PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNIG UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK KELAS VII PADA PEMBELAJARAN PAK
DOI:
https://doi.org/10.56127/jushpen.v1i1.286Keywords:
Project-Basic, Pembelajaran, Kreatif, Berpikir, Keterampilan,Kristen, PendidikanAbstract
Keterampilan berpikir kreatif siswa dalam proses belajar mengajar sangat dibutuhkan, khususnya dalam pembelajaran pendidikan Kristen. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat seberapa besar pengaruh penerapan pembelajaran berbasis proyek dalam meningkatkan keterampilan berpikir siswa kelas VII dalam pembelajaran pendidikan Kristen. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survey dan studi dokumentasi. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP BOPKRI 3 Yogyakarta yang dipilih secara acak dengan teknik simple random sampling. Hasil uji korelasi (r) sebesar 0,747 yang berarti terdapat hubungan yang kuat antara penerapan model pembelajaran PjBL dengan keterampilan berpikir kreatif siswa kelas VII pada pembelajaran pendidikan Kristen. Hasil uji koefisien regresi menunjukkan besarnya pengaruh penerapan model pembelajaran PjBL yaitu sebesar 0,927 terhadap peningkatan keterampilan berpikir kreatif siswa kelas VII pada pembelajaran pendidikan Kristen.
References
Tjandra, D. S. (2020). Impelementasi pembelajaran pendidikan agama Kristen di abad 21. SIKIP: Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 1(1), 1-10.
Trilling, B., & Fadel, C. (2009). 21st century skills: Learning for life in our times. John Wiley & Sons.
Wena, M. (2009). Strategi pembelajaran inovatif kontemporer. Jakarta: bumi aksara.
Wurdinger, S. D. (2016). The power of project-based learning: Helping students develop important life skills. Rowman & Littlefield.
Thomas, J.W, A Review of Research on Project Based Learning (California: The Autodesk Foundation, 2000), 1.
Mergendoller, J. R., & Thomas, J. W. (2005). Managing project based learning: Principles from the field. Retrieved June, 14,
Yanti, F. A., Mundilarto, M. P., & Kuswanto, H. (2019). Teori Dan Aplikasi Model Cooperative Research Project Based Learning di Perguruan Tinggi. Gre Publishing.
Sidjabat, B. S. (2008). Mengajar secara profesional: Mewujudkan visi guru profesional.34-35
Nainupu, A. M. Y., & Emiyati, A. (2020). Kunci Keberhasilan Seorang Anak Dalam Pemaparan Alkitab. Didache: Journal of Christian Education, 1(2), 91.
Budiyana, H. (2018). Roh Kudus Dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Kristen Mewujudkan Pengajaran Kristen Yang Mengandung Nilai Kekal. Jurnal Teologi Berita Hidup, 1(1), 57-77.
Depdiknas, P. B. (2002). Kamus besar bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Yanti, F. A., Mundilarto, M. P., & Kuswanto, H. (2019). Teori Dan Aplikasi Model Cooperative Research Project Based Learning di Perguruan Tinggi. Gre Publishing.
Handoko, H. (2017). Pembentukan keterampilan berpikir kreatif pada pembelajaran matematika model savi berbasis discovery strategy materi dimensi tiga kelas x. Eduma: Mathematics Education Learning and Teaching, 6(1), 85-95.
Pardede, P. (2016). Berpikir kritis dan kreatif dalam pendidikan kristen. REGULA FIDEI: Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 1(1), 1-32.
Sudarma, M. (2016). Mengembangkan keterampilan berpikir kreatif., 30
Sugiyono, P. D. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Bandung: CV. ALVABETA.