm. 1–9, 2023, [Daring]. Tersedia pada: http://ejournal.yayasanpendidikandzurriyatulquran.id/index.php/ihsan

A. S. Puspita, S. Binastuti, dan M. Fuad, “Pengaruh Terpaan Informasi, Kualitas Informasi dan Motif Penggunaan Media Akun Instagram @Anakmagang.Id Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Lowongan Magang Bagi Followers,” UG JURNAL, vol. 16, no. 12, hlm. 30–37, 2022.

Asrulla, Risnita, M. S. Jailani, dan Jeka Firdaus, “Populasi dan Sampling (Kuantitatif), Serta Pemilihan Informan Kunci (Kualitatif) dalam Pendekatan Praktis,” Jurnal Pendidikan Tambusai , vol. 7, no. 3, hlm. 26320–26332, 2023.

A. Shinta, V. W. Sutjipto, dan M. L. Putri, “Pengaruh Media Sosial Instagram @Fyindonesians Terhadap Kebutuhan Informasi Kandungan Gula Pada Kopi Ready To Drink,” LINIMASA : JURNAL ILMU KOMUNIKASI, vol. 6, no. 2, hlm. 133–155, 2023.

C. Anwar, “Pengaruh Insentif Dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan (Pada PT. Tasindo Central Perkasa Kecamatan Tanggulangin Kabupaten Sidoarjo),” Greenomika, vol. 3, no. 1, hlm. 30–35, 2021.

Chaerun N. Damayanti, Amri Dunan, dan Karman, “Pengaruh Terpaan Media dan Kredibilitas Tuan Rumah (Host) Terhadap Minat Politik Generasi Z,” KOMUNIKA, vol. 8, no. 2, hlm. 79–86, 2021, doi: 10.22236/komunika.v8i1.6473.

C. Nurhayati, I. A. Bakir, dan F. M. Shaka, “The Influence of Social Media On Religious Identity Politics Among Indonesian Millennial Generation,” Simulacra, vol. 5, no. 2, hlm. 57–70, 2022.

C. N. Zempi, A. Kuswanti, dan S. Maryam, “Analisis Peran Media Sosial dalam Pembentukan Pengetahuan Politik Masyarakat,” Ekspresi dan Persepsi : Jurnal Ilmu Komunikasi, vol. 6, no. 1, hlm. 116–123, Jan 2023, doi: 10.33822/jep.v6i1.5286.

D. F. Sjoraida dan A. R. Nugraha, “Upaya Peningkatan Pengetahuan Politik Melalui Sosialisasi Pendidikan Politik Bagi Generasi Z,” Jurnal Pengabdian Kolaborasi dan Inovasi IPTEKS, vol. 1, no. 2, hlm. 104–111, 2023.

D. Oktaviano, B. Permatasari, dan Y. Fernando, “Pengaruh Faktor Psikologis dan Sosiologis Terhadap Pengambilan Keputusan Pembelian Mobil (Studi Pada Konsumen Mobil Avanza di Provinsi Lampung),” SMART: Strategy of Management and Accounting through Research and Technology, vol. 2, no. 1, hlm. 46–54, 2022, [Daring]. Tersedia pada: http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/smart/issue/archive

E. A. Hutabarat, A. Maulida, dan R. M. N. Akbar, “Pesan Edukasi Politik Bagi Generasi Z di Akun Instagram Rian Fahardhi,” Prosiding Seminar Nasional, hlm. 314–323, 2023.

E. T. Santri, “Pengaruh Penggunaan Media Sosial dan Kualitas Informasi Instagram @Mrtjkt Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Followers,” Universitas Gunadarma, Jakarta, 2023.

F. N. Zakiyyah dan N. Kurniasih, “Pengetahuan Pengguna Tentang Kematangan Karir Ditinjau dari Kualitas Informasi pada Instagram @glintsid,” Informatio: Journal of Library and Information Science, vol. 3, no. 1, hlm. 17–32, 2023.

F. Susanti dan C. Mulyani, “Pengaruh Kepercayaan, Iklan, Persepsi Resiko Terhadap Keputusan Pembelian Di Situs Shopee pada Konsumen Kelurahan Lubuk Buaya,” Jurnal Valuasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen dan Kewirausahaan, vol. 2, no. 2, hlm. 1155–1171, 2022, doi: 10.46306/vls.v2i2.

F. X. Wartoyo dan Y. P. Ginting, “Sosialisasi Generasi Z Dalam Partisipasi Pemilu 2024,” Jurnal Multidisiplin West Science, vol. 3, no. 02, hlm. 132–143, 2024.

