PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SEPATU VANS
DOI:
https://doi.org/10.56127/jukim.v1i05.274Keywords:
Kualitas Produk, Harga, Keputusan PembelianAbstract
Dalam menghadapi di era sekarang fashion di Indonesia semakin berkembang. Setiap perusahaan harus memperhatikan dan mempertimbangan kualitas produk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel kualitas produk, dan harga terhadap keputusan pembelian produk Sepatu Vans baik secara parsial maupun simultan dan untuk mengetahui variabel mana yang berpengaruh dan tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk Sepatu Vans. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner kepada 100 responden yang sudah pernah melakukan pembelian produk Sepatu Vans tersebut. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif, Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Uji Normalitas, Uji Heteroskedastisitas, Uji Multikolinieritas, Analisis Regresi Linier Berganda, Uji t, Uji F dan Koefisien Determinasi dengan SPSS versi 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel kualitas produk tidak berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian sedangkan variabel harga berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian dan terdapat pengaruh simultan antara kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian, serta variabel yang paling dominan terhadap keputusan pembelian adalah variabel harga.
References
Agustina, E., Lie, D., Butarbutar, M., & Nainggolan, N. T. (2019). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Kepuasan Pelanggan pada Percetakan Aneka Jaya Pematangsiantar. Maker: Jurnal Manajemen, 5(1), 38-49.
Dr. Meithiana Indrasari. (2019). Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan . Surabaya: Unitomo Press. (BAB II)
Fayakun, C. (2018). PENGARUH KUALITAS PRODUK, PERSEPSI HARGA, DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN
DALAM PEMBELIAN SEPATU CONVERSE (Studi kasus pada mahasiswa di Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya). JEM17: Jurnal Ekonomi Manajemen, 3(1).
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariete SPSS 25 (9th ed.). Semarang: Universitas Diponegoro.
Humam, L., Arifin, R., & ABS, M. K. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Brand Association, Brand Image, Brand Trust, Price Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Merk Vans (Studi kasus pada pembelian Sepatu Sneakers merek Vans Di Infusionstore Malang). Jurnal Ilmiah Riset Manajemen, 10(13).
Mahardika, A. W. (2020). Pengaruh Harga, Promosi, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu VANS (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Muhammad Anang Firmansyah. (2019). Buku Pemasaran Produk dan Merek (Planning & Strategy). Surabaya: CV. Penerbit Qiara Media.
Siahaan, A. S., & Setiawati, C. I. (2018). Pengaruh Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Vans. eProceedings of Management, 5(3).
STATISTIKA PENELITIAN MENGGUNAKAN SPSS (Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Regresi Linier Sederhana, Regresi Linier Berganda, Uji t, Uji F, R2). (n.d.). (n.p.): GUEPEDIA.
Sugiyono . (2014). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Penerbit CV. ALFA BETA
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta