PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING, BRAND EQUITY DAN REVIEW PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SKINTIFIC DENGAN MINAT BELI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING
DOI:
https://doi.org/10.56127/jaman.v4i3.1825Keywords:
Social Media Marketing, Brand Equity, Review Produk, Keputusan Pembelian, Minat Beli, Intervening.Abstract
Produk skincare berkontribusi besar pada kehidupan yang berkaitan dengan kebutuhan wanita agar terlihat lebih percaya diri. Kini produk skincare telah mengalami banyak perubahan dengan berbagai macam inovasi yang sesuai degan kebutuhan serta keinginan konsumen salah satunya adalah produk skincare Skintific. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh Social Media Marketing, Brand Equity Dan Review Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skintific Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening. Metode analisis pada penelitian ini menggunakan data primer kuantitatif tahap pengujian ini yang dilakukan adalah : Uji validitas, Uji reliabilitas, analisis SEM-PLS. Data yang digunakan penelitian ini menggunakan kuesioner dan data yang valid dan berhasil dikumpulkan sebanyak 100 responden. Metode pengambilan sampel pada penelitian ini adalah non-probability sampling dengan menggunakan cara purposive sampling. Aalat bantu pengujian yang digunakan adalah SmartPLS versi 4.1.0.6. Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel pengaruh Social Media Marketing berpengaruh positif terhadap Keputusan Pembelian dan Minat Beli, variabel Brand Equity berpengaruh positif terhadap Keputusan Pembelian dan Minat Beli, Keputusan Pembelian berpengaruh positif terhadap Minat Beli, Minat Beli berperan sebagai variabel intervening antara social media marketing, brand equity, review produk terhadap keputusan pembelian.
References
Afifah Rana Putri (2023). Pengaruh Review Produk Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Produk Skintific Pada Mahasiswa Perguruan Tinggi Swasta Di Medan. Journal of Management , 3(4).
Duryadi, (2023). Metode Penelitian Empiris Model Path Analysis dan Analisis Menggunakan SmartPLS
Eko Putra (2020). Pengaruh Promosi Melalui Sosial Media Dan Review Produk Pada MarketPlace Shopee Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Mahasiswa Stie Pasaman). e-Jurnal Apresiasi Ekonomi 8(3) 467-474
Sugiyono. (2019). Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta
Ghozali, I. (2016) Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23. Edisi 8. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Furadantin, N. R. (2018). Analisis data menggunakan aplikasi smartpls v. 3.2. 7 2018. Jurnal manajemen, 1(1), 1-18.
Kristia Yuliawan. (2021). Pelatihan SmartPLS 3.0 Untuk Pengujian Hipotesis Penelitian Kuantitatif, Jurnal Ekonomi 5(1) 2548-8406
Nursiti, dan Aprillia Giovenna (2022). Pengaruh Social Media Marketing, Harga, dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian produk Uniqlo. Jurnal Industri Kreatif 5(1) 262-094
Panjaitan, R. (2018). Manajemen Pemasaran Penerbit Yayasan Prima Agus Teknik, 1-122.
Sugiyono. (2019). Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta
Tjiptono, Fandy, Anastasia Diana (2020) Pemasaran : Penerbit Andi Yogyakarta
Yuyun Taufik, Ade Risna Sari, Aminatus Zakhra, Ivonne Ayesha, Ade Perdana Siregar, Iwan Henri Kusnadi, Ratnawati,dan Hendy Tannady (2024). Peran Social Media Marketing dan Brand Awareness Terhadap Purchase Intention Produk Es Teh Indonesia. Jurnal Manajemen, Ekonomi 1 (2) 723-238
Zanjabilla, Ridwan dan Rahmat Hidayat. (2017). “Analisis Pengaruh Social Media Marketing terhadap Keputusan Pembelian Bandung Techno Park (Studi pada Pelanggan Bandung Techno Park 2017”. Jurnal Manajemen Pemasaran. 6(1)