KOMUNIKASI INTERPERSONAL ANTARA MANAJER DAN ARTIS DALAM MENGEMBANGKAN KREATIVITAS PADA MEDIA SOSIAL TIKTOK KUTIPAN-X

Authors

  • Adelina Frisila Universitas Gunadarma
  • Eko Hartanto Universitas Gunadarma

DOI:

https://doi.org/10.56127/jukim.v3i01.1125

Keywords:

Komunikasi Interpersonal, Kreativitas, Belajar Sosial Albert Bandura

Abstract

Penulisan ini bertujuan untuk mengetahui komunikasi interpersonal yang terjadi antara manajer dan artis dalam mengembangkan kreativitas pada media sosial TikTok Kutipan -X. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme dengan metode pendekatan kualitatif deskripstif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui wawancara, observasi, dokumentasi, dan studi pustaka. Pada saat COVID-19 berlangsung, TikTok menjadi salah satu media sosial yang populer dimanfaatkan semua kalangan masyarakat untuk berkreativitas. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah teori belajar sosial Albert Bandura, yang menyatakan bahwa teori Bandura berdasarkan pada 4 proses modeling yaitu, perhatian, representasi, produksi perilaku, dan motivasi. Pada teori ini dapat menampilkan bagaimana mengembangkan kreativitas sesuai dengan proses yang sesuai dengan teori yang sudah disebutkan. Hasil penelitian ini menampilkan efektivitas komunikasi interpersonal yang terjadi antara manajer dan artis dalam mengembangkan kreativitas kemudian melakukan analisis berdasarkan proses modeling belajar sosial Albert Bandura. Komunikasi interpersonal yang diciptakan antara manajer dan artis sudah berjalan dengan baik sesuai dengan yang diharapkan untuk Media Kreatif Kutipan X dan kedepannya akan semakin berkembang, serta memiliki dampak positif dalam penggunaan media sosial khususnya TikTok.

References

Referensi Cetak:

Buku

Arifina, A. M. Buku Ajar Komunikasi Interpersonal. Pustaka Rumah Cinta, 2020.

Drs. H. Kasiyanto Kasemin, M. Paradigma Teori Komunikasi dan Paradigma Penelitian Komunikasi. Media Nusa Creative, 2016

Nursapiah. Penelitian Kualitatif. Wal ashri Publishing, 2020

Rahmadi. Pengantar Metodologi Penelitian. Antasari Press, 2011

Jurnal

Pratiwi, R. R. . “Hubungan Persepsi Komunikasi Interpersonal dalam Keluarga dengan Adiksi Media Sosial pada Siswa SMKN 4 Bandung”. Prosiding Psikologi, 2019.

Afriyadi, F. “Efektivitas komunikasi interpersonal antara atasan dan bawahan karyawan PT. Borneo Enterprsindo Samarinda”. Jurnal Ilmu Komunikasi, 2015.

Laila, Q. N. “Pemikiran Pendidikan Moral Albert Bandura”. Modeling: Jurnal Program StudiPGMI, 2015.

Rosdiana, A., & Nurnazmi, N. “Dampak Aplikasi Tiktok dalam Proses Sosial di Kalangan Remaja Rabadompu Timur”. Edu Sociata: Jurnal Pendidikan Sosiologi, 2021.

Boiliu, E. R. “Aplikasi Teori Belajar Sosial Albert Bandura Terhadap PAK Masa Kini”. Jurnal Ilmu Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen, 2022.

Purnaningtyas, A., & Fauziati, E. “Penerapan Teori Sosial Albert Bandura pada Pembiasaan Pengelolaan Sampah Siswa Sekolah Dasar”. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2022.

Ferniansyah, A., Nursanti, S., & Nayiroh, L. “Pengaruh media sosial Tiktok terhadap kreativitas berpikir generasi z”. Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, 2021.

Umanailo, M. “Paradigma Konstruktivis. Paradigma”. 2003. [9] Rahardjo, M. “Triangulasi dalam penelitian kualitatif”. 2010

Dr. Murdiyanto. E. “Penelitian Kualitatif (Teori dan Aplikasi disertai contoh Proposal). Lembaga Peneltian dan Pengabdian pada Masyarakat UPN “Veteran” Yogyakarta Press”. 2020.

Downloads

Published

2024-01-03

How to Cite

Frisila, A. ., & Hartanto, E. . (2024). KOMUNIKASI INTERPERSONAL ANTARA MANAJER DAN ARTIS DALAM MENGEMBANGKAN KREATIVITAS PADA MEDIA SOSIAL TIKTOK KUTIPAN-X. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 3(01), 132–137. https://doi.org/10.56127/jukim.v3i01.1125

Similar Articles

<< < 2 3 4 5 6 7 8 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.