PENGARUH TERPAAN MEDIA DAN KONTEN SPORTAINMENT VINDES : VINDES SPORT TEPOK BULU 2022 TERHADAP MINAT OLAHRAGA BULU TANGKIS PADA MAHASISWA UNIVERSITAS GUNADARMA

Authors

  • Muhammad Farras Izza Universitas Gunadarma
  • Eko Hartanto Universitas Gunadarma

DOI:

https://doi.org/10.56127/jukim.v3i03.1263

Keywords:

Terpaan Media, Konten, Minat

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat Pengaruh Terpaan Media dan Konten Sportainment VINDES : VINDES Sport Tepok Bulu 2022 Terhadap Minat Olahraga Bulu Tangkis Pada Mahasiswa Universitas Gunadarma. Sampel pada penelitian ini Mahasiswa Universitas Gunadarma yang mensubscribe dan menonton Konten Sportainment VINDES : VINDES Sport Tepok Bulu 2022. Teori yang digunakan pada penelitian ini yaitu Teori Uses And Effects yang menjelaskan mengenai hubungan antara komunikasi massa yang disampaikan melalui massa. Teori ini berhubungan antara pengguna media, audiens, dan menimbulkan sebuah effect bagi pengguna dari media massa tersebut. Sampel pada penelitian ini 400 responden dengan metode pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Metode uji dalam penelitian ini yaitu uji validitias, uji reliablitias, uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda dan uji hipotesis. Hasil olah data pada penelitian ini menunjukan variabel terpaan media dan konten sportainment terhadap variabel minat olahraga bernilai sangat kuat yaitu 75,2% dan memiliki pengaruh sebesar 56,6% artinya terpaan media dan konten sportainment memiliki pengaruh yang sangat kuat terhadap minat olahraga. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terpaan media dan konten sportainment mampu mempengaruhi dan meningkatkan minat olahraga bulu tangkis pada mahasiswa Universitas Gunadarma.

References

Ardianto, E. (2011). Metode Penelitian Untuk Public Relations Kuantitatif dan Kualitatif (edisi revisi). Bandung: Rosdakarya.

Ardianto, Elvinaro. 2014. Metodelogi Penelitian untuk Public Relations Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung : Simbiosa Rekatama Media

Arikunto, S. 2006. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara Chaerun N.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Indriantoro, Nur., dan Supomo, Bambang. 2013. Metodologi Penelitian BisnisUntuk Akuntansi & Manajemen. Yogyakarta: BPFE.

Kriyantono, Rahmat. 2009. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: PT. Kencana Perdana.

Mcquail. 2010. Teori Komunikasi Massa Edisi 6 Penerbit. Jakarta: Salemba Humanika.

Ruslan, Rosady. 2008. Manajemen Public Relations & Media Komunikasi. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Sendjaja, S.Djuarsa. 1999. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: UniversitasTerbuka.

Siregar, Syofian. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT Fajar Interpratama Mandiri.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta,CV.

Downloads

Published

2024-05-09

How to Cite

Izza, M. F. ., & Hartanto, E. . (2024). PENGARUH TERPAAN MEDIA DAN KONTEN SPORTAINMENT VINDES : VINDES SPORT TEPOK BULU 2022 TERHADAP MINAT OLAHRAGA BULU TANGKIS PADA MAHASISWA UNIVERSITAS GUNADARMA. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 3(03), 01–09. https://doi.org/10.56127/jukim.v3i03.1263

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.