PENGARUH KUALITAS TAMPILAN APLIKASI DAN HARGA TERHADAP MINAT BELI GEN Z DENGAN KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI MEDIASI PADA PENGGUNA SOCIAL COMMERCE TIKTOK SHOP DI YOGYAKARTA

Authors

  • Anjar Trianita Universitas Jenderal Achmad Yani, Yogyakarta
  • Rizki Wahyuning Damayanti Universitas Jenderal Achmad Yani, Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.56127/jaman.v4i2.1619

Keywords:

Harga, Minat Beli, Kepuasan Pelanggan, Kualitas Tampilan Aplikasi

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk memahami pengaruh kualitas tampilan aplikasi dan harga terhadap minat beli gen Z dengan kepuasan pelanggan sebagai variabel mediasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jumlah responden sebanyak 141 orang. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan diolah menggunakan aplikasi SmartPLS versi 3. Analisis data mencakup uji validitas, reliabilitas, dan pengujian hipotesis untuk mengidentifikasi pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa kualitas tampilan aplikasi dan harga secara signifikan mempengaruhi minat beli pengguna TikTok Shop di Yogyakarta. Perusahaan perlu mempertimbangkan faktor-faktor ini untuk meningkatkan minat beli melalui peningkatan kualitas visual aplikasi dan penetapan harga yang sesuai dengan kebutuhan serta ekspektasi pelanggan.

References

Amos, V., & Kadang, H. (2021). Pengaruh Kualitas Layanan Aplikasi Escete terhadap Kepuasan Anggota Credit Union Mekar Kasih Kantor Pelayanan Makassar. 2(2), 43–53.

Annur, C. m. (2023). databoks.katadata e-commerce penyumbang sektor ekonomi digital terbesar di indonesia. In https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/11/06/e-commerce-sektor-penyumbang-ekonomi-digital-terbesar-indonesia-pada-2023.

Aqmarina, N. S., Canta, D. S., Wahyuni, N., Setyaningsih, E., Hermawansyah, A., & Sudarman, S. (2022). Analisis Pengaruh Kualitas Website Kejaksaan Negeri Penajam Paser Utara Menggunakan Metode Webqual. JURIKOM (Jurnal Riset Komputer), 9(6), 2183. https://doi.org/10.30865/jurikom.v9i6.5379

Ardini, R. L., Chaniago, H., & Sayuti, M. (2023). Pengaruh Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Nanostore di Kota Cimahi. 9(2), 88–97.

Ardiyansyah, M., & Abadi, M. T. (2023). Pengaruh Kualitas Layanan, Persepsi Harga, dan Word of Mouth terhadap Minat Beli Ulang dengan Kepuasan Konsumen Muslim sebagai Pemediasi. Journal of Business & Applied Management, 16(1), 079. https://doi.org/10.30813/jbam.v16i1.4236

Banusetyo, :, Sapta Putra, S., & Digdowiseiso, K. (2023). The Influence of Website Quality, Information Quality, and Buyer Trust on Purchase Decisions in an Online Shop (Shopee) in Jakarta. In Management Studies and Entrepreneurship Journal (Vol. 4, Issue 6). http://journal.yrpipku.com/index.php/msej

Bertus, A., Elvi, F., & Sabela, F. N. (2023). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Beli Konsumen Untuk Berbelanja Online ( Studi Pada Mahasiswa Institut Teknologi Keling Kumang Sekadau). Jurnal Ekonomi Integra, 13(2), 351. htt://journal.stieip.ac.id/index.php/iga

Bloomethal, andrew. (2023). Investopedia e-commerce defined. In Investopedia. (2023). E-commerce Defined: Types, History, and Examples. https://www.investopedia.com/terms/e/ecommerce.asp diakses agustus 2023.

Budiyarti, N., & Astuti, M. (2020). Pengaruh Perilaku Kewirausahaan Terhadap Kinerja Usaha Di Sentra. Industri Tempe Semanan Jakarta Barat, 8(1).

Charla, U., Isyanawulan, G., Intensitas, P., Fitur, P., Shop, T., Konsumtif Pada Generasi, P., Di, S., Batu, D., Baru, A., Ogan, K., & Ilir, K. (2023). Pengaruh Intensitas Penggunaan Fitur Tiktok Shop Terhadap Perilaku Konsumtif Pada Generasi Z (Studi Di Desa Batu Ampar Baru Kabupaten Ogan Komering Ilir). 1410–8364.

