HUBUNGAN KUALITAS LAYANAN DENGAN CITRA MUSEUM KONFERENSI ASIA AFRIKA

Authors

  • Ainani Nazere Universitas Padjadjaran
  • Sukaesih Sukaesih Universitas Padjadjaran
  • Fitri Perdana Universitas Padjadjaran

DOI:

https://doi.org/10.56127/jukim.v2i02.555

Keywords:

Kualitas, Layanan, Citra, Museum

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kualitas layanan dengan citra museum dengan menggunakan teori histoqual. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional yang mana populasi pada penelitian ini adalah pengunjung Museum Konferensi Asia Afrika dari bulan September-Desember 2022 yang berjumlah 100 orang yang hasil ini didapat menggunakan teknik simpel random sampling. Analisis data dilakukan dengan metode Pearson Product Moment dan data diolah menggunakan SPSS. Melalui penelitian ini diketahui bahwa kualitas layanan memiliki pengaruh dengan citra museum dengan perolehan angka sebesar 0,837 atau dalam tingkat hubungan “sangat kuat”. Variabel yang paling tinggi diperoleh oleh bukti fisik (tangible) sebesar 0.810, disusul oleh daya tanggap (responsiveness) sebesar 0.784, komunikasi (communication) sebesar 0.776, empati (empathy) sebesar 0.594, dan terakhir barang habis pakai (consumeables) sebesar 0.340.

References

M. Jubaidi, “Konsep GLAM (Galery, Library, Archive, Dan Museum) Sebuah Kolaborasi Media Informasi Di Muhammadiyah Abad Ke-2,” Publication Library and Information Science, vol. 5, no. 1, p. 35, 2021, doi: 10.24269/pls.v5i1.3867.

D. Fitrina C and L. Adriyana, “Galery, Library, Archive, and Museum (GLAM) sebagai Upaya Transfer Informasi,” Shaut Al-Maktabah : Jurnal Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi, vol. 8, no. 2, pp. 143–154, 2017, doi: 0.15548/shaut.v9i2.113.

T. Y. Aslah, H. F. Wowor, and V. Tulenan, “Perancangan Animasi 3D Objek Wisata Museum Budaya Watu Pinawetengan,” E-Journal Teknik Informatika, vol. 11, no. 1, pp. 1–6, 2017.

Y. Nurendah and M. Mulyana, “Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Perpustakaan Terhadap Kepuasan dan Hubungannya dengan Loyalitas Mahasiswa,” Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, vol. 1, no. 1, pp. 93–112, 2013, doi: 10.37641/jimkes.v1i1.258.

D. E. Putri, “Pengaruh Perceived Service Terhadap Citra Museum Negeri Jambi,” Jurnal Manajemen Terapan Dan Keuangan, vol. 5, no. 2, pp. 93–107, 2016.

D. E. Putri, “PENGARUH PERCEIVED SERVICE TERHADAP CITRA MUSEUM NEGERI JAMBI.”

A. Hanif, I. Lucky, A. Saputra, D. P. Mardiana, and R. Primadasa, “PERBANDINGAN SERVICE QUALITY MUSEUM KRETEK DENGAN MUSEUM JENANG KUDUS,” vol. 1, no. 1, pp. 18–24, 2020, [Online]. Available: http://journal.UMK.ac.id/index.php/jointech

N. Saputra and R. Farady Marta, “Optimalisasi Model Strategi Public Relations Museum Penerangan dalam Membentuk Citra Publik,” 2020.

R. Nurjanah and A. S. Mulazid, “Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Corporate Social Responsibility Terhadap Citra Perusahaan,” Muqtasid: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, vol. 9, no. 1, p. 40, Jun. 2018, doi: 10.18326/muqtasid.v9i1.40-53.

Y. Septiani, E. Arribe, and R. Diansyah, “ANALISIS KUALITAS LAYANAN SISTEM INFORMASI AKADEMIK UNIVERSITAS ABDURRAB TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA MENGGUNAKAN METODE SEVQUAL (Studi Kasus : Mahasiswa Universitas Abdurrab Pekanbaru)”.

J. Terapan Ilmu Ekonomi et al., “Pameran terhadap Minat Berkunjung Kembali ke Museum The Effect of Tangible, Responsiveness, Emphaty, Communication, and Exhibition on Revisit Intention to Museum,” Jurnal Terapan Ilmu Ekonomi, Manajemen dan Bisnis, vol. 1, no. Februari, 2021, [Online]. Available: http://jurnal.polsri.ac.id/index.php/jtiemb

A. Kusumastuti, A. M. Khorin, and T. A. Achmadi, Metode Penelitian Kuantitatif, 1st ed. Sleman, Yogyakarta: CV Budi Utama, 2020.

T. C. Mawey, A. L. Tumbel, and I. W. J. Ogi, “THE INFLUENCE OF TRUST AND QUALITY OF SERVICE TO CUSTOMER SATISFACTION PT BANK SULUTGO,” Pengaruh Kepercayaan…… 1198 Jurnal EMBA, vol. 6, no. 3, pp. 1198–1207, 2018.

Published

2023-03-14

How to Cite

Nazere, A., Sukaesih, S., & Perdana, F. (2023). HUBUNGAN KUALITAS LAYANAN DENGAN CITRA MUSEUM KONFERENSI ASIA AFRIKA. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(02), 21–29. https://doi.org/10.56127/jukim.v2i02.555

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.