H. Karunia H, N. Ashri, dan D. Irwansyah, “Fenomena Penggunaan Media Sosial : Studi Pada Teori Uses and Gratification,” Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, vol. 3, no. 1, hlm. 92–104, Jan 2021, doi: 10.47233/jteksis.v3i1.187.

J. H. Yam dan R. Taufik, “Hipotesis Penelitian Kuantitatif,” PERSPEKTIF : Jurnal Ilmu Administrasi, vol. 3, no. 2, hlm. 96–102, 2021.

J. Indrawan, Efriza, dan A. Ilmar, “KEHADIRAN MEDIA BARU (NEW MEDIA) DALAM PROSES KOMUNIKASI POLITIK,” Medium, vol. 8, hlm. 1–17, 2020.

J. J. R. Alfred dan S. P. Wong, “The Relationship Between The Perception of Social Media Credibility and Political Engagement in Social Media Among Generation Z,” Journal of Communication, Language and Culture, vol. 2, no. 2, hlm. 18–33, 2022.

K. Dhara, K. Hutomo, L. Brigitta, dan N. Arzella, “Penggunaan Instagram Sebagai Media Kampanye Politik pada Pemilihan Kepala Daerah DKI Jakarta 2017: Studi Kasus Pada Basuki Cahya Purnama (Ahok),” COMMENTATE: Journal of Communication Management, vol. 1, no. 2, hlm. 193–207, Des 2020, doi: 10.37535/103001220206.

L. Apriyana dan I. Z. Pane, “Pengaruh Intensitas Penggunaan Tiktok Akun @Clahayes Sebagai Sarana Edukasi Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Kesehatan Diet Para Followers,” JSC: Jurnal of Scientific Communication, vol. 5, no. 2, hlm. 1–12, 2023.

L. P. Degodona, A. L. Tobing, dan R. L. Raja, “Sosialisasi Tentang Komunikasi Politik Kepada Klompok Tani Terpadu Martubung,” Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, vol. 4, no. 3, hlm. 2673–2678, 2023, doi: 10.55338/jpkmn.v4i2.1531.

M. Agustine dan Y. R. Prasetyawati, “Pengaruh kualitas informasi Instagram dan electronic word of mouth terhadap citra dapurfit,” PRofesi Humas, vol. 5, no. 1, hlm. 82–97, 2020.

M. A. Wiryawan dan W. Nugroho, “Pengaruh Terpaan Akun Instagram @bekasifood Terhadap Preferensi dalam Memilih Kuliner di Bekasi,” Jurnal Komunikasi Nusantara, vol. 3, no. 2, hlm. 140–149, 2021.

M. D. Nurhaditio dan E. Hartanto, “Pengaruh Terpaan dan Kualitas Informasi pada Akun Instagram @animolife Terhadap Kebutuhan Informasi Followers,” Jurnal Ilmiah Multidisiplin, vol. 2, no. 2, hlm. 57–62, 2023, doi: 10.56127/jukim.v2i02.

M. F. Alfaridzi dan M. S. Budiani, “Hubungan Antara Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Rumah Makan X,” Character: Jurnal Penelitian Psikologi, vol. 8, no. 8, hlm. 17–31, 2021.

M. Ichsan, A. Irawan, dan Y. Safira, “Analisis Komodifikasi Media Sosial Instagram terhadap Citra Partai Politik Menjelang Pemilihan Calon Presiden 2024,” JSHP : Jurnal Sosial Humaniora dan Pendidikan, vol. 7, no. 1, hlm. 76–90, Jan 2023, doi: 10.32487/jshp.v7i1.1440.

Milasari, Badarussyamsi, dan A. Syukri, “Filsafat Ilmu dan Pengembangan Metode Ilmiah,” Jurnal Filsafat Indonesia, vol. 4, no. 3, hlm. 217–228, 2021.

M. I. Saputra dan E. Hartanto, “Pengaruh Penggunaan Media Sosial Dan Kualitas Informasi Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Covid-19 Pada Followers Akun Instagram@ kemenkes_ri,” Jurnal Ilmiah Multidisiplin, vol. 2, no. 01, hlm. 107–114, 2023.

M. Martiani, “Pengaruh Media Sosial, Influencer, dan Religiusitas Terhadap Perilaku Filantropi Pada Mahasiswa FIAI UII Di Masa Pandemi COVID-19,” Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta, 2021.