Dahlan, A. D., Dermawan, R., & Zawawi, Z. (2023). Pengaruh Kualitas Website dan Kepercayaan Konsumen terhadap Minat Beli pada E-Commerce Tokopedia di Surabaya. Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 6(2), 2803–2811. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v6i2.4234

Dewi, L., Wijayanti, U., & Rizkyta, A. (2023). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk terhadap Minat Beli Masyarakat Secara Online pada Masker Wajah Organik di Kota Denpasar. Jurnal Agribisnis Dan Agrowisata, 12(2), 2685–3809. https://doi.org/10.24843/JAA.2023.v12.i02.p27

Evyanto, W; Surbakti, R. . (2023). Pengaruh Kepercayaan Dan Kepuasan Konsumen terhadap Minat Beli pada situs belanja online Shopee di Batam. 5(2), 1–14. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK558907/

Fai. (2023). ekonomi digital indonesia. In https://umsu.ac.id/berita/ekonomi-digital-indonesia/.

Fatmawati, D., Mardani, M., & Arsyianto, T. (2024). pengaruh foto produk, online customer review dan online customer rating terhadap minat beli di E-commerce Tiktok Shop. Jurnal Riset Manajemen, Vol. 12. N.

Ghozali. (2019). structural Equation Modelong (SEM).

Gultom, H. J., Sebayang, E. S., & Sitorus, S. (2019). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perhitungan. Jurnal Ilmiah Skylandsea, 3(2), 87–95. https://www.politeknikmbp.ac.id/karya-ilmiah/dosen/category/60-volume-4-no-2-juli-2020.html?download=543:hamonangan-justinus-gultom1-erna-susilawaty-sebayang2-siska-sitorus3

Hafizhoh, R., Gunanungrat, R., & Akhmad, A. (2023). Potongan Harga, Live Streaming, Dan Online Customer Review Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Aplikasi Tiktok Shop. Jurnal Publikasi Sistem Informasi Dan Manajemen Bisnis, 2(3), 204–219. https://doi.org/10.55606/jupsim.v2i3.2023

Hair, J. F., William, C. B., Babin, B. J., & Anderson, R. E. (2010). Overview of Multivariate Methods.

Hasanah, R. L., & Djamal, F. (2024). Pengaruh Kualitas Aplikasi DIGI by Bank BJB Terhadap Kepuasan Pengguna Menggunakan Metode Webqual 4.0. JIKO (Jurnal Informatika Dan Komputer), 8(1), 127. https://doi.org/10.26798/jiko.v8i1.976

Hestina Wati, N., Welsa, H., Diansepti Maharani, B., Ekonomi, F., & Sarjanawiyata Tamansiswa, U. (2024). Analisis Persepsi Manfaat dan Harga terhadap Minat Beli Melalui Kepercayaan sebagai Variabel Intervening: Studi Kasus pada Konsumen Tiktok Shop di Yogyakarta. 5(4), 2024.

Indarwati, T. A., Dhenabayu, R., Pradana, R. M., Erta, & Dewi, H. S. C. P. (2023). Perceived Ease of Use on Purchasing Decisions in E-Commerce (a case study of TikTok social media). International Journal of Economics, Management, Business and Social Science (IJEMBIS), 2(1), 24–35.

Japarianto, E., & Adelia, S. (2020). Pengaruh Tampilan Web Dan Harga Terhadap Minat Beli Dengan Kepercayaan Sebagai Intervening Variable Pada E-Commerce Shopee. Jurnal Manajemen Pemasaran, 14(1), 35–43. https://doi.org/10.9744/pemasaran.14.1.35-43

Khaddapi, M., Burhanuddin, B., Sapar, S., Salju, S., & Risal, M. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Kepuasan Pelanggan Melalui Loyalitas Terhadap Minat Membeli Kembali di Jinan Pet Care and Veterinary Palopo. Jurnal Aplikasi Bisnis Dan Manajemen, 8(3), 951–961. https://doi.org/10.17358/jabm.8.3.951

Kotler, A. (2018). Kotler, Philip, and Gary Amstrong. 2018. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi 12. Jakarta: PT. Prenhallindo.

Kotler, P., & Kelller, K. L. (2016). Kotler, Philip dan Kevin Lane Kelller.(2016). Manajemen Pemasaran edisi 12 Jilid 1 & 2.Jakarta: PT. Indelks.

Lubis, M. F. I., Aslami, N., & Tambunan, K. (2023). Pengaruh Harga, Pelayanan Dan Customer Experience Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Cafe Pascho Pematangsiantar. Jurnal Ilmiah MEA ( Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi, 7(2), 872–882.

