PERANAN BANK INDONESIA DALAM MENGATUR DAN MENJAGA KELANCARAN SISTEM PEMBAYARAN

Authors

  • Achmad Fauzi Institut Bisnis dan Informatika Kosgoro 1957
  • Enny Widayati Institut Bisnis dan Informatika Kosgoro 1957
  • Tigha anaku putri putri Institut Bisnis dan Informatika Kosgoro 1957
  • lndra Adib Abiyyah Institut Bisnis dan Informatika Kosgoro 1957
  • Maharani Sasmitha Institut Bisnis dan Informatika Kosgoro 1957
  • Rifqi Maulana Institut Bisnis dan Informatika Kosgoro 1957
  • Tazkia Aulia Institut Bisnis dan Informatika Kosgoro 1957
  • Adam Herdinov Institut Bisnis dan Informatika Kosgoro 1957

DOI:

https://doi.org/10.56127/jaman.v3i1.654

Keywords:

Bank Indonesia, Sistem Pembayaran, Perkembangan Teknologi

Abstract

Bagian terpenting dalam perekonomian pada negara ini galat satunya ialah sistem pembayaran. Disamping itu sistem pembayaran jua perperan penting pada menjaga kestabilitas keuangan negara. Buat mengklaim kelnacaran serta keamanan sistem pembayaran. Bank Indonesia menerapkan kebijakan yang difokuskan pada empat tema primer yaitu pemingkatan kemanan, efisiensi, ekspansi penggunaan sistem pembayaran serta fokus diproteksi konsumen. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui serta menganalisis pengaturan sistem pembayaran Indonesia dengan Bank Indonesia pada era teknologi digital yang berkembang, dan penelitian ini menggunakan metode kualitatif dimana berdasarkan dari (Creswell,J. W) “Metode kualitatif ialah penelitian yang dipergunakan untuk meneliti persoalan manusia serta sosial”. Dengan itu bank Indonesia jua mempunya tanggung jawab yang cukup akbar atas kelancaran sistem pembayaran. Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi telekomunikasi, teknologi info juga sangat mendukung perdagangan barang serta jasa antar wilayah, bahkan antar negara. Kemajuan seperti itu sangat bermanfaat dalam memenuhi kebutuhan seorang akan barang dan jasa mencapai tujuan yang diinginkan. Sistem pembayaran mampu dilakukan dengan beranekaragam media, media transaksi yang dapat digunakan bisa dengan cara manual (sederhana) ataupun memakan tteknologi canggih (kompleks), lebih lagi teknologi kini semakin meroket, otomatis cara transaksi pada negara ini jua perkembang. Sistem pembayaran yang berkembangan mengikuti evolusi uang, menggunakan 3 faktor pendorong, yaitu penemuan teknologi dan model usaha, trrasisi masyarakat, dan kebijakan pemerintah.

References

Asmaaysi, Alifian. (2022). Tugas, Tujuan dan Peran Bank Indonesia. Jakarta. Diakses 3 Maret 2023.

Paulus H, Darminto, Susila Y, Atmaja. (2022). Partisipasi Bank Indonesia Dalam Pengaturan Digitalisasi Sistem Pembayaran Indonesia. Jurnal Masalah - Masalah Hukum. Semarang. Volume 51 No. 3, 271-286.

Talbani F. Meutia H.,DKK. (2021). Peran Bank Indonesia Dalam Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Di Tengah Pandemi Covid 19. Jurnal Penelitian Ekonomi Akuntansi (JENSI). Volume 5 No. 2, 171-182.

Humaniora MT. (2020). Tugas dan Peran Bank Indonesia Sebagai Bank Sentral. Jakarta.Diakses 3 maret 2023.

Mulyana VK, Putri. (2022). 12 Pengertian Bank Menurut Para Ahli.Kompas.com. Jakarta. Diakses 3 Maret 2023.

Iswanto B. (2016). Peran Bank Indonesia, Dewan Syariah Nasional, Badan Wakaf Indonesia dan Baznas dalam Pengembangan Produk Hukum Ekonomi Islam di Indonesia. Iqtishadia. Volume 9 No. 2 , 421- 439.

Rilda, Murniati (2013). Perlindungan hukum atas dana nasabah pada bank melalui lembaga penjamin simpanan. Jurnal Ilmu Hukum. Volume 7 No. 3, 304-316.

Marulak P. (2021). Aspek Hukum Kekarantinaan Kesehatan Dan Perlindungan KonsumenDalam Penanggulangan Pandemi Covid-19 (Legal Aspects Of Health Quarantine And Consumer Protection In Treatment Of Covid-19 Pandemic). Jurnal Penelitian Hukum De Jure. Volume 21 No. 1, 23-44.

Hamidi, Sukirman, Prabowo RR. (2013). Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Kinerja Sistem Informasi Akuntansi Di Bank Umum Kota Surakarta. Jurnal Penelitian UNS. Volume 2 No. 1, 119-130.

