KOMUNIKASI INTERPERSONAL ANTARA MANAJER DAN ARTIS DALAM MENGEMBANGKAN KREATIVITAS PADA MEDIA SOSIAL TIKTOK KUTIPAN-X
DOI:
https://doi.org/10.56127/jukim.v3i01.1125Keywords:
Komunikasi Interpersonal, Kreativitas, Belajar Sosial Albert BanduraAbstract
Penulisan ini bertujuan untuk mengetahui komunikasi interpersonal yang terjadi antara manajer dan artis dalam mengembangkan kreativitas pada media sosial TikTok Kutipan -X. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme dengan metode pendekatan kualitatif deskripstif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui wawancara, observasi, dokumentasi, dan studi pustaka. Pada saat COVID-19 berlangsung, TikTok menjadi salah satu media sosial yang populer dimanfaatkan semua kalangan masyarakat untuk berkreativitas. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah teori belajar sosial Albert Bandura, yang menyatakan bahwa teori Bandura berdasarkan pada 4 proses modeling yaitu, perhatian, representasi, produksi perilaku, dan motivasi. Pada teori ini dapat menampilkan bagaimana mengembangkan kreativitas sesuai dengan proses yang sesuai dengan teori yang sudah disebutkan. Hasil penelitian ini menampilkan efektivitas komunikasi interpersonal yang terjadi antara manajer dan artis dalam mengembangkan kreativitas kemudian melakukan analisis berdasarkan proses modeling belajar sosial Albert Bandura. Komunikasi interpersonal yang diciptakan antara manajer dan artis sudah berjalan dengan baik sesuai dengan yang diharapkan untuk Media Kreatif Kutipan X dan kedepannya akan semakin berkembang, serta memiliki dampak positif dalam penggunaan media sosial khususnya TikTok.
References
Referensi Cetak:
Buku
Arifina, A. M. Buku Ajar Komunikasi Interpersonal. Pustaka Rumah Cinta, 2020.
Drs. H. Kasiyanto Kasemin, M. Paradigma Teori Komunikasi dan Paradigma Penelitian Komunikasi. Media Nusa Creative, 2016
Nursapiah. Penelitian Kualitatif. Wal ashri Publishing, 2020
Rahmadi. Pengantar Metodologi Penelitian. Antasari Press, 2011
Jurnal
Pratiwi, R. R. . “Hubungan Persepsi Komunikasi Interpersonal dalam Keluarga dengan Adiksi Media Sosial pada Siswa SMKN 4 Bandung”. Prosiding Psikologi, 2019.
Afriyadi, F. “Efektivitas komunikasi interpersonal antara atasan dan bawahan karyawan PT. Borneo Enterprsindo Samarinda”. Jurnal Ilmu Komunikasi, 2015.
Laila, Q. N. “Pemikiran Pendidikan Moral Albert Bandura”. Modeling: Jurnal Program StudiPGMI, 2015.
Rosdiana, A., & Nurnazmi, N. “Dampak Aplikasi Tiktok dalam Proses Sosial di Kalangan Remaja Rabadompu Timur”. Edu Sociata: Jurnal Pendidikan Sosiologi, 2021.
Boiliu, E. R. “Aplikasi Teori Belajar Sosial Albert Bandura Terhadap PAK Masa Kini”. Jurnal Ilmu Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen, 2022.
Purnaningtyas, A., & Fauziati, E. “Penerapan Teori Sosial Albert Bandura pada Pembiasaan Pengelolaan Sampah Siswa Sekolah Dasar”. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2022.
Ferniansyah, A., Nursanti, S., & Nayiroh, L. “Pengaruh media sosial Tiktok terhadap kreativitas berpikir generasi z”. Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, 2021.
Umanailo, M. “Paradigma Konstruktivis. Paradigma”. 2003. [9] Rahardjo, M. “Triangulasi dalam penelitian kualitatif”. 2010
Dr. Murdiyanto. E. “Penelitian Kualitatif (Teori dan Aplikasi disertai contoh Proposal). Lembaga Peneltian dan Pengabdian pada Masyarakat UPN “Veteran” Yogyakarta Press”. 2020.