PENGARUH ONLINE CUSTOMER REVIEW DAN ONLINE CUSTOMER RATING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PARFUM HMNS MELALUI E-COMMERCE

Authors

  • Ibrahim Universitas Gunadarma
  • Ary Natalina Universitas Gunadarma
  • Agustina Nicke Kakiay Universitas Gunadarma
  • Supiningtyas Purwaningrum Universitas Gunadarma

DOI:

https://doi.org/10.56127/jaman.v3i2.836

Keywords:

E-Commerce, Online Customer Review, Online Customer Rating

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Online Customer Review Dan Online Customer Rating terhadap Keputusan Pembelian Parfum Hmns Melalui E-Commerce. Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif, dengan teknik analisis Uji Linier Berganda, Uji Validitas, Uji Reliabilitas, dan Uji Asumsi Klasik. Pada penelitian ini penentuan sampel menggunakan metode nonprobability sampling dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian penelitian menunjukkan bahwa Online customer review berpengaruh terhadap keputusan pembelian HMNS melalui e-commerce. Online customer rating berpengaruh terhadap keputusan pembelian HMNS melalui e-commerce. Online customer review dan Online customer rating berpengaruh terhadap keputusan pembelian HMNS melalui e-commerce.

References

Arda, M., & Andriany, D. (2019). Analisis faktor stimuli pemasaran dalam keputusan pembelian online produk fashion pada generasi z. Jurnal Intekna, 19(2), 115–120.

Ardianti, A. N., & Widiartanto, D. (2019). Pengaruh Online Customer Review dan Online Customer Rating terhadap Keputusan Pembelian melalui Marketplace Shopee . Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis 8 (2), 55-66,2019, 1–11

Elwalda, A., & Kingdom, U. (2016). The Impact of Online Customer Reviews ( OCRs ) on Customers ’ Purchase Decision. Journal of Customer Behaviour, 44(0), 0–55.

Engler, T. H., Winter, P., & Schulz, M. (2015). Journal of Retailing and Consumer Services Understanding online product ratings : A customer satisfaction model. Journal of Retailing and Consumer Services, 27, 113– 120. https://doi.org/10.1016/j.jretconser.2015.07.010

Erlina, & Mulyani, S. (2017). Metodologi Penelitian Bisnis (Untuk Akuntansi Dan Manajemen) (Cetakan 1). Medan: USU Press.

Farki, A., & dkk. (2016). Pengaruh online customer review dan rating terhadap kepercayaan dan minat pembelian pada online marketplace di indonesia. Jurnal Teknik Its, 5(2).

Fauzi, S., & Lina, L. F. (2021). Peran Foto Produk, Online Customer Review, Online Customer Rating pada Minat Beli Konsumen Melalui e-commerce. Jurnal Muhammadiyah Manajemen Bisnis, 2(1).

Gesitera, G. (2020). Pengaruh online customer review terhadap purchase intention dengan trust sebagai intervening pada toko online bukalapak di kota padang. Jurnal Maksipreneur, 9(2), 173–194.

Hariyanto, H. T., & Trisunarno, L. (2020). Analisis Pengaruh Online Customer Review , Online Customer Rating , dan Star Seller terhadap Kepercayaan Pelanggan Hingga. Jurnal Teknik Its, 9(2), 234–239.

Hidayati, N. L. (2018). Pengaruh Viral Marketing, Online Consumer Reviews Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Shopee Di Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 06(03), 77–84.

Ichsan, M., Jumhur, H. M., & Dharmoputra, S. (2018). Pengaruh Consumer Online Rating and Review Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Marketplace Tokopedia Di Wilayah Dki Jakarta. E-Proceeding of Management, 5(2), 1828–1835.

Jayani, D. H. (2019). Tren Penggunaan E-commerce Terus Tumbuh. Retrieved October 16, 2019, from databoks website: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2019/10/10/tren-pengguna-e-commerce-2017-2023

Kotler, P. (2012). Manajemen Pemasaran (12th ed.). Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., & Amstrong, G. (2012). Principles Of Marketing (14th ed.). New Jersey: Prentice-Hall Published.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Marketing Management (14th ed.). Jakarta: New Jersey: Prentice-Hall Published.

Lackermair, G., & dkk. (2013). Importance of Online Product Reviews from a Consumer ’ s Perspective. Jurnal Economics and Business, 1(1), 1–5. https://doi.org/10.13189/aeb.2013.010101

Latief, F., & Ayustira, N. (2020). Pengaruh Online Customer Review Dan Customer Rating Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Di Sociolla. Jurnal Mirai Management, 6(1), 139–154.

Mu’nis, H., & Komaladewi, R. (2020). Analisis Komparatif Online Customer Review dan Survey Customer Review Marketing mix. Jurnal Ekonomi Modernisasi, 15(3), 138–148.

Ningsih, E. S. P. (2019). Pengaruh Rating Dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Pada Marketplace Shopee. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Prastiwi, S. K., & Auliya, Z. (2017). Online Costumer Reviews ( OTRs ) dan Rating : New Era in Indonesia Online Marketing Online Costumer Reviews ( OTRs ) dan Rating : Kekuatan Baru pada Pemasaran Online di Indonesia. Jurnal EBBANK, 8(1), 89–98.

Rachmawati. (2019). Pengaruh Kemudahan, Kepercayaan Pelanggan Dan Kualitas Informasi Terhadap Keputusan Pembelian Online. Seminar Nasional Sistem Informasi, 3(1), 1617–1625.

Rakhma, A. F., Pardiman, & Hatneny, A. I. (2020). Pengaruh Product Knowledge, Brand Image Dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Di Marketpalce Shopee (Studi Pada Customer Marketplace Shopee Di Malang). Jurnal Riset Manajemen, 115–125.

Sugiyono. (2016) Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: PT. Alfabeta.

Tantrabundit, P. (2019). Influence of Online Review and Rating System towards Consumer Preferences in Hospitality Sector Influence of Online Review and Rating System towards Consumer Preferences in Hospitality Sector. Journal of Business Diversity, 18(May), 1–18.

Downloads

Published

2023-07-23

How to Cite

Ibrahim, Ary Natalina, Agustina Nicke Kakiay, & Supiningtyas Purwaningrum. (2023). PENGARUH ONLINE CUSTOMER REVIEW DAN ONLINE CUSTOMER RATING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PARFUM HMNS MELALUI E-COMMERCE. Jurnal Akuntansi Dan Manajemen Bisnis, 3(2), 81–94. https://doi.org/10.56127/jaman.v3i2.836

Similar Articles

<< < 1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.