MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DAN LITERASI MEMBACA MELALUI BOOK CLUB DI SDN 43 HULONTHALANGI KOTA GORONTALO

Authors

  • Afriani Putri Timbowo Universitas Negeri Gorontalo
  • Alfareza Thaib Universitas Negeri Gorontalo
  • Ifana Lumayo Universitas Negeri Gorontalo
  • Abdul Rahmat Universitas Negeri Gorontalo
  • Rusmin Husain Universitas Negeri Gorontalo

Keywords:

Mutu Pendidikan dan Literasi

Abstract

Mutu Pendidikan merupakan dua istilah yang berasal dari mutu dan pendidikan, yang artinya menujuk pada kualitas produk yang dihasilkan lembaga pendidikan atau sekolah. Pendidikan yang bermutu adalah pendidikan yang memenuhi harapan dan mampu memenuhi keinginan dan kebutuhan masyarakat, untuk mewujudkan harapan masyarakat, sekolah, dan guru harus mempunyai harapan yang tinggi terhadap siswa. Literasi merupakan yang harus bisa dikuasai oleh setiap peserta didik. Dalam meningkatkan mutu pendidikan, banyak sekolah-sekolah yang menerapkan literasi kemampuan membaca dan menulis peserta didik. Salah satu cara dalam peningkatan literasi emmbaca itu bisa dilakukan dengan melalui book club, Sehingga artikel ini membahas tentang Manfaat peningkatan mutu pendidikan di sekolah SD, Kemampuan Membaca Peserta Didik, dan Kegiatan Book Club. Metode yang kami gunakan dalam proyek ini adalah metode praktik. Metode praktik merupakan upaya memberi kesempatan kepada peserta didik untuk mendapatkan pengalaman langsung. Pengalaman mendorong peserta didik untuk merefleksi atau melihat kembali pengalaman-pengalaman yang dialami.

References

Baka I. F. (2022). Ananlisis Peran Kepala Sekolah SDN 22 Kapahiang dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Multi Disiplin Dehasen (MUDE) 1 (3): 314-315.

Dalimunthe, Masroma. (2019). Pengelolaan Literasi dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Sabilarrsyad 4 (1): 111.

Fahrunisa, Enda. (2022). Memajukan Literasi Anak Melalui Strategi Membaca Menyenangkan. FUSION : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 1 (1): 45-47.

Granatum. H. F. (2022). Analisis Prestasi Peserta Didik dilihat dari Sistem Manajemen Berbasis Sekolah di Sekolah Dasar Islam. JURNALBASICEDU 6 (3): 4499-4502.

Jatnika. S. H. (2019). Budaya Literasi untuk Menumbuhkan Minat Membaca dan Menulis. Indonesian Jurnal of Primary Education 3 (2): 3-5.

Nur, Muhammad. (2022). Manajemen Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Pada Tingkat SD. Management of Education : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 8 (1): 24-27.

Sabariah. (2022). Manajemen Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 4 (1): 117-119.

Saputro, Nugroho. (2022). Pengembangan Sistem Penjaminan Mutu Pendidik Untuk Menciptakan Seorang Pendidik Yang Profesional. Jurnal Inovasi Penelitian 2 (11): 3747-3748.

Setiawan, Farid. (2022). Manajemen Sekolah Sebagai Wadah dalam Peningkatan Pendidikan Bermutu. ARZUSIN : Jurnal Manajemen dan Pendidikan Dasar 2 (1): 99-102.

Surangangga. I. M. (2017). Mendidik Lewat Literasi Untuk Pendidikan Berkualitas. Jurnal Penjaminan Mutu 3 (2): 155-157.

Published

2022-12-11

How to Cite

Afriani Putri Timbowo, Alfareza Thaib, Ifana Lumayo, Abdul Rahmat, & Rusmin Husain. (2022). MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DAN LITERASI MEMBACA MELALUI BOOK CLUB DI SDN 43 HULONTHALANGI KOTA GORONTALO. Jurnal Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 1(3), 37–41. Retrieved from https://journal.admi.or.id/index.php/JUSHPEN/article/view/363

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.