ANALYZING LANGUAGE PROFICIENCY FOR THE CLT PRINCIPLE: AN EVALUATION OF AN EIGHT-GRADE ENGLISH TEXTBOOK
DOI:
https://doi.org/10.56127/jukim.v3i02.1278Keywords:
Checklist, Evaluation, Language Skills, Textbook, CLTAbstract
Penelitian ini membahas proses evaluasi buku teks bahasa Inggris untuk SMP melalui analisis konten dan survei. Penelitian ini menilai kesesuaian, kelemahan, dan rekomendasi perubahan yang diperlukan pada buku teks bahasa Inggris di sekolah menengah pertama. Daftar periksa berdasarkan prinsip-prinsip CLT akan mengidentifikasi sejauh mana buku-buku tersebut berkembang, untuk mendapatkan jawaban dari penelitian. Melalui pendekatan penelitian kualitatif, kami menilai kesesuaian buku teks dengan prinsip CLT. Item checklist evaluasi yang digunakan berkaitan dengan pengembang kurikulum untuk mengevaluasi buku teks bahasa Inggris secara lebih sistematis, seperti fokus pada komunikasi nyata, interaksi siswa, dan keterampilan berbahasa pendukung: membaca, menulis, mendengarkan, berbicara, dan tata bahasa. Buku teks bahasa Inggris untuk kelas 8 yang diterbitkan oleh “Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi” dianggap sebagai bahan ajar. Buku ini disusun sesuai dengan Kurikulum Mandiri 2022 dan buku ajar. Untuk memahami pemahaman hasil setiap bagian buku ini, diperiksa dengan parameter checklist. Hasil analisis menunjukkan bahwa buku teks pembelajaran bahasa Inggris perlu direvisi agar selaras dengan pola pengajaran saat ini terkait bahasa komunikatif. Penelitian ini berkontribusi terhadap pembaruan kurikulum dan mengadaptasi buku teks untuk memastikan buku tersebut mencerminkan pendekatan pedagogi saat ini untuk memaksimalkan pembelajaran yang lebih relevan dan efektif di tingkat sekolah menengah pertama.
References
A. Deyap, “A Teacher-Based Evaluation of the English Language Textbook (Get Ready1&2) for Saudi Fourth Grade Primary,” Arab World English Journal, no. 226, pp. 1–90, Jan. 2019, doi: 10.24093/awej/th.226.
B. López-Medina, “López-Medina 1 The Electronic Journal for English as a Second Language,” 2021.
H. Jusuf, “THE MODELS OF CHECKLIST METHOD IN EVALUATING ELT TEXTBOOKS,” 1975, [Online]. Available: http://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/al
J. Liu and M. Liu, “Application of CLT in College English Vocabulary Teaching,” 2024.
K. Jahan, S. Mukhtar, F. Yasmin, and M. Mushtaq, “An Evaluation of English Textbook for Grade-6: Application of Communicative Approach,” International Journal of Psychosocial Rehabilitation, vol. 24, p. 2020.
L. Budiarsih, “Textbook Evaluation: Models of Checklist Methods,” vol. 3, pp. 2685–1407, 2022, doi: 10.26418/icote.v3i0.55815
P. Novianti and E. K. Ambarwati, “A Textbook Analysis of ‘My Next Words’ for the Fifth Grade Elementary School,” Jo-ELT (Journal of English Language Teaching) Fakultas Pendidikan Bahasa & Seni Prodi Pendidikan Bahasa Inggris IKIP, vol. 10, no. 1, p. 12, Jun. 2023, doi: 10.33394/jo-elt.v10i1.6972.