PENGARUH PERSEPSI MANFAAT, PERSEPSI KEMUDAHAN, PERSEPSI RISIKO DAN PERSEPSI KEPERCAYAAN TERHADAP MINAT MENGGUNAKAN GOPAYLATER PADA APLIKASI GOJEK

Authors

  • Sri Rahayu Puspita Sari Universitas Gunadarma
  • Ratih Fitri Yatun Universitas Gunadarma

DOI:

https://doi.org/10.56127/jukim.v1i06.501

Keywords:

Persepsi, Manfaat, Kemudahan, Risiko, kepercayaan, minat menggunakan

Abstract

Teknologi yang berkembang sehingga memudahkan masyarakat dalam bertransaksi secara digital. Sistem
pembayaran digital menawarkan kemudahan dan kecanggihan dalam bertansaksi. Tujuan penelitian adalah
untuk mengetahui, dan menganalisis pengaruh persepsi manfaat, persepsi kemudahan, persepsi risiko dan
persepsi kepercayaan terhadap minat menggunakan GoPayLater pada aplikasi Gojek secara parsial maupun
simultan. Data yang digunakan dalam penelitian yaitu data primer dengan menggunaka instrumen
kuesioner sebanyak 100 resonden. Metode pengambilan sampel pada penelitian ini adalah non probability
sampling dengan teknik purposive sampling atau pengambilan sampel berdasarkan karakteristik tertentu.
Uji yang dilakukan terdiri atas uji validitas, reliabilitas, asumsi klasik, regresi linear berganda, uji t, uji f,
dan koefisien determinasi. Hasil penelitian ini menunjukkan persepsi manfaat dan persepsi kepercayaan
secara tidak berpengaruh terhadap minat menggunakan GoPayLater, sedangkan persepsi kemudahan dan
persepsi risiko berpengaruh secara parsial terhadap minat menggunaka GoPayLater. Secara simultan
persepsi manfaat, persepsi kemudahan, persepsi risiko dan persepsi kerpercayaah berpengaruh terhadap
minat menggunakan GoPayLater pada aplikasi Gojek.

References

A, Hermi Monica Rantung, Willem J. F. Tumbuan., Gunawan, Emilia M. 2020. The Determinants Influencing Behaviorial Intention To Use E-Wallet During Covid-19 Pandemic In Manado. Jurnal Emba: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi.

Acelian, Restu Muhammad., Basri, Har Adi. 2021. Analysis of Sales Promotion, Perceived Ease of Use and Security on Consumer Decisions to Use DANA Digital Wallet.International Journal of Innovative Science and Research Technology.

Ahmadi, Abu. 2009. Psikologi Sosial. Jakarta: Rineka Cipta

Alghifari, Muhammad Faris. 2020. Pengaruh Daya Tarik Promosi, Persepsi Kemudahan, Persepsi Kemanfaatan Terhadap Minat Menggunakan Go-Pay Di Kota Bandung. E-Proceeding Of Management : Vol.7, No.1.

Chen, L. 2009. Online Cosumer Behaviour: An Emperical Study Based On Theory Of Planned Behaviour. Doctoral dissertation, University of Nebraska

Jaturarith, W. 2007. Consumer Adoption Of The Internet as a Shoppig Medium: The Case Of Taiand. Alliant Intenatioal University

Jogiyanto. 207. Sistem Infomasi Keprilakuan. Yogyakarta: ANDI

Kim, D. J., Ferrin, D. L., Rao, R. H. 2008. A Trust-Based Consumer Decision-Making Mode In Electronic commerce: The Roe of Trust, Perceived Risk, And Their Antecendents. Decision Support Systems. 44 (2). Pp. 544-564

Marisa, Oktafilia. 2020. Persepsi Kemudahan Penggunaan, Efektivitas, Dan Risiko Berpengaruh Terhadap Minat Bertransaksi Menggunakan Financial Technology. Jurnal Administrasi Kantor.

Nismawati, N. 2018. Analisis Pengaruh Keamanan dan Kepercayaan terhadap Keputusan Pembelian Secara Online di Kota Makassar dengan Minat Pembelian Sebagai Variabel Intervening. Doctoral dissertation,Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

Novindra, Ni Putu Bella., Rasmini, Ni Ketut. 2017. Pengaruh Kemudahan Penggunaan, Persepsi Kegunaan, Dan Computer Self Efficacypada Minat Penggunaan E-SPT. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana Vol.19 No 2.

Nurmalia, Vera Desy., Wijayanti, Lilis Endang. 2018. Pengaruh Persepsi Kemudahan dan Persepsi Kemanfaatan Terhadap Minat Beli Secara Online. JRMB. Volume 13, No. 1

Paylou, P. A. 003. Consumer Acceptance of Electronic Commerce Integrating Trust and Risk with the Technology Acceptace Model. International Journal of Electoic Commerce. 73. Pp. 69-103

Phuong, Nguyen Ngoc Duy., dkk. 2020. Examining Customers’ Continuance Intentions towards E-wallet Usage: The Emergence of Mobile Payment Acceptance in Vietnam.

Rahmawati, Yuliana Dwi., Yuliana, Rahmi. 2020. Pengaruh Persepsi Manfaat, Kemudahan Dan Keamanan Terhadap Keputusan Penggunaan E- Wallet. Journal of Economics and Banking.

Rodiah, Siti., Melati, Inaya Sari. 2020. Pengaruh Kemudahan Penggunaan, Kemanfaatan, Risiko, dan Kepercayaan terhadap Minat Menggunakan E- wallet pada Generasi Milenial Kota Semarang. Journal of Economic Education and Entrepreneurship.

S. Yogananda, and I. M. B. Dirgantara. Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Kepercayaan Dan Persepsi Risiko Terhadap Minat Untuk Menggunakan Instrumen Uang Elektronik. Diponegoro Journal of Management. Vol. 6, No. 4, pp. 116-122, Aug. 2017.

Sofiati, Nunung Ayu., Sudaryo, Yoyo. 2020. Digital marketing dan fintech di Indonesia. Andi. Yogya.

Tatik Suryani. 2013. Perilaku Konsumen di Era Internet. Graha Ilmu. Yogyakarta.

Widyadhani, Rana Shafira., & Rahadi, Raden Aswin. 2020. A Conceptual Model For Risk Perception On E-Wallet Usage. International Journal of Economics, Business and Management Research.

https://www.bi.go.id/ (Diakses 31 agustus 2022)

https://finansial.bisnis.com/ (Diakses 30 agustus 2022)

https://tekno.kompas.com/ (Diakses 30 agustus 2022)

https://trends.google.co.id/ (Diakses 31 agustus 2022)

Downloads

Published

2022-11-26

How to Cite

Sari, S. R. P. ., & Yatun, R. F. . (2022). PENGARUH PERSEPSI MANFAAT, PERSEPSI KEMUDAHAN, PERSEPSI RISIKO DAN PERSEPSI KEPERCAYAAN TERHADAP MINAT MENGGUNAKAN GOPAYLATER PADA APLIKASI GOJEK. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(06), 114–122. https://doi.org/10.56127/jukim.v1i06.501

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.