MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DAN LITERASI MEMBACA MELALUI BOOK CLUB DI SDN 43 HULONTHALANGI KOTA GORONTALO
Keywords:
Mutu Pendidikan dan LiterasiAbstract
Mutu Pendidikan merupakan dua istilah yang berasal dari mutu dan pendidikan, yang artinya menujuk pada kualitas produk yang dihasilkan lembaga pendidikan atau sekolah. Pendidikan yang bermutu adalah pendidikan yang memenuhi harapan dan mampu memenuhi keinginan dan kebutuhan masyarakat, untuk mewujudkan harapan masyarakat, sekolah, dan guru harus mempunyai harapan yang tinggi terhadap siswa. Literasi merupakan yang harus bisa dikuasai oleh setiap peserta didik. Dalam meningkatkan mutu pendidikan, banyak sekolah-sekolah yang menerapkan literasi kemampuan membaca dan menulis peserta didik. Salah satu cara dalam peningkatan literasi emmbaca itu bisa dilakukan dengan melalui book club, Sehingga artikel ini membahas tentang Manfaat peningkatan mutu pendidikan di sekolah SD, Kemampuan Membaca Peserta Didik, dan Kegiatan Book Club. Metode yang kami gunakan dalam proyek ini adalah metode praktik. Metode praktik merupakan upaya memberi kesempatan kepada peserta didik untuk mendapatkan pengalaman langsung. Pengalaman mendorong peserta didik untuk merefleksi atau melihat kembali pengalaman-pengalaman yang dialami.
References
Baka I. F. (2022). Ananlisis Peran Kepala Sekolah SDN 22 Kapahiang dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Multi Disiplin Dehasen (MUDE) 1 (3): 314-315.
Dalimunthe, Masroma. (2019). Pengelolaan Literasi dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Sabilarrsyad 4 (1): 111.
Fahrunisa, Enda. (2022). Memajukan Literasi Anak Melalui Strategi Membaca Menyenangkan. FUSION : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 1 (1): 45-47.
Granatum. H. F. (2022). Analisis Prestasi Peserta Didik dilihat dari Sistem Manajemen Berbasis Sekolah di Sekolah Dasar Islam. JURNALBASICEDU 6 (3): 4499-4502.
Jatnika. S. H. (2019). Budaya Literasi untuk Menumbuhkan Minat Membaca dan Menulis. Indonesian Jurnal of Primary Education 3 (2): 3-5.
Nur, Muhammad. (2022). Manajemen Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Pada Tingkat SD. Management of Education : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 8 (1): 24-27.
Sabariah. (2022). Manajemen Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 4 (1): 117-119.
Saputro, Nugroho. (2022). Pengembangan Sistem Penjaminan Mutu Pendidik Untuk Menciptakan Seorang Pendidik Yang Profesional. Jurnal Inovasi Penelitian 2 (11): 3747-3748.
Setiawan, Farid. (2022). Manajemen Sekolah Sebagai Wadah dalam Peningkatan Pendidikan Bermutu. ARZUSIN : Jurnal Manajemen dan Pendidikan Dasar 2 (1): 99-102.
Surangangga. I. M. (2017). Mendidik Lewat Literasi Untuk Pendidikan Berkualitas. Jurnal Penjaminan Mutu 3 (2): 155-157.