PENGARUH KREDIBILITAS DAN MOTIF PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @SEATODAYNEWS TERHADAP PEMENUHAN KEBUTUHAN INFORMASI PADA FOLLOWERS

Authors

  • Dyah Ayu Annisaa Prabowo Universitas Gunadarma
  • Eko Hartanto Universitas Gunadarma

DOI:

https://doi.org/10.56127/jukim.v3i01.1095

Keywords:

Kredibilitas, Motif Penggunaan, Instagram, Pemenuhan Kebutuhan Informasi

Abstract

Instagram menjadi salah satu media online yang digunakan sebagai sumber informasi pada khalayak. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kredibilitas dan motif penggunaa media sosial Instagram @seatodaynews terhadap pemenuhan kebutuhan informasi followers. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Uses and Gratification. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pendekatan kuantitatif dengan metode kuesioner (angket) secara online kepada 400 sampel dan pengambilan sampel menggunakan teknik non-probability sampling yaitu purposive sampling menggunakan rumus Slovin, kemudian data diolah menggunakan aplikasi program SPSS 25. Variabel yang digunakan pada penelitian ini adalah kredibilitas, motif penggunaan, dan pemenuhan kebutuhan informasi. Berdasarkan hasil penelitian yang didapatkan bahwa kredibilitas dan motif penggunaan berpengaruh secara positif terhadap pemenuhan kebutuhan informasi pada followers baik secara parsial maupun simultan.­­­ Pada hasil uji Koefisien Determinasi (Adjusted R Square) menunjukkan bahwa kredibilitas dan motif penggunaan media sosial Instagram @seatodaynews berkontribusi memberikan pengaruh terhadap variabel pemenuhan kebutuhan informasi sebesar 40,5%.

References

Ansori, Muslich. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif Edisi 2. Surabaya: Airlangga University Press.

Ardianto, Elvinaro, Lukiati Komal, Siti Karlinah. 2009. Komunikasi Massa; Suatu Pengantar. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

DataReportal. Digital 2023 Indonesia (February 2023) vo01. 2023. Retrieved Maret 30, 2023, from https://www.slideshare.net/DataReportal/digital-2023-indonesia-february-2023-v01

Effendy, Onong Uchjana. 2003. Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi. Bandung: Citra Aditya Bakti.

Flew, Terry. (2005). New Media: An Introduction (3rd Edition). Melbourne: Oxford Univeristy Press.

Jelita, A. F., & Rimiyati, H. (2021). Pengaruh Kredibilitas Influencer Pada Efektivitas Iklan Media Sosial Instagram Dalam Membentuk Minat Beli Konsumen (Studi Pada Pengikut Instagram Ayudia Bing Slamet). Jurnal Fokus Manajemen Bisnis, 11(1), 22-41.

Karelina, R., & Nurfebiaraning, S. (2020). Pengaruh Motif Terhadap Kepuasan Followers Akun Instagram @smbtelkom. Jurnal Komunikasi dan Kajian Media, 4(2), 131-141.

Lestari, A., & Santoso, B. (2021). Pengaruh Kredibilitas Dan Terpaan Iklan Gojek Versi “BTS - It’s Okay To Be Lebay” Di Youtube Terhadap Keputusan Menggunakan Jasa Gojek Pada Era New Normal. Jurnal Komunikasi Dan Media, 2(1), 37-47.

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Edisi 8. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Masitoh, S., & Nursanta, E. (2022). Pengaruh Nilai Berita Dan Kredibilitas Media Akun Instagram @kompascom Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Followers. Akademi Komunikasi Media Radio dan TV Jakarta, 12(1), 31-41.

McQuail, Denis. (2011). Teori Komunikasi Massa (Putri Iva Izzati, Penerjemah). Jakarta: Salemba Humanika.

Morissan. (2013). Teori Komunikasi: Individu Hingga Massa. Jakarta: Prenadamedia Group.

Nasrullah, Rulli. (2017). Media Sosial: Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media

Ningrum, Ratih Kusuma., & Edy Prihantoro. (2020). Pengaruh Intensitas Dan Motif Penggunaan Media Instagram Terhadap Kepuasan Mendapatkan Informasi Followers Akun @soloinfo. Jurnal Riset Mahasiswa Dakwah dan Komunikasi, 2(2), 60-67.

Nurudin. (2011). Pengantar Komunikasi Massa. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

SEATODAY. Tentang Kami. Retrieved Mei 12, 2023, from https://www.seatoday.com/tentang-kami

Sugihartati, Rahma. (2014). Perkembangan Masyarakat Informasi dan Teori Sosial Kontemporer. Jakarta: Kencana.

Sugiyono. 2022. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Rizal, Nabila Luthfiyah Samsul. 2022. Pengaruh Kualitas Informasi dan Kredibilitas Akun Twitter @BadmintonTalk Terhadap Minat Baca Informasi Seputar Badminton Pada Generasi Z (Studi Pada Followers Akun Twitter @BadmintonTalk). (Skripsi Sarjana, Universitas Gunadarma).

Wahyudin, Febri Rismaningsih. (2022). Pengantar Statistika 2. Jawa Barat: Media Sains Indonesia.

Downloads

Published

2024-01-03

How to Cite

Prabowo, D. A. A., & Hartanto, E. (2024). PENGARUH KREDIBILITAS DAN MOTIF PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @SEATODAYNEWS TERHADAP PEMENUHAN KEBUTUHAN INFORMASI PADA FOLLOWERS. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 3(01), 30–35. https://doi.org/10.56127/jukim.v3i01.1095

Similar Articles

<< < 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.