STRATEGI KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU DAN SISWA DALAM MENGHADAPI KEGIATAN BELAJAR ONLINE DISAAT PANDEMI COVID-19 PADA KELAS XI DI SMA NEGERI 17 KABUPATEN TANGERANG

Authors

  • Prasetyo Bonifasius Universitas Gunadarma
  • Putri Kania Salsabilla Universitas Gunadarma

Keywords:

Strategi, Komunikasi Interpesonal, Guru dan siswa, Belajar online, Pendekatan Humanistik

Abstract

Dampak yang terjadi saat pandemi Covid-19 salah satunya pada aspek pendidikan yaitu mengharuskan menjalankan proses pembelajaran secara jarak jauh, yakni siswa belajar dan guru mengajar harus tetep berjalan meskipun peserta didik berada di rumah. Dampaknya akan menimbulkan tekanan fisik maupun psikis (mental). Menemukan Teknik Komunikasi Interpersonal untuk Guru dan Siswa untuk Digunakan Saat Menangani Kegiatan Pembelajaran Online disaat Pandemi Covid-19 Pada Kelas XI Di SMA Negeri 17 Kabupaten Tangerang. Metode yang digunakan penelitian ini. Hasil penelitian menunjukan bahwa guru berhasil menerapkan kegiatan belajar pada siswa melalui komunikasi interpersonal. Dimana terdapat (komunikasi secara satu arah) saat adanya kerumitan seperti dalam menyampaikan materi pembelajaran, (komunikasi secara dua arah) dimana peran guru dan siswa melakukan diskusi, dialog multi arah perlu adanya hubungan yang dinamis proses pembelajaran untuk meningkatkan atau mengoptimalkan siswa agar aktif di lakukan dengan sikap (keterbukaan), guru secara terbuka berbicara kepada siswa, (empati) dimana guru ikut merasakan perasaan simpati kepada siswa, (sikap mendukung) dukungan di berikan guru yaitu berupa motivasi kepada siswa, (perasaan positif) tidak menilai buruk kepada siswa dan (kesetaraan) dengan ini guru memandang semua siswa sama tanpa membedakan.

References

Interpersonal Communication. Boston Pearson Education. Devito, J. A. (2009).

Ilmu komunikasi suatu pengantar. Mulyana, D. (2002).

Komunikasi antarpribadi:perilaku insani dalam organisasi pendidikan. Harapan, E. Ahmad, S. MM, D. (2022).

Ragam Metode Penelitian Kualitatif Komunikasi. Haryono, CG. (2020).

Metodologi Penelitian Kualitatif: Paradigma Baru Ilmu Komunikasi dan Ilmu Sosial Lainnya. Bandung: Rosdakarya. Mulyana, Deddy. (2010).

Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Remaja Rosdakarya. Mulyana, Deddy. (2015).

Komunikasi antarpribadi. Deepublish. Sari, A. A. (2017).

Metode penelitian kualitatif. Grasindo. Semiawan, C. R. (2010).

Aminudin, M., & Setyaningsih, R. (2019). Komunikasi Interpersonal Wali Kelas Terhadap Santri Dalam Pendisiplinan Bahasa Resmi Gontor. Journal of islamic Comunication, 2(1).

Basar, A. M. (2021). Problematika Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19:(Studi Kasus di SMPIT Nurul Fajri–Cikarang Barat–Bekasi). Edunesia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 208-218.

Faadhilah, K. H. (2020). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DARING GOOGLE CLASSROOM TERHADAP EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN (Survey Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS Semester Ganjil Tahun Ajaran 2020-2021 di SMA Laboratorium Percontohan UPI Bandung) (Doctoral dissertation, FKIP UNPAS).

FAIZIN, R. A. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran E-Learning Berbasis Media Aplikasi Google Meet Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih di MTs Negeri 02 Kota Blitar.

Fratama, R. E. (2022). EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING PADA MATA PELAJARAN OLAH RAGA DI SEKOLAH DASAR (Analisis Deskriptif Kualitatif dengan Teknik Studi literatur) (Doctoral dissertation, FKIP UNPAS).

Gunawan, I. K. G. W., Putrayasa, I. B., & Wendra, I. W. (2017). Komunikasi Interpersonal Guru Dan Siswa Dalam Pembelajaran Teks Ulasan di Kelas VIII 10 SMP Negeri 2 Singaraja. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha, 7(2).