M. Nashrullah, O. Maharani, A. Rohman, E. F. Fahyuni, dan R. S. Untari, “Metodologi Penelitian Pendidikan (Prosedur Penelitian, Subyek Penelitian, Dan Pengembangan Teknik Pengumpulan Data),” Umsida Press, hlm. 1–64, 2023.

M. Nurfadillah dan A. Ardiansah, “Perilaku Pencarian Informasi Mahasiswa dalam Memenuhi Kebutuhan Informasi Sebelum dan Saat Pandemi Covid-19,” Fihris: Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi, vol. 16, no. 1, hlm. 21, Jun 2021, doi: 10.14421/fhrs.2021.162.21-39.

M. Waruwu, “Pendekatan Penelitian Pendidikan: Metode Penelitian Kualitatif, Metode Penelitian Kuantitatif dan Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method),” Jurnal Pendidikan Tambusai, vol. 7, no. 1, hlm. 2896–2910, 2023.

M. Yasin, S. Garancang, dan A. A. Hamzah, “Metode dan Instrumen Pengumpulan Data (Kualitatif dan Kuantitatif),” Journal of International Multidisciplinary Research, vol. 2, no. 3, hlm. 161–173, 2024, [Daring]. Tersedia pada: https://journal.banjaresepacific.com/index.php/jimr

N. K. Afkarina, A. W. Widodo, dan M. T. Furqon, “Implementasi Regresi Linier Berganda Untuk Prediksi Jumlah Peminat Mata Kuliah Pilihan,” Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 3, no. 11, hlm. 10462–10467, 2019.

N. Kholifah, “Pendekatan Ilmiah (Scientific Approach) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Kurikulum 2013: Studi Analisis Berdasarkan Paradigma Positivistik,” CENDEKIA: Jurnal Studi Keislaman, vol. 5, no. 1, hlm. 1–23, 2019, [Daring]. Tersedia pada: http://kbbi.web.id/dekat,

N. M. Janna dan Herianto, “Konsep Uji Validitas dan Reliabilitas Dengan Menggunakan SPSS,” Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Darul Dakwah Wal-Irsyad (DDI) Kota Makassar, 2021.

N. Sariani, R. Dwi Putra, P. Wulandari, dan P. Pontianak, “Survei Penggunaan Media Sosial di Kalangan Masyarakat Pasar Hongkong Kota Singkawang,” Jurnal Ilmiah Multidisiplin, vol. 3, no. 3, 2024.

N. S. P. Anggraeni dan M. A. A. Rohimakumullah, “Pengaruh Kualitas Informasi Akun Instagram @Kotajakartapusat Terhadap Citra Pemerintah,” Kaganga: Jurnal Pendidikan Sejarah dan Riset Sosial Humaniora, vol. 5, no. 2, hlm. 418–427, Des 2022, doi: 10.31539/kaganga.v5i2.4315.

N. Suriani, Risnita, dan M. S. Jailani, “Konsep Populasi dan Sampling Serta Pemilihan Partisipan Ditinjau Dari Penelitian Ilmiah Pendidikan,” IHSAN: Jurnal Pendidikan Islam , vol. 1, no. 2, hlm. 24–36, 2023, [Daring]. Tersedia pada: http://ejournal.yayasanpendidikandzurriyatulquran.id/index.php/ihsan

N. W. Safira dan I. Zurani, “Pengaruh Terpaan Media Instagram @Pekanbarukuliner Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi,” Jurnal Ilmu Komunikasi |, vol. 11, no. 2, hlm. 77–85, 2022.

R. Ariel, “Pengaruh Penggunaan Akun Instagram@ giladiskonn Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Followers (Studi Pada Followers@ giladiskonn),” Digital Repository Unila, 2023.

R. Berutu, D. P. Bangun, dan Y. Pranata, “Strategi Komunikasi Publik Meryl Rouli Saragih Dalam Membangun Pemahaman Politik Bagi Gen Z Pada Pemilihan Legislatif DPRD Sumut Tahun 2024,” Jurnal Social Opinion, vol. 7, no. 2, hlm. 151–160, 2023.

R. Hani dan Y. D. Risanti, “Pengaruh Kualitas Informasi pada Program Persiapan Persalinan Virtual Terhadap Kepuasan Ibu Hamil,” Acta Diurna: Jurnal Ilmu Komunikasi , vol. 19, no. 2, hlm. 78–89, 2023, doi: https://doi.org/10.20884/1.actadiurna.2023.19.2.8319.

