STRATEGI PEMASARAN USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH (UMKM) DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0
DOI:
https://doi.org/10.56127/jaman.v3i1.663Keywords:
Kata kunci : Digital marketing, revolusi industri 4.0, Strategi pemasaran, UMKMAbstract
Review Jurnal ini bertujuan untuk merangkum strategi-strategi yang sudah diteliti sebelumnya untuk mengetahui bagaimana dan apa saja strategi yang harus dilakukan oleh UMKM di era revolusi industri 4.0 ini. Pemanfaatan digital marketing pada era industri 4.0 dapat dijadikan alternatif strategi dalam pemasaran produk agar memudahkan pelaku usaha mempertemukan dan menyediakan kebutuhan serta keinginan calon konsumen, sedangkan dari sisi calon konsumen dapat digunakan sebagai media yang memudahkan dalam pencarian informasi produk (Hadi, Fitri & Rika, 2020 ). Digital marketing memegang peranan penting dalam pemasaran dunia pada era digital saat ini. Strategi apa saja yang harus disiapkan oleh UMKM untuk menghadapi revolusi 4.0 agar tetap bertahan di era digital. Digital marketing dapat dijadikan sebagai strategi yang efektif dan efisien dalam proses pemasaran dan menarik konsumen untuk menggunakan dan mengenal produk atau jasa yang ditawarkan dengan jangkauan yang sangat luas. Revolusi Industri 4.0 merupakan upaya transformasi menuju perbaikan dengan mengintegrasikan dunia online dan lini produksi di industri, di mana semua proses produksi berjalan dengan internet sebagai penopang utama.
References
Afrilia, A.M. 2018, Digital Marketing Sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran “Waroenk Ora Umum” Dalam Meningkatkan Jumlah Konsumen, 1 (1), 147 - 157.
Bachtiar, A., Pranawukir, I. & Prisgunanto, I. 2022, Pengukuran Agenda Media Sosial Isu Pandemik Covid 19 Konteks Kamtibmas di Indonesia, 16 (1).
Hamzah, R.E & Putri, C.E. 2021, Pemanfaatan Digital Marketing oleh Pelaku UMKM di Kuningan Barat, Jakarta Selatan, 1 (1), 12-20.
Hariyanti, N.T. & Wirapraja, A. 2018, PEngaruh Influencer Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Digital Era Modern (Sebuah Studi Literatur), 15 (1), 133 - 146.
Husnurrosyidah. 2019, E-Marketplace UMKM Menghadapi Revolusi Industri 4.0 dalam Perspektif Islam, 7 (2), 224-229.
Irfani, H., Yeni, F. & Wahyuni, R. 2020, Pemanfaatan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Pada UKM Dalam Menghadapi Era Industri 4.0, 3(3), 651 - 659.
Kotler, Philip. 2005. Manajemen Pemasaran, Dialih bahasa oleh Benyamin Molan, buku kedua, edisi kesebelas. Jakarta : PT. Indeks.
Mashuri. 2019, Analisis Strategi Pemasaran UMKM Di Era 4.0, 8 (2), 215 - 224. Utama, I. D. 2019, Analisis Strategi Pemasaran Pada Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Pada Era Digital Di Kota Bandung, 7 (1), 1 - 10.
Nursatyo & Rosliani, D. 2018. Strategi Komunikasi Pemasaran Digital Situs Pembanding Harga Telunjuk.Com, 1(2), 46-67.
Purwana, D., Rahmi, & Aditya, S. 2017, Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit, 1 (1), 1-17.
Riyanti, M., Pranawukir, I. & Alamsyah. 2021, Strategi Komunikasi Pemasaran Kopi Janji Jiwa Melalui Digital Marketing di Era Pandemi Covid-19, 20 (2), 255 - 267.
Sari, S.P. 2020. Strategi Meningkatkan Penjualan di Era Digital, 3 (3), 291 - 300. Sulistiyani & Pratama, A. 2021, Analisis Strategi Pemasaran Umkm di Era Industri, 5 (1), 113-123.
UU No 20 Tahun 2008 Tentang Usaha Mikro Kecil dan Menengah
Wardhana, A, 2015. Strategi Digital Marketing Dan Implikasinya Pada Keunggulan Bersaing UKM Di Indonesia, 327 - 337.
Wibowo, B.S., & Hadikusumo, D. 2020. Peluang Revolusi Industri 4.0 Bidang Pemasaran: Pemanfaatan Aplikasi Ecommerce, Sosial Media Instagram dan Digital Marketing terhadap keputusan Instant Online Buying Konsumen Generasi Millenial, 3(2), 87- 99.
Pranawukir, I., & Sukma, A. H. (2021). Strategi Corporate Social Responsibility Dompet Dhuafa dalam Membangun Brand Differentiation Lembaga. Jurnal Inovasi Ilmu Sosial Dan Politik (JISoP), 3(1), 22-32.
Kuncara, T., Anggita, F. R., & Utomo, J. L. (2023). Analisis Penilaian Persediaan Barang Dagang Pada Rozan Mini Market & Percetakan Sesuai Sak Etap. Owner: Riset dan Jurnal Akuntansi, 7(2), 965-973.