Maharani, S., Made Bayu Dirgantara, I., & Diponegoro, U. (2023). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Immersion Saat Live Streaming Syaria Shopping Serta Pengaruhnya Kepada Minat Pembelian (Studi Pada Social Commerce Tik Tok Indonesia). https://doi.org/10.29040/jiei.v9i2.9854

Munfarida, I., Rizkyani, N., Gunaningrat, R., Ki, J., Sarkoro, M., 20, N., Banjarsari, K., Surakarta, K., & Tengah, J. (2024). Pengaruh Iklan, Citra Merek Dan Harga Terhadap Minat Beli Produk Le Minerale. Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 2(1), 48–55. https://doi.org/10.59841/intellektika.v2i1.800

Nasution, E. Y., Indria, T., & Febriaty, H. (2022). Dampak Social Commerce Pada Perilaku Impulse Buying Generasi Z. Ekonomikawan: Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Studi Pembangunan, 22(2), 214–221. https://doi.org/10.30596/ekonomikawan.v22i2.12122

Nawastuti, N., & Irmawati. (2023). Pengaruh Influencer dan E-WOM terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Mediasi Pada Pelanggan TikTok Shop. Jurnal Informatika Ekonomi Bisnis, 5, 1415–1421. https://doi.org/10.37034/infeb.v5i4.735

Nindyasari, R., & Supriyati, E. (2020). Perancangan Aplikasi Social Commerce Berdasarkan Metode Uji Kualitas Webqual 4.0. SNATIF, 281–289.

Patricia, I. (2023). Pengaturan Penjualan Barang Secara Langsung oleh Produsen Melalui Social Commerce Dalam Upaya Perlindungan Usaha Kecil. https://conference.untag-sby.ac.id/index.php/shnbc

Primananda, M., Nashiruddin, A., Abiyu Nawwar, N., Setiawan, H., & Tri Romadloni, N. et al. (2024). Penggunaan Metode Webqual 4.0 Dalam Mengukur Kualitas Website Radar Solo Jawapos. Science Journal), 22(1).

Priscilla, M., Budiono, H., Wiyanto, H., & Widjaya, H. (2021). Pengaruh Kualitas dan Pelayanan Desain Website Kualitas Terhadap Niat Pembelian Ulang Di Kalangan Shopee Pelanggan di Jakarta , dengan Kepercayaan Pelanggan sebagai a Variabel Mediasi. 174(Icebm 2020), 38–44.

Putra, Y. D., Deviana, R., Talalahi, W., & Yumte, A. (2020). Pengaruh Kualitas Tampilan Website dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Minat Beli (Studi Kasus Pada Traveloka) (Vol. 17, Issue 1).

Rahmawati, H., & Driyan Pradana, W. (2024). Perilaku Pembelian Online Konsumen Produk Kosmetik: Pengaruh Electronic Word Of Mouth (E-WOM) dan Celebrity Endorsment di DIY. Jurnal Pijar Studi Manajemen Dan Bisnis , 2(4), 366–380. https://e-journal.naureendigition.com/index.php/pmb

Ringle;, Christian, M., Wende;, Sven;, Becker;, & Jan-Michael. (2024). SmartPLS. In Ringle, Christian M., Wende, Sven, & Becker, Jan-Michael. (2024). SmartPLS 4. Bönningstedt: SmartPLS. Diperoleh dari https://www.smartpls.com.

Riyanto, A. . (2023). data pengguna tiktok 2023 di indonesia. In https://www.kompas.id/baca/riset/2023/04/27/setelah-e-commerce-muncul-social-commerce.

Rizki Amalia, A. (2024). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Ulang Pada Lipstik Maybelline (Studi Pada Mahasiswi Universitas Muhammaadiyah Palu). Jurnal Kolaboratif SAINS, 7. https://doi.org/10.56338/jks.v7i1.4921

Rogers, M., Siregar, G. T. P., & Siregar, S. A. (2020). Existence of pancasila as a stats fundamental norm of the nation and state of Indonesia in facing economic globalization challenges. Journal of Advanced Research in Dynamical and Control Systems, 12(6), 589–595. https://doi.org/10.5373/JARDCS/V12I6/S20201067

Salsabela, I. R., & Sukati, I. (2023). Pengaruh Kepercayaan, Promosi, dan Kepuasan Konsumen Terhadap Minat Beli Pada Situs Belanja Online Lazada Di Batam. Economics and Digital Business Review, 4(2), 329–341. https://ojs.stieamkop.ac.id/index.php/ecotal/article/view/663

