MENINGKATKAN MUTU PESERTA DIDIK MELALUI SIKAP KEMANDIRIAN DENGAN PENGGUNAAN MIND MAPPING “KEGIATANKU” DI SDN 73 KOTA TENGAH

Authors

  • Yudhit Rizkayanti Universitas Negeri Gorontalo
  • Sri Novita Universitas Negeri Gorontalo
  • Akbar Dzulfikar Universitas Negeri Gorontalo
  • Mohammad Zulfikar Universitas Negeri Gorontalo
  • Feronika Ekawati Universitas Negeri Gorontalo
  • Abdul Rahmat Universitas Negeri Gorontalo
  • Isnanto Isnanto Universitas Negeri Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.56127/jushpen.v1i3.371

Keywords:

mutu pendidikan, manajemen berbais sekolah, kemandirian, mind mapping

Abstract

Mutu pendidikan dalam suatu satuan pendidikan merupakan simbol adanya kualias tinggi atau masih rendah dar sekolah tersebut. Sebuah sistem manajemen sekolah (MBS) adalah bagian pembaharuan pendidikan, di mana perangkat sekolah  keseluruhan memegang peran masing-masing. Tujuan pelaksanaan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan manajemen peserta didik melalui sikap kemandirian. Diterapkannya metode berbasis proyek untuk mengenalkan siswa mengenai proyek berupa mind mapping yang teridiri dari kegiatan keseharian. Dengan adanya proyek mind mapping berjudul “kegiatanku” siswa bisa meningkatkan dan melatih daya ingat, serta menumbuhkan sikap kemandirian agar dapat mengelola atau manajemen waktu secara terjadwal.

References

Adilah, Hilya Gania, and Yaya Suryana. "MANAJEMEN STRATEGIK DALAM MENINGKATKAN MUTU‎ PENDIDIKAN MADRASAH IBTIDAIYAH." Jurnal Isema: Islamic Educational Management 6.1 (2021): 89.

Riswandi, Ismu Sukamto, Renti Oktaria (2022). Sekolah Efektif, Learning Organization, dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Dikemas: Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Vol. 6, No.3 (2022)

Arwani, Ragil. "Formulasi Strategi Pengembangan Kelembagaan Pendidikan Tinggi Berbasis Pesantren." TA'LIM: Jurnal Multidisiplin Ilmu 1.1 (2022):20-36.

Haryono, Hafidh.(2022). "Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah terhadap Peningkatan Mutu Pendidikan di SD Negeri Sambirejo 01 Kabupaten Pati." Wawasan Pendidikan 2.1: 207-216.

Suwardi dan Daryanto. 2017. Manajemen Peserta Didik. Yogyakarta: Gava Media.

Pasaribu, Asbin. "Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Dalam Pencapaian Tujuan Pendidikan Nasional Di Madrasah." EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Ilmu Sosial 3.1 (2017).

Saade, Kartini. "PROGRAM MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH (MBS): Implementasinya pada Sekolah Dasar di Kabupaten Bantaeng, Sulawesi Selatan." Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Publik 2.1 (2011): 16-29

Damayanti, Devi. "Kemampuan manajerial kepala sekolah, iklim sekolah dan mutu sekolah dasar." Jurnal Administrasi Pendidikan UPI 24.1 (2017): 154-162.

Umam, Muhamad Khoirul. "Peningkatan Mutu Pendidikan Melalui Manajemen Peserta Didik." Al-Hikmah: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam 6.2 (2019): 62-76.

Setiawan, Hasrian Rudi. Manajemen Peserta Didik:(Upaya Peningkatan Kualitas Lulusan. Vol. 1. Umsu Press, 2021.

Anjarsari, Wina, Suchie Suchie, and Dudin Komaludin. "Implementasi Pembelajaran Online Berbasis Project Based Learning untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa." PRISMA 10.2 (2021): 257.

Sihombing, Dionisius, and Hottua Samosir. "Optimalisasi peran manajemen berbasis sekolah dalam peningkatan mutu pendidikan." JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia) 7.4 (2021): 613.

Rahmat, Abdul, and Rusmin Husain. Manajemen Berbasis Sekolah Untuk Perbaikan Mutu Pendidikan Sekolah Dasar. Zahir Publishing, 2020. Hal 25.

Septiani, Erna, Toybah Toybah, and Mashannuddin Mashannuddin. "MODEL MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK TEMA 7 SUBTEMA 1 KEBERAGAMAN SUKU BANGSA DAN AGAMA DI NEGERIKU KELAS IV di SDN 08 BUAY SANDANG AJI." Jurnal Inovasi Sekolah Dasar 8.2 (2021) : 96.

Rohmah, Ulfatur, et al. "Media Pembelajaran Mind Map Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Anak Didik Sekolah Dasar." Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar 3 (2022): 1424-1425.

Pane, Rahmad Mulia. "Pendekatan Strategi Mind Mapping Dalam Pelajaran Sejarah Perkembangan Demokrasi Indonesia." Education & Learning 2.1 (2022): 19.

Triana, Resta, Asrin Asrin, and Itsna Oktaviyanti. "Analisis Penerapan Metode Pembelajaran Mind Mapping Di Sdn 2 Wakul Dan Sdn Gerintuk." Jurnal Ilmiah Pendas: Primary Education Journal 2.1 (2021): 11-18

Published

2022-12-11

How to Cite

Yudhit Rizkayanti, Sri Novita, Akbar Dzulfikar, Mohammad Zulfikar, Feronika Ekawati, Abdul Rahmat, & Isnanto Isnanto. (2022). MENINGKATKAN MUTU PESERTA DIDIK MELALUI SIKAP KEMANDIRIAN DENGAN PENGGUNAAN MIND MAPPING “KEGIATANKU” DI SDN 73 KOTA TENGAH. Jurnal Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 1(3), 62–65. https://doi.org/10.56127/jushpen.v1i3.371

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.