FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK FACIAL WASH GARNIER MEN

Authors

  • Panji Arya Kusuma Universitas Gunadarma
  • Ary Natalina Universitas Gunadarma
  • Agustina Nicke Kakiay Universitas Gunadarma

DOI:

https://doi.org/10.56127/jukim.v3i01.1142

Keywords:

Brand Ambassador, Promosi, Kepercayaan, Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian produk facial wash Garnier Men yaitu Pengaruh Brand Ambassador,  Promosi dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian produk facial wash Garnier Men. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan menggunakan sumber data primer melalui kuesioner terhadap 100 orang pria yang menggunakan produk facial wash Garnier Men di wilayah Jabodetabek. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknis  analisis data meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas dan uji regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Brand Ambassador secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian produk facial wash Garnier Men sedangkan Promosi dan Kepercayaan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian produk facial wash Garnier Men. Brand Ambassador, Promosi dan Kepercayaan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian produk facial wash Garnier Men.

References

Agustina, S. (2011). Manajemen pemasaran.

Al Ghoribi, K., & Waloejo, H. D. (2018). Pengaruh E-Commerce, Kualitas Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pebelian (Studi Pada Batik Mahkota Laweyan, Surakarta). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 7(4), 185-191.

Caniago, A., & Sudarmi, W. (2021). Analisis Pengaruh Kepercayaan dan Motivasi Karyawan terhadap Kinerja Perusahaan. Jurnal Lentera Bisnis, 10(1), 1- 13.

Fahlevie, R. A. N., & Fikry, M. (2022). Pengaruh Harga dan Kredibilitas Serta Brand Personality Terhadap Keputusan Pembelian Garnier Men Facial Wash. Distribusi-Journal Of Management And Business, 10(2), 155-166.

Fasha, A. F., Robi, M. R., & Windasari, S. (2022). Determinasi keputusan pembelian melalui minat beli: brand ambassador dan brand image (literature review manajemen pemasaran). Jurnal manajemen pendidikan dan ilmu sosial, 3(1), 30-42.

Firmansyah, M. A. (2023). Pemasaran Produk dan Merek: Planning & Strategy. Penerbit Qiara Media.

Haryani, D. S. (2019). Pengaruh Periklanan Dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Perumahan Griya Puspandari Asri Tanjungpinang. Jurnal Dimensi, 8(1), 54-70.

Ilmiyah, K., & Krishernawan, I. (2020). Pengaruh Ulasan Produk, Kemudahan, Kepercayaan, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee Di Mojokerto. Maker: Jurnal Manajemen, 6(1), 31-42.

Khotibul Umam. 2019. Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Promosi, Jurnal Untag, Surabaya.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Menejemen Pemasaran. Penerbit: Erlanggga. Jakarta.

Kotler, P. & Keller K.L. (2016). Marketing Management, 15th Edition, Pearson Education Inc, USA.)

Lestari, A. T., & Cahya, S. B. (2023). Pengaruh Brand Ambassador Korea Lee Minho, Kualitas Produk, Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sunscreen Azarine (Studi Pada Mahasiswa Aktif Fakultas Ekonomika Dan Bisnis UNESA). Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN).

Lestari, H., & Bafadhal, S. D. (2018). Pengaruh Brand Ambassador dan korean wave terhadap citra merek serta dampaknya pada keputusan pembelian. Universitas Brawijaya.

Maulana, A., & Lestariningsih, M. (2022). Pengaruh Harga, Brand Ambassador Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Scarlett Whitening. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM), 11(9).

Muttaqin, R. (2022). Pengarug Kim Soo Hyun Sebagai Brand Ambassador dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare COSRX (Studi Pada Mahasiswa di Indonesia).

Nata, S. D., & Sudarwanto, T. (2022). Effectiveness of Brand Image, Content Marketing, and Quality Product on Purchase Decision of J- GLOW Products. JEBA (Journal of Economics and Business Aseanomics).

Noeraini, I. A., & Sugiyono, S. (2016). Pengaruh tingkat kepercayaan, kualitaspelayanan, dan harga terhadap kepuasan pelanggan JNE Surabaya. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen (JIRM), 5(5).

Nuraini, P., Fitriyah, N., & Nurjuman, H. (2015). Pengaruh Kredibilitas Brand Ambassador Band Noah Dalam Iklan Vaseline Men Terhadap Keputusan Membeli Produk Yang Dilakukan Oleh Fans Club Noah Sahabat Serang, Doctoral Dissertation, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

Putra, M. I. (2014). Pengaruh brand ambassador terhadap brand image serta dampaknya terhadap keputusan pembelian (Survey pada pengguna LINE di Asia), Doctoral dissertation, Brawijaya University.

Rahmadani, U., Yusril, M., & Arman, A. (2022). The Effect Of Products, Promotion And Distribution On Purchasing Decisions Of Scarlett Cosmetics (A Survey Of Retail Stores In Bangkinang Kota). Jurnal Riset Manajemen Indonesia, 4(1), 124-125.

Rangian, M. C., Wenas, R. S., & Lintong, D. C. A. (2022). Analisis pengaruh kualitas produk, persepsi harga dan brand ambassador terhadap keputusan pembelian konsumen pada produk Ms Glow Skincare di kota Tomohon. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 10(3), 284- 294.

Ryan, R., & Johan, S. (2022, July). Impact of influencer endorsement, brand ambassador, brand image, and brand awareness on purchase decision (a case study of Erigo brand). In Proceeding of the International Conference on Family Business and Entrepreneurship,Vol. 3, No. 1.

Sukma, K. A. D. S. K., Nurcahya, I. K., & Suryani, A. (2016). Pengaruh Celebrity Endorser, Brand Image dan Kepercayaan terhadap Keputusan Pembelian Produk Pembersih Wajah Men's Biore, Doctoral dissertation, Udayana University.

Suleman, D., & Prasetyo, F. A. (2022). The Influence Of Brand Ambassador And Brand Image On Product Purchase Decisions. Eqien-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 11(03), 932-940.

Sumarwan, U., Puspitawati, H., Hariadi, A., Mukti Ali, M., Gazali, M., Hartono, S., & Farina, T. (2011). Riset pemasaran dan konsumen.

Suryana, P., & Dasuki, E. S. (2013). Analisis faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian dan implikasinya pada minat beli ulang. Trikonomika, 12(2), 190-200.

Susanti, F., & Gunawan, A. C. (2019). Pengaruh bauran promosi dan harga terhadap keputusan pembelian produk kosmetik Maybelline di kota Padang.

Wijaya, F. E., Susanto, A., Rosalinda, R., Lan, M., & Lilia, W. (2021). Pengaruh Harga, Promosi dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian pada PT Medan Jaya Pangan Mutu. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), 3(3), 934-943.

Yanti, M. N., Sadat, M. A., & Sari, D. A. P. (2023). Pengaruh Brand Ambassador, Brand Image, dan Product Quality Terhadap Purchase Decision Produk Body Care di Jabodetabek. Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Keuangan, 4(1),98-11.

Downloads

Published

2024-01-03

How to Cite

Kusuma, P. A., Natalina, A. ., & Kakiay, A. N. . (2024). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK FACIAL WASH GARNIER MEN. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 3(01), 63–70. https://doi.org/10.56127/jukim.v3i01.1142

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.