PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL ‘MENJADI MANUSIA’ DALAM MENYEBARKAN INFORMASI KESEHATAN MENTAL

Authors

  • Azizah Paramayu Universitas Padjadjaran
  • Agus Rusmana Universitas Padjadjaran
  • Nuning Kurniasih Universitas Padjadjaran

DOI:

https://doi.org/10.56127/jukim.v2i6.912

Keywords:

Penyebaran Informasi, Informasi Kesehatan Mental, Menjadi Manusia, Media Sosial, Penggunaan Media Sosial

Abstract

Pada era modern saat ini, informasi semakin mudah didapatkan dan disebarkan. Informasi apapun termasuk pula informasi terkait kesehatan mental saat ini lebih mudah didapatkan salah satunya dengan perantara media sosial. Saat ini pun ada perusahaan media digital yang mengelola media sosial. Salah satu perusahaan yang mengelola media sosial untuk menyebarkan informasi terkait kesehatan mental yaitu Menjadi Manusia. Perusahaan yang didirikan pada tahun 2018 yang didirikan oleh Rhaka Ghanisatria, Adam Alfares Abednego dan Levina Purnamadewi ini mengelola empat media sosial yang banyak digunakan oleh masyarakat untuk menyebarkan informasi tentang kesehatan mental, yaitu Instagram, YouTube, TikTok dan Twitter. Pada penelitian ini sendiri akan membahas tentang bagaimana penggunaan platform media sosial yang dilakukan oleh Menjadi Manusia dalam menyebarkan informasi kesehatan mental. Metode yang digunakan dalam deskriptif dengan pendekatan penelitian kualitatif. Teknik observasi yang digunakan pada penelitian ini yaitu studi pustaka serta melakukan observasi dengan mengamati empat akun media sosial yang dikelola oleh Menjadi Manusia. Hasil dari penelitian ini yaitu diantara empat media sosial yang dikelola oleh Menjadi Manusia untuk membagikan informasi kesehatan mental, terdapat interaksi yang cukup baik antar sesama pengikut di Instagram @menjadimanusia.id dan channel YouTube Menjadi Manusia. Sehingga dikatakan bahwa pesan yang disampaikan Menjadi Manusia pada platform Instagram dan YouTube karena terdapat feedback yang cukup baik, berbagi pengalaman, atau berbagi informasi di kolom komentar dari para pengikut atau subscriber, sehingga menimbulkan interaksi antar sesama pengikut.

References

Analisa.io. (2023a). Analisa.io. Retrieved August 24, 2023, from analisa.io website: https://analisa.io/profile/menjadimanusia.id

Analisa.io. (2023b). Analisa.io. Retrieved August 21, 2023, from analisa.io website: https://analisa.io/profile-tiktok/menjadimanusia.id

Fakhriany, D. V. (2019). Kesehatan Mental (M. Thoha, Ed.). Retrieved from https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=Gan8DwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA1&dq=kesehatan+mental&ots=4dQ2JUVgL3&sig=HEKIceuvU-_G5A-cEAaJYi-5kYs&redir_esc=y#v=onepage&q=kesehatan mental&f=false

Joewono, S. (2020). Menjadi Manusia Tampilkan Logo “Koma” Di Usianya yang Kedua, Apa Filosofi Dibalik Logo Itu?

Kemp, S. (2023). DIGITAL 2023: INDONESIA.

Nuramalia, N. (2019). Who, What, Why : Menjadi Manusia. Retrieved August 14, 2023, from whiteboardjournal.com website: https://www.whiteboardjournal.com/ideas/media/who-what-why-menjadi-manusia/

Priana, A., Sutjipto, V. W., & Romli, N. A. (2022). Hubungan Penggunaan Media Sosial Instagram @riliv dengan Pemenuhan Kebutuhan Informasi Kesehatan Mental Followers. CoverAge: Journal of Strategic Communication, 12(2), 85–97. https://doi.org/10.35814/coverage.v12i2.3097

Rafiq, A. (2020). Dampak Media Sosial Terhadap Perubahan Sosial Suatu Masyarakat. 18–29. Retrieved from https://ejournal.upnvj.ac.id/index.php/GlobalKomunika/article/view/1704

Sena, E. Y. (2021). Pesan Edukasi “Berbagi Perspektif” pada YouTube Menjadi Manusia dan Kesadaran Literasi Kesehatan Mental Komunitas Teman Manusia (KTM) (UPN Veteran Jakarta). Retrieved from https://repository.upnvj.ac.id/13520/

Socialblade.com. (2023). Social Blade. Retrieved August 21, 2023, from socialblade.com website: https://socialblade.com/youtube/c/menjadimanusia

Stahl, C. C., & Literat, I. (2023). #GenZ on TikTok: the collective online self-Portrait of the social media generation. Journal of Youth Studies, 26(7), 925–946. https://doi.org/10.1080/13676261.2022.2053671

Widi, S. (2023). Pengguna Media Sosial di Indonesia Sebanyak 167 Juta pada 2023.

Winarso, B. (2021). Kilas Balik Sejarah YouTube Sebelum Jadi Platform Video Terbesar di Dunia. Retrieved December 9, 2022, from dailysocial.id website: https://dailysocial.id/post/apa-itu-youtube

Downloads

Published

2023-11-07

How to Cite

Paramayu, A. ., Rusmana, A. ., & Kurniasih, N. . (2023). PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL ‘MENJADI MANUSIA’ DALAM MENYEBARKAN INFORMASI KESEHATAN MENTAL. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(6), 85–100. https://doi.org/10.56127/jukim.v2i6.912

Similar Articles

<< < 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.