PELATIHAN MANAJEMEN DATA BISNIS UNTUK MENDUKUNG PROSES DIGITALISASI PADA YAYASAN BINA MULIA INDONESIA

Authors

  • Muhammad Khaerudin Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Andy Achmad H Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Dwi Budi Srisulistiowati Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Sri Rejeki Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

DOI:

https://doi.org/10.56127/jammu.v2i3.1082

Keywords:

Data Bisnis, Digitalisasi, Manajemen, Teknologi

Abstract

Dalam rangka menyikapi era digitalisasi, Yayasan Bina Mulia Indonesia yang menaungi beberapa jenis usaha seperti Taman Kanak Kanak, Taman Pendidikan Al-Quran, Koperasi dan toko, agar semua jenis usaha dapat beradaptasi dengan era digital, mereka perlu membuat perubahan pada budaya organisasi, pemikiran strategis, dan keterampilan serta pengetahuan. Sebuah organisasi perlu menjadi lebih fleksibel, kreatif, dan terbuka    terhadap keadaan teknologi yang terus berkembang. Keamanan data, integrasi sistem yang kompleks, pergeseran pasar dan dinamika persaingan hanyalah beberapa risiko dan tantangan yang ditimbulkan oleh transformasi bisnis ini.

Teknologi Informasi yang sudah banyak diimplementasikan ke dalam Model Bisnis menggambarkan bagaimana pergeseran model bisnis akibat dari berkembangnya kemajuan teknologi. Operasi organisasi, interaksi pelanggan, dan generasi nilai semuanya telah berubah secara mendasar oleh pengaruh teknologi informasi di jaman modern. Dari hasil temuan didapatkan bahwa semakin pesat perkembangan zaman maka semakin sengit persaingan antar lembaga, oleh karena itu pula semakin besar tuntutan suatu lembaga terhadap pengembangan sumber daya manusia yang berkualitas. Dalam praktiknya, pada era digitalisasi ini pengembangan sumber daya manusia dapat dilakukan dengan efektif dan efisien melalui pendidikan dan pelatihan digital.

References

Ali, H., Sastrodiharjo, I., & Saputra, F. (2022). Pengukuran Organizational Citizenship Behavior: Beban Kerja, Budaya Kerja dan Motivasi (Studi Literature Review). Jurnal Ilmu Multidisiplin

Hermawan, E. (2019). Pengaruh Kompetensi, Pendelegasian Wewenang dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 2(2), 148–159. https://doi.org/10.30596/maneggio.v2i2.2235

Mahawati, E. dkk. (2021). Analisis Beban Kerja dan Produktivitas Kerja (R. Watrianthos, Ed.; 1st ed.). Yayasan Kita Menulis

Saputra, Y. (2021). Pelatihan Penerapan Manajemen Organisasi pada Yayasan Darul Iman Taman Narogong Indah Bekasi. Jurnal Sains Teknologi Dalam Pemberdayaan Masyarakat, 2(1), 47–54. Retrieved from https://ejurnal.ubharajaya.ac.id/index.php/JSTPM/article/view/687

Muhammad Khaerudin, dkk (2022). Pelatihan CorelDraw Pada Santri Yayasan Yatim Piatu dan Dhuafa Al-Ikhlas Bekasi. https://ejurnal.ubharajaya.ac.id/index.php/jucosco

Francisca, M., Yunus, Y., Saputri, R. P., (2021). Tingkat kepuasan peserta workshop media pembelajaran berbasis android. Selaparang: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, Volume 5, No 1

Syam, S. (2020). Peranan Pimpinan Dalam Menciptakan Efisiensi Dan Efektivitas Bekerja Dari Rumah Selama Pandemi Covid-19 Pada Pt Pelabuhan Indonesia IV (Persero) Cabang Makassar. Cross-Border, 3(2), 241–251. Retrieved from https://journal.iaisambas.ac.id/index.php/Cross-Border/article/view/797

Downloads

Published

2023-12-15

How to Cite

Khaerudin, M., Andy Achmad H, Srisulistiowati, D. B., & Sri Rejeki. (2023). PELATIHAN MANAJEMEN DATA BISNIS UNTUK MENDUKUNG PROSES DIGITALISASI PADA YAYASAN BINA MULIA INDONESIA.  Jurnal Abdi Masyarakat Multidisiplin, 2(3), 6–11. https://doi.org/10.56127/jammu.v2i3.1082

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.