Hariyati, F. (2020). ANALISIS PERAN ORANG TUA DALAM MENDAMPINGI BELAJAR ANAK DARI RUMAH PADA KELAS I SD MUHAMMADIYAH I MUNTILAN SELAMA PANDEMI COVID-19 (Doctoral dissertation, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang).

Herliandry, L. D., Nurhasanah, N., Suban, M. E., & Kuswanto, H. (2020). Pembelajaran pada masa pandemi covid-19. JTP-Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), 65-70.

Inah, E. N. (2015). Peran komunikasi dalam interaksi guru dan siswa. Al-TA'DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 8(2), 150-167.

Kamayanthy, D. Y. (2020). Analisis pembelajaran menggunakan edmodo pada mata pelajaran kewirausahaan kelas XII DPIB di SMKN 1 majalengka tahun ajaran 2020-2021 (Doctoral dissertation, FKIP UNPAS).

Lubis, E. E., & Candra, G. P. (2014). Pengaruh Komunikasi Interpersonal Guru dan Siswa terhadap Aktivitas Siswa di SMP Negeri 4 Pekanbaru (Doctoral dissertation, Riau University).

Nurhadi, A., & Niswah, F. (2019). Penerapan komunikasi interpersonal tenaga pendidik dalam pencapaian prestasi belajar siswa di MTs Nahdliyatul Islamiyah Blumbungan Larangan Pamekasan. Al Fikrah, 2, 1-20.

Purandina, I. P. Y. (2021). Guru Dalam Membangun Strategi Komunikasi Interpersonal Jarak Jauh. WIDYALAYA: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(3), 294-305.

Pratiwi, I. W. (2020). Strategi Komunikasi Interpersonal Guru dalam PelaksanaanPembelajaran Jarak Jauh di Sekolah Dasar, Klaten, Jawa Tengah. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Pengembangan SDM, 9(2), 30-46.

Sari, S. (2018). Komunikasi Interpersonal Guru dalam Meningkatkan Kepercayaan Siswa pada Bimbingan Belajar Onma di Kota Bengkulu. Professional: Jurnal Komunikasi dan Administrasi Publik, 5(1).

Sari, S. N., & Haryono, H. (2021). Dampak Pembelajaran Online Pada Mata Pelajaran Sosiologi Di Masa Pandemi Covid-19 Di Sma 4 Pandeglang. Jurnal Pendidikan Sosiologi Dan Humaniora, 12(1), 51-58.

Siahaan, M. (2020). Dampak pandemi Covid-19 terhadap dunia pendidikan. Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan, 20(2).

Sinurat, R. (2020). HUBUNGAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU DAN SISWA DAN KEAKTIFAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR KEWIRAUSAHAAN SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK PEMESINAN SMK NEGERI 2 MEDAN TA 2019/2020 (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Medan).

Susilo, A., Rumende, C. M., Pitoyo, C. W., Santoso, W. D., Yulianti, M., Herikurniawan, H., ... & Yunihastuti, E. (2020). Coronavirus disease 2019: Tinjauan literatur terkini. Jurnal penyakit dalam Indonesia, 7(1), 45-67.

Usman, F. (2015). Pengaruh komunikasi interpersonal guru terhadap minat belajar pada mata pelajaran matematika siswa kelas VII di SMP Pesantren IMMIM Putra Makassar. Jurnal Nalar Pendidikan, 3(2).

Viviani, A. S., Kristanto, A. A., & Psi, S. (2018). PERAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU DAN SISWA DALAM MENCEGAH PERILAKU BULLYING SISWA.

Winarsieh, I., & Rizqiyah, I. P. (2020). Peranan guru dalam pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19. Indonesian Journal of Teacher Education, 1(4), 159-164.

Muhammad Sobari Alfiansyah (2021). Peran Komunikasi Interpersonal OrangTua Dan Anak Dalam Menghadapi Kegiatan Belajar Online Disaat Pandemi COVID19 (SEKOLAH DASAR).

covid19.go.id https://covid19.go.id/ covid19.go.id Diakses pada 9 November 2021).

https://manado.tribunnews.com/2020/10/30/ manado.tribunnews Diakses pada 9 November 2021).

Published

2022-12-11

How to Cite

Prasetyo Bonifasius, & Putri Kania Salsabilla. (2022). STRATEGI KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU DAN SISWA DALAM MENGHADAPI KEGIATAN BELAJAR ONLINE DISAAT PANDEMI COVID-19 PADA KELAS XI DI SMA NEGERI 17 KABUPATEN TANGERANG. Jurnal Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 1(3), 01–05. Retrieved from https://journal.admi.or.id/index.php/JUSHPEN/article/view/358

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.