Silitonga, Prasetya R, E.RSY., DKK. (2022). Laporan Perekonomian Provinsi Dki Jakarta. Bank Sentral Republik Indonesia BI. Jakarta.

Agung P, Mulyati A, N.R. (2018). Pemanfaatan Big Data Dan Perlindungan Privasi Konsumen Di Era Ekonomi Digital. Majalah Ilmiah Bijak. Volume 15 No. 2, 127-137.

Syarifuddin, Ferry. (2015). Konsep Dinamika dan Respon Kebijakan Nilai Tukar Di Indonesia. Bibliografi, Jakarta.

Tawakalni, Dewani I. (2020). Dampak Inovasi Sistem Pembayaran Non Tunai Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Di Indonesia. Jurnal Ilmiah. Jakarta.

Sofyan M Abidin. (2015). Dampak Kebijakan E-Money Di Indonesia Sebagai Alat Sistem Pembayaran Baru. Bank Indonesia (BI). Surabaya.

Mutiara Jannati. (2016). Upaya Menjaga Kelancaran Sistem Pembayaran Kredit Modal Kerja Pada Perusahaan Daerah Bank Perkreditan Rakyat Sarimadu Cabang Ujung Batu. Fakultas Syariah & Hukum.

Daruri A. (2016). Memahami Resiko Dalam Siatem Pembayaran. Surabaya. Diakses 4 maret 2023.

Lydea M. (2013). Perkembangan Sistem Pembayaran Di Indonesia. Bandung. Diakses 4 maret 2023.

Padede M. (2021). Aspek Hukum Kekarantinaan Kesehatan Dan Perlindungan Konsumen Dalam Penanggulangan Pandemi COVID-19. Badan Penelitian dan Pengembangan Hukum Kementerian Hukum dan HAM. Jurnal Penelitian Hukum De Jure. Volume 21 Nomor 1, Maret 2021 P-ISSN: 1410-5632, E- ISSN:2579-8561 Terakreditasi Nasional No: 10/E/KPT/2019. Jakarta.

Niode AO, Rotinsulu TO, Puspitasari ANF. (2021). Analisis Pengaruh Pembayaran Non-Tunai Terhadap Jumlaj Uang Beredar Di Indonesia. Jurnal EMBA. Vol.9 No.2 April 2021, ISSN 2303-1174. Sulawesi Utara.

Mahendra OC. (2019). Pengaruh Sistem Pembayaran Non Tunai Dan Inflasi Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Indonesia. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam. Universitas Islam Negri. Sumatra Utara.

Paulus H, Darminto, Susila Y A. (2022). Partisipan Bank Indonesia Dalam Mengatur Digitalisasi Sistem Pembayaran Indonesia. Magister Ilmu Hukum, Universitas Diponegoro. Volume 51 No. 3.

Abidin M S. (2014). Dampak Kebijakan E-Money Di Indonesia Sebagai Alat Sistem Pembayaran Baru. Universitas Negri Surabaya. Surabaya.

Arista R S.(2020). Peranan Bank Indonesia(BI) Dalam Mengawasi Sistem Pembayaran Dan Melindungi nasabahTerhadap Tindak Kejahatan Skimming. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam. Unniversitas Islam Negeri Raden Intan. Lampung.

Kuncara, T., & Agustina, R. (2022). Analysis of Cov-19 Impact on Financial Performance at PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk and PT. Bank Central Asia, Tbk for 2016-2020 Using Economic Value Added (EVA) and Market Value Added (MVA) Methods. East Asian Journal of Multidisciplinary Research, 1(2), 59-66.

Rosalina E,W. (2020) . Analisis Pengaruh Kecenderungan Pergeseran Sistem Pembayaran Dari Tunai Ke Non-TunaiI/Online Payment Terhadap Peningkatan Pendapatan Usaha (Studi pada UMKM di Yogyakarta). In: Seminar Nasional dan Call For Paper 2020 : “Paradigma Pengembangan Ekonomi Kreatif di Era 4.0”. STIE Widya Wiwaha, Yogyakarta, pp. 187-200. ISBN 978-602-51174-9-7.

Pranawukir, I., & Sukma, A. H. (2021). Strategi Corporate Social Responsibility Dompet Dhuafa dalam Membangun Brand Differentiation Lembaga. Jurnal Inovasi Ilmu Sosial Dan Politik (JISoP), 3(1), 22-32.

Published

2023-04-30

How to Cite

Achmad Fauzi, Enny Widayati, putri, T. anaku putri, lndra Adib Abiyyah, Maharani Sasmitha, Rifqi Maulana, … Adam Herdinov. (2023). PERANAN BANK INDONESIA DALAM MENGATUR DAN MENJAGA KELANCARAN SISTEM PEMBAYARAN. Jurnal Akuntansi Dan Manajemen Bisnis, 3(1), 80–89. https://doi.org/10.56127/jaman.v3i1.654

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.