Santi, E. R. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Kepuasan Pelanggan, dan Promosi Online Terhadap Minat Beli Ulang (Studi Kasus Pada Sate Taichan Banjar D’Licious). Jurnal Sains Manajemen Dan Kewirausahaan Jurnal Sains Manajemen Dan Kewirausahaan (JSMK), 2(1), 47–56. http://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/jsmk PENGARUH

Sartika, D. (2020). Melihat Attitude and Behavior Manusia Lewat Analisis Teori Planned Behavioral. Journal of Islamic Guidance and Counseling, 4(UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi), 51–70.

Sri, C., Ratih, H., & Sudradjat, H. (2022). Pemanfaatan Tik Tok Sebagai Platform Digital Marketing dalam Upaya Peningkatan Brand Awareness Butik Aishable. SEIKO : Journal of Management & Business, 4(3), 415–426. https://doi.org/10.37531/sejaman.v4i3.2785

Sugiyono. (2018). Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Manajemen.Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif,dan R&D (M. Dr.Ir.Sutopo. S.Pd (ed.)). CV Alfabeta.

Sulistianti, R. A., & Sugiarta, N. (2022). Konstruksi Sosial Konsumen Online Shop Di Media Sosial Tiktok (Studi Fenomenologi Tentang Konstruksi Sosial Konsumen Generasi Z Pada Online Shop Smilegoddess Di Media Sosial Tiktok). JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 6(1), 3456–3466. https://doi.org/10.58258/jisip.v6i1.2861

Supartono. (2022). Pengaruh Harga, Kemudahan Bertransaksi, Dan Kepercayaan Terhadap Minat Beli Online Di E-Commerce Shopee Pada Masa Pandemi Covid 19 Supartono. https://thidiweb.com/20.12.2015

Syifa Aprialita, T. (2024). Pengaruh Harga Produk, Ulasan Produk, Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Ulang Body Lotion Scarlett Whitening Di E-Commerce Sociolla. https://doi.org/10.37817/ikraith-ekonomika.v7i1

Tjiptono, F. (2019). (2019). Tjiptono, F. (2019). Pemasaran Jasa: Prinsip, Penerapan, Penelitian. Andi.

Utami, M. A. T., & Astuti, M. (2023). Pengaruh Brand Image Dan Sertifikasi Halal Terhadap Minat Beli Mixue Di Daerah Istimewa Yogyakarta. Upajiwa Dewantara, 7(2), 55–64.

Wahyuni, S., Lestari, I., & Widodo, J. (2020). Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi, dan Ilmu Sosial 168. 12, 168–172. https://doi.org/10.19184/jpe.v14i2.16255

Wahyuning, R., & Handayani, M. (2023). Pengaruh Live Streaming terhadap Customer Churn pada Tiktok Shop : A Stimulus-Organism-Response Framework. 1(2), 222–230.

Wiguna, A. M., & Dirgantara, I. M. B. (2023). Analisis pengaruh kualitas layanan elektronik, kepercayaan pelanggan muslim, kepuasan pelanggan, dan niat mengunjungi website kembali terhadap minat pembelian ulang pada customer Shopee di Kota Semarang. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 9(3), 4582–4588. https://jurnal.stie-aas.ac.id/index.php/jei/article/view/11414

Yolanda, Y., Yudhira, A., & Yunita, M. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepercayaan terhadap Kepuasan Pelanggan Menggunakan Jasa Transportasi Online Maxim pada Mahasiswa Universitas Tjut Nyak Dhien. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), 6(1), 196–202. https://doi.org/10.34007/jehss.v6i1.1787

Zuhdi, R., & Kesuma, M. (2022). Kepuasan Konsumen Pada Usaha Food and Beverage. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen, 7(3), 554–570.

Downloads

Published

2024-08-02

How to Cite

Anjar Trianita, & Rizki Wahyuning Damayanti. (2024). PENGARUH KUALITAS TAMPILAN APLIKASI DAN HARGA TERHADAP MINAT BELI GEN Z DENGAN KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI MEDIASI PADA PENGGUNA SOCIAL COMMERCE TIKTOK SHOP DI YOGYAKARTA. Jurnal Akuntansi Dan Manajemen Bisnis, 4(2), 113–126. https://doi.org/10.56127/jaman.v4i2.1619

Similar Articles

<< < 2 3 4 5 6 7 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.