Ri. N. Ramadhanti, “Pengaruh Motif Penggunaan Media dan Kualitas Informasi Akun @Jktinfo Sebagai Media Berita Online Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Masyarakat Kota Jakarta (Survei Pada Pengikut Instagram Akun @jktinfo),” UPN Veteran Jakarta, Jakarta, 2022.

R. Ulfa, “Variabel Penelitian Dalam Penelitian Pendidikan,” Al-Fathonah, vol. 1, no. 1, hlm. 342–351, 2021.

S. Anjani dan Irwansyah, “Peranan Influencer Dalam Mengkomunikasikan Pesan Di Media Sosial Instagram (The Role Of Social Media Influencers In Communicating Messages Using Instagram),” Polyglot: Jurnal Ilmiah, vol. 16, hlm. 203–229, Mei 2020, doi: dx.doi.org/10.19166/pji.v16i2.1929.

S. Fatema, L. Yanbin, dan D. Fugui, “Social Media Influence on Politicians’ and Citizens’ Relationship Through The Moderating Effect of Political Slogans,” Frontiers In Communication , hlm. 1–21, 2022, doi: 10.3389/fcomm.2022.955493.

S. Safriana dan N. Samatan, “Pengaruh Motif Penggunaan Media Sosial dan Kualitas Informasi Akun Instagram @Indozone.Id Terhadap Kepuasan Followers Generasi Z dalam Memperoleh Informasi,” Jurnal Komunikasi dan Media, vol. 02, no. 01, hlm. 17–25, 2021.

V. H. Pranatawijaya, W. Widiatry, R. Priskila, dan P. B. A. A. Putra, “Penerapan Skala Likert dan Skala Dikotomi Pada Kuesioner Online,” Jurnal Sains Dan Informatika, vol. 5, no. 2, hlm. 128–137, 2019.

V. Kusumawardani dan B. Cahyanto, “Fenomena Buzzer dan Hoax Pada Sosial Media dalam Menentukan Pilihan Politik Bagi Gen-Z pada Pilpres 2024 dalam Perspekstif Agenda Setting,” Promedia: Public Relation Dan Media Komunikasi, vol. 9, no. 2, hlm. 241–261, 2023.

Y. Delvika, “Analisis Kualitas Produk Rumah Tangga Dengan Metode Quality Function Deployment (QFD) pada PT. ABC,” Junal Ilmiah Teknik Industri Prima, vol. 4, no. 1, hlm. 10–14, 2020.

Z. Dhaefina, “Pengaruh Kualitas dan Pemenuhan Kebutuhan Informasi Pada Youtube Channel Gadgetin Terhadap Keputusan Pembelian Gadget,” 2022.

M. Makbul, “Metode Pengumpulan Data dan Instrumen Penelitian,” 2021. doi: 10.31219/osf.io/svu73.

“Akun Instagram pinterpolitik,” pinterpolitik. Diakses: 25 Maret 2024. [Daring]. Tersedia pada: https://www.instagram.com/pinterpolitik/

A. D. Riyanto, “Hootsuite (We are Social): Data Digital Indonesia 2024,” andi.link. Diakses: 25 Maret 2024. [Daring]. Tersedia pada: https://andi.link/hootsuite-we-are-social-data-digital-indonesia-2024/

A. T. Haryanto, “APJII Jumlah Pengguna Internet Indonesia Tembus 221 Juta Orang,” detik.com. Diakses: 25 Maret 2024. [Daring]. Tersedia pada: https://inet.detik.com/cyberlife/d-7169749/apjii-jumlah-pengguna-internet-indonesia-tembus-221-juta-orang

“Profil Pinterpolitik,” pinterpolitik.com. Diakses: 17 Juni 2024. [Daring]. Tersedia pada: https://www.pinterpolitik.com/profile/

N. Muhamad, “Media Sosial yang Sering Digunakan Responden untuk Mengakses Informasi Politik (Oktober 2023),” databoks.katadata.co.id. Diakses: 25 Maret 2024. [Daring]. Tersedia pada: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/11/14/ini-media-sosial-yang-dipakai-anak-muda-untuk-akses-informasi-politik

Downloads

Published

2024-05-09

How to Cite

Mu’arifah, A. ., & Renny, R. (2024). PENGARUH MEDIA SOSIAL DAN KUALITAS INFORMASI INSTAGRAM @PINTERPOLITIK TERHADAP KEBUTUHAN INFORMASI POLITIK GENERASI Z. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 3(03), 136–145. https://doi.org/10.56127/jukim.v3i03.1539

Similar Articles

<< < 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.