PENGARUH TERPAAN MEDIA DAN KONTEN SPORTAINMENT VINDES : VINDES SPORT TEPOK BULU 2022 TERHADAP MINAT OLAHRAGA BULU TANGKIS PADA MAHASISWA UNIVERSITAS GUNADARMA
DOI:
https://doi.org/10.56127/jukim.v3i03.1263Keywords:
Terpaan Media, Konten, MinatAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat Pengaruh Terpaan Media dan Konten Sportainment VINDES : VINDES Sport Tepok Bulu 2022 Terhadap Minat Olahraga Bulu Tangkis Pada Mahasiswa Universitas Gunadarma. Sampel pada penelitian ini Mahasiswa Universitas Gunadarma yang mensubscribe dan menonton Konten Sportainment VINDES : VINDES Sport Tepok Bulu 2022. Teori yang digunakan pada penelitian ini yaitu Teori Uses And Effects yang menjelaskan mengenai hubungan antara komunikasi massa yang disampaikan melalui massa. Teori ini berhubungan antara pengguna media, audiens, dan menimbulkan sebuah effect bagi pengguna dari media massa tersebut. Sampel pada penelitian ini 400 responden dengan metode pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Metode uji dalam penelitian ini yaitu uji validitias, uji reliablitias, uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda dan uji hipotesis. Hasil olah data pada penelitian ini menunjukan variabel terpaan media dan konten sportainment terhadap variabel minat olahraga bernilai sangat kuat yaitu 75,2% dan memiliki pengaruh sebesar 56,6% artinya terpaan media dan konten sportainment memiliki pengaruh yang sangat kuat terhadap minat olahraga. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terpaan media dan konten sportainment mampu mempengaruhi dan meningkatkan minat olahraga bulu tangkis pada mahasiswa Universitas Gunadarma.
References
Ardianto, E. (2011). Metode Penelitian Untuk Public Relations Kuantitatif dan Kualitatif (edisi revisi). Bandung: Rosdakarya.
Ardianto, Elvinaro. 2014. Metodelogi Penelitian untuk Public Relations Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung : Simbiosa Rekatama Media
Arikunto, S. 2006. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara Chaerun N.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro
Indriantoro, Nur., dan Supomo, Bambang. 2013. Metodologi Penelitian BisnisUntuk Akuntansi & Manajemen. Yogyakarta: BPFE.
Kriyantono, Rahmat. 2009. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: PT. Kencana Perdana.
Mcquail. 2010. Teori Komunikasi Massa Edisi 6 Penerbit. Jakarta: Salemba Humanika.
Ruslan, Rosady. 2008. Manajemen Public Relations & Media Komunikasi. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Sendjaja, S.Djuarsa. 1999. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: UniversitasTerbuka.
Siregar, Syofian. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT Fajar Interpratama Mandiri.
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta,CV.