ANALISA STRATEGI PEMASARAN JAGO COFFEE

Authors

  • Abdul Muiz Universitas Terbuka
  • Achmad Fauzi Universitas Terbuka

DOI:

https://doi.org/10.56127/jaman.v4i1.1058

Keywords:

Strategi pemasaran, Jago Coffee, Inovasi

Abstract

Strategi pemasaran memainkan peran kunci dalam kesuksesan bisnis, terutama dalam industri kopi yang kompetitif. Jago Coffee, sebuah perusahaan kopi yang berkembang pesat, telah berhasil mengimplementasikan serangkaian strategi pemasaran yang inovatif untuk memenangkan hati pelanggan dan meningkatkan pangsa pasar. Studi ini membahas bauran pemasaran yang menjadi strategi jago coffee dalam meningkatkan pangsa pasar. Baruran pemasaran meliputi (1) produk kopi berkualitas tinggi, (2) harga yang terjangkau, (3) konsep kedai kopi keliling memberikan fleksibilitas layanan dan kemampuan untuk menjangkau pelanggan di lokasi yang berbeda-beda, sehingga dapat menarik minat dari masyarakat yang aktif dan mobile, (4) pemberian promo atau penawaran khusus, pengumpulan point reward untuk menarik pelanngan serta ditambah lagi dengan pemanfaatan digital marketing untuk membangun komunitas yang kuat di media sosial, yang pada gilirannya meningkatkan loyalitas pelanggan dan memperkuat hubungan dengan mereka. Dalam upaya meningkatkan penetrasi pasar, Jago Coffee mengadopsi strategi harga yang bersaing dan promosi yang menarik. Diskon, paket bundel, dan program loyalitas menjadi alat yang efektif untuk menarik dan mempertahankan pelanggan. Pemanfaatan media sosial juga menjadi aspek penting dari strategi pemasaran ini. Melalui platform seperti Instagram, Jago Coffee berhasil membangun komunitas yang kuat, berinteraksi dengan pelanggan, dan mendapatkan umpan balik yang berharga. Studi ini menunjukkan bahwa strategi pemasaran Jago Coffee adalah kombinasi yang berhasil antara pemahaman mendalam terhadap pasar, diferensiasi produk, penetapan harga yang cerdas, dan pemanfaatan media sosial. Kesuksesan perusahaan ini menunjukkan bahwa dalam industri kopi yang bersaing, inovasi dan kreativitas dalam pemasaran dapat menjadi kunci utama untuk mencapai pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan.

References

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta. Hani M. K., Rasyid H. A., Yuliandari P., Sartika D. (2023). Strategi Pemasaran Kopi Bubuk

Ghalkoff (Studi Kasus di PT Ghaly Rolies Indonesia, Bandar Lampung). Jurnal Agroindustri Berkelanjutan, 2 (1), 197.

Hendrawan, A., Sucahyowati, H., Cahyandi, K., Indriyani, & Rayendra, A. (2019). Pengaruh Marketing Digital Terhadap Kinerja Penjualan Produk UMKM Asti Gauri di Kecamatan Bantasari Cilacap. Jurnal Administrasi Dan Kesekretarisan, 4(1), 53–60

Kotler, P., & Keller, K. L. (2005). "Marketing Management." Pearson Prentice Hall. Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Manajemen Pemasaran. Erlangga

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). "Prinsip-Prinsip Pemasaran." Edisi ke-15. Erlangga

Nursalam. (2013). Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan: Pendekatan Praktis. Jakarta: Salemba Medika.

Oktaviani, F. & Rustandi, D. (2018). Implementasi Digital Marketing dalam Membangun Brand Awareness. PRofesi Humas, 3(1), 1-20.

Sihombing, D. U. P. (2022). Analisis Strategi Pemasaran Mixue Cabang Tebet Jakarta

Simorangkir N.C., Rosiana N., (2022). Analisis Efisiensi Pemasaran Kopi Robusta. Jurnal Agribisnis Indonesia, 10(1), 113-125.

Downloads

Published

2024-02-07

How to Cite

Abdul Muiz, & Achmad Fauzi. (2024). ANALISA STRATEGI PEMASARAN JAGO COFFEE. Jurnal Akuntansi Dan Manajemen Bisnis, 4(1), 06–10. https://doi.org/10.56127/jaman.v4i1.1058

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.