PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, HARGA, DAN FASILITAS TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA GRAND HAWAII HOTEL PEKANBARU

Authors

  • Rahma Yulita STIE Mahaputra Riau
  • Safrizal STIE Mahaputra Riau

DOI:

https://doi.org/10.56127/jukim.v2i01.455

Keywords:

kualitas pelayanan, harga, fasilitas, kepuasan konsumen

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, harga, dan fasilitas terhadap kepuasan konsumen pada Grand Hawaii Hotel Pekanbaru. Populasi pada penelitian ini berjumlah 12.265 orang, teknik pengambilan sampel menggunakan metode Slovin dan diperoleh sampel berjumlah 100 orang responden, teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan metode analisis linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan konsumen, secara parsial harga berpengaruh terhadap kepuasan konsumen, dan secara parsial fasilitas berpengaruh terhadap kepuasan konsumen. Sedangkan secara simultan, kualitas pelayanan, harga, dan fasilitas berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen. Koefisien determinasi sebesar 0,679 atau 67,9%.

References

K. dan Amstrong, Principles of Marketing Sixteenth Edition Global Edition. England: Pearson Education Limited, 2016.

Rahma Yulita, Safrizal, and Susi Aritonang, “Pengaruh Kualitas Layanan Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Bengkel Parna Jaya Motor,” J. Akunt. dan Manaj. Bisnis, vol. 2, no. 2, pp. 141–148, 2022, doi: 10.56127/jaman.v2i2.243.

F. Tjiptono, Pemasaran Jasa-Prinsip, Penerapan, Dan Penelitian. Yogyakarta: Andi, 2014.

G. Kotler, P Dan Amstrong, Bauran Pemasaran Edisi Ke-12 Jilid 2. Jakarta: Erlangga, 2013.

B. dan I. Swastha, Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakart: Liberty, 2013.

Eka Oktavia Fabriani, “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pelanggan Rumah Kos Putri Bu Lilik Desa Plosokandang Tulungagung.,” 2020, [Online]. Available: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/14501

Hariani Ritonga, “Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap di Rumah Sakit Umum Daerah Rantauprapat (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara).,” 2019.

I Gusti Ayu Agung and Agnes Putri Aprila, “PERSEPSI HARGA BERPENGARUH TERHADAP MINAT MEMBELI DI THE 18th RESTAURANT AND LOUNGE THE TRANS LUXURY HOTEL BANDUNG,” Sabbhata Yatra J. Pariwisata dan Budaya, vol. 2, no. 1, pp. 43–59, 2021, doi: 10.53565/sabbhatayatra.v2i1.271.

Suparyanto dan Rosad (2015, “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Pt. Citraraya Mandiri Motor Surabaya,” Suparyanto dan Rosad (2015, vol. 5, no. 3, pp. 248–253, 2020.

A. F. N. Falakh, “Analisis Pengaruh Harga, Pelayanan, Fasilitas Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Hotel Bintang Tawangmangu,” Univ. Muhammadiyah Surakarta., 2016, [Online]. Available: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/44387

M. Chikmiah, “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Lokasi, Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Bisnis Ritel Syariah 212 Mart: Studi Kasus Pada 212 Mart Pondok Jati Sidoarjo,” UIN Sunan Ampel Surabaya, [Online]. Available: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/47859

D. Sunyoto, Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: CAPS, 2012.

D. G. C. Tjiptono, Fandy, Pemasaran Strategik Edisi 2. Yogyakarta: Andi, 2012.

B. Alma, Manajamen Pemasaran Dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta, 2014.

F. Tjiptono, Strategi Pemasaran, vol. 4. Yogyakarta: Andi, 2015.

Sugiyono, Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta, 2015.

Maulida Putri Andari dan Edy Mulyantomo, “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas, Kepercayaan dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Pada Pelanggan Hotel Pandanaran Semarang),” 2020, [Online]. Available: https://journals.usm.ac.id/index.php/solusi/article/viewFile/2610/1695 Solusi, 18(3).

Ibni Akhika Ce Ru’yan, “Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen ( Pada Hotel Nalendra Bandung),” Perpust. FEB-UNPAS BANDUNG, 2018, [Online]. Available: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/41589

Eka Oktavia Fabriani, “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pelanggan Rumah Kos Putri Bu Lilik Desa Plosokandang Tulungagung,” 2020, [Online]. Available: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/14501

Published

2023-01-12

How to Cite

Yulita, R. ., & Safrizal. (2023). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, HARGA, DAN FASILITAS TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA GRAND HAWAII HOTEL PEKANBARU. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(01), 115–124. https://doi.org/10.56127/jukim.v2i01.455

Similar Articles

<< < 2 3 4 5 6 7 8 9 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.