PENGARUH COACHING DAN MENTORING TERHADAP KINERJA PEGAWAI
DOI:
https://doi.org/10.56127/jaman.v3i1.670Keywords:
coaching, kinerja pegawaiAbstract
Kinerja pegawai merupakan faktor penting bagi organisasi dan perusahaan karena memiki dampak langsung pada keberhasilan dan produktivitas organisasi atau perusahaan. Ketika pegawai dapat bekerja dengan baik dan memperoleh target yang ditetapkan, hal ini dapat berkontribusi pada pencapaian tujuan organisasi, peningkatan kualitas produk atau layanan dan kepuasan pelanggan atau pengguna layanan. Maka penting bagi manajemen untuk mengembangkan strategi yang mendukung pengembangan keterampilan dan peningkatan kinerja pegawai. Salah satu pendekatan yang dapat digunakan adalah melalui implementasi program coaching dan mentoring. Coaching dan mentoring pegawai diharapkan dapat membantu pegawai mencapai potensi maksimal mereka dan memberikan kontribusi yang optimal bagi organisasi. Tujuan dari dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh coaching dan mentoring pada kinerja pegawai. Penelitian ini disusun dengan menggunakan metode penelitian kualitatif berbasis dokumen. Penelitian ini juga mengunakan pendekatan analisis induktif untuk mengumpulkan fakta dan data dengan menggunakan sumber yang diperoleh dari jurnal, buku dan literatur yang terkait secara induktif. Hasil dari penelitian ini yaitu coaching dan mentoring memberikan pengaruh positif dalam meningkatkan kinerja pegawai. Penerapan coaching dan mentoring diharapakan dapat dilaksanakan secara berkesinambungan dan dapat saling melengkapi guna meningkatkan kinerja pegawai sehingga tujuan dan target organisasi/perusahaan dapat tercapai.
References
J. Moleong, Lexy.(2006). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mangkunegara, AP.(2011), Manajemen Sumber Daya Manusia, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Moeheriono.(2006). Indikator Kinerja Utama. Jakarta: Rajawali Pers.
Raco, J. R. (2010). Metode Penelitian Kualitatif: Jenis, Karakteristik, dan Keunggulannya. Jakarta: PT Grasindo.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sutopo, H. B. (2002). Metodologi Penelitian Kualitatif: Teori dan Aplikasinya Dalam Penelitian. Surakarta: Sebelas Maret University Press.
Kamaratri, N.S. & Adhikara, M.F.A. (2019). Apakah Fungsi Mentoring, Motivasi dan Pengembangan Karir Mempengaruhi Kinerja Perawat?, Journal of Hospital Management,Vol.2 No.1, 199-215.
Katherin, dan Bernarto, I. (2021). Coaching, Mentoring Dan Konseling Karier Sebagai Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja PNS Badan Kepegawaian Negara, 81-93.
Nugroho, Y.A., Asbari, M., Putra, F., Riyanto, Chidir, G. (2021). Manager as Coach: Ekskalasi Kinerja Pegawai melalui Managerial Coaching, Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan Voume 3 Nomor 6, 4708-4719.
Nazifah, L., (2021). Pengaruh Coaching Dan Mentoring Terhadap Kualifikasi Kelulusan Pelatihan Dasar Cpns Guru SD, Holistika Jurnal Ilmiah PGSD, Volume V No.1,17-27.
Fitriany,R.(2019). Pengaruh Pelatihan Coaching Untuk Meningkatkan Kinerja Supervisor Pada Divisi Wiraniaga Di Pt. X, Jurnal PSYCHE 165 Fakultas Psikologi, Vol 12 no. 1, 70-77.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 30 tahun 2019 tentang Penilaian Kinerja Pegawai Negeri Sipil. https://www.bkn.go.id/wp-content/uploads/2019/05/PP-Nomor-30-Tahun-2019.pdf
Siagian. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.
Colomo-Palacios, R., & Casado-Lumbreras, C.(2006). Mentoring & coaching: It perspective.
Wibowo. (2011). Manajemen kinerja. Jakarta: Rajawali Pers.