ANALISIS BIAYA RELEVAN DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN JANGKA PENDEK PASCA PANDEMI COVID 19
DOI:
https://doi.org/10.56127/jaman.v3i3.1028Keywords:
Biaya relevan, Pengambilan keputusan jangka pendek, Pasca Covid-19Abstract
Sejak World Health Organization (WHO) menetapkan Covid-19 sebagai pandemi di seluruh dunia pada 11 Maret 2020, semua aspek kehidupan berubah. Skala akibat yang ditimbulkan oleh pandemi ini belum pernah terjadi sebelumnya dan diperlukan waktu lebih dari satu dasawarsa bagi dunia untuk pulih, baik secara sosial maupun finansial. Perusahaan diharuskan untuk mampu mengambil keputusan secara efektif serta efisien dalam menghadapi ketidakpastian yang tinggi. Metode penelitian yang digunakan pada jurnal ini merupakan metode kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kepustakaan review jurnal (library research). Perubahan pasca Covid-19 membuat bisnis sulit dalam menjaga keberlangsungan usahanya. Dan analisis biaya relevan merupakan metode yang paling tepat dalam pengambilan keputusan bisnis dalam menghadapi perubahan tersebut. Dengan mengidentifikasi biaya-biaya yang relevan dan sesuai terhadap keputusan yang akan diambil, menjadi penentu keberhasilan bisnis kedepannya. Pandemi Covid-19 menciptakan perubahan dalam kehidupan di berbagai sektor bisnis yang mempengaruhi keberhasilan bisnis. Dalam hal ini, pengambilan keputusan jangka pendek pasca pandemi-lah yang menjadi penentunya. Dengan menggunakan metode analisis biaya relevan sebagai metode dalam penetapan keputusan jangka pendek karena metode ini fleksibel dalam menghadapi perubahan-perubahan yang terjadi.
References
A. Adnani, “Analisis Perspektif Inddonesia Pasca Pandemi Covid 19,” J. Norm., vol. 9, no. 1, pp. 15–22, 2021.
M. Alfaried, Achmad Fauzi, P. Syahirah, R. Eka Suci, and S. A. Pamungkas, “PERAN DAN FUNGSI BIAYA RELEVAN DALAM MENGAMBIL KEPUTUSAN PESANAN KHUSUS,” J. Akunt. dan Manaj. Bisnis, vol. 3, no. 1, pp. 134–143, 2023, doi: 10.56127/jaman.v3i1.682.
Apiatno, “the Role of Managerial Control in the Middle of the Global Crisis Due To Pandemic Covid-19 in Retail Companies Peranan Pengendalian Manajerial Di Tengah Krisis Global Akibat Pandemi Covid-19 Pada Perusahaan Retail,” SINTESA, vol. 1, no. 2, pp. 306–315, 2022.
A. W. Bartik, M. Bertrand, Z. Cullen, E. L. Glaeser, M. Luca, and C. Stanton, “The impact of COVID-19 on small business outcomes and expectations,” PNAS Proc. Natl. Acad. Sci., vol. 117, no. 30, pp. 17656–17666, 2020, doi: https://doi.org/10.1073/pnas.2006991117.
C. F. Emor, “Analisis Biaya Relevan Dalam Pengambilan Keputusan Membeli Atau Mempertahankan Aktiva Tetap Pada Pt. Jor Gabrindo,” J. EMBA J. Ris. Ekon. Manajemen, Bisnis dan Akunt., vol. 7, no. 1, pp. 911–920, 2019.
N. M. A. Erawati, “Incremental Cost Sebagai Salah Satu Alternatif Pada Pengambilan Keputusan Jangka Pendek,” J. Online Ekon. Pembang. Univ. Udayana, pp. 1–11, 2012.
R. Hidayat, “Analisis Penerapan Biaya Relevan Dalam Menerima Atau Menolak Pesanan Khusus Pada Ud. Rezky Bakery,” J. EMBA, vol. 435, no. 4, pp. 435–443, 2014, [Online]. Available: https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/6347/5865
Ibrahim, “Keputusan Menerima Atau Menolak Pesanan Khusus Pada Pt . Bs Polymer Di Makassar,” AkMen J. Ilm., vol. 12, no. 2, pp. 176–191, 2015.
R. S. Ika and S. Siti, “Analisis Perhitungan Biaya Relevan Untuk Pesanan Khusus Guna Meningkatkan Laba Perusahaan Kasur ‘Ud. Afina Rizki,’” Ris. Mhs. Ekon., vol. 3, no. 3, pp. 229–247, 2016.
O. Macpal and I. Ventje, “Analisis Biaya Relevan Untuk Menerima Atau Menolak Pesanan Khusus Pada Ud. Sinar Sakti,” J. EMBA, vol. 2, no. 3, pp. 236–244, 2014, doi: https://doi.org/10.35794/emba.2.3.2014.5496.
I. Neni Kristanti, “ANALISA BIAYA RELEVAN UNTUK PENGAMBILAN KEPUTUSAN JANGKA PENDEK PADA PERUSAHAAN KECAP CAP ‘BAKSO SATE’ PURWOKERTO Ika Neni Kristanti, SE, M.Sc.,” Fokus Bisnis Media Pengkaj. Manaj. dan Akunt., vol. 13, no. 1, pp. 1–15, 2014, doi: https://doi.org/10.32639/fokusbisnis.v13i1.16.
R. R. Pesik, J. J. Tinangon, and S. Pinatik, “Analisis Biaya Relevan Dalam Pengambilan Keputusan Menerima Atau Menolak Pesanan Khusus Pada Pt. Perikanan Nusantara Cabang Bitung,” J. EMBA, vol. 3, no. 1, pp. 129–135, 2015.
A. Pongantung, W. Manoppo, and J. Mangindaan, “Analisis Biaya Menurut Variable Costing Untuk Pengambilan Keputusan Menerima Atau Menolak Pesanan Khusus Pada Perusahaan Kue Bangket Tokin,” J. Adm. BISNIS Univ. Sam Ratulangi, pp. 1–9, 2018.
R. Pusung, D. Saerang, and W. Mandagi, “Analisis Biaya Relevan Dalam Pengambilan Keputusan Menjual Atau Memproses Lebih Lanjut Produk Pada Pt. Fortuna Inti Alam,” J. EMBA Ekon. Manajemen, Bisnis dan Akunt., vol. 2, no. 2, pp. 1043–1054, 2014.
E. Ratnaningtyas et al., Metodologi Penelitian Kualitatif. In Metodologi Penelitian Kualitatif, 1st ed., no. Januari. Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini, 2023.
N. A. Rumiasih and S. Mutamimah, “Peranan Analisis Biaya Relevan Dalam Pengembalian Keputusan Jangka Pendek Menerima Atau Menolak Pesanan Khusus (Studi Kasus Pada PT. Indogas Cipta Abadi),” Neraca Keuang. J. Ilm. Akunt. dan Keuang. Univ. Ibn Khaldun Bogor, vol. 8, no. 1, pp. 57–72, 2013, doi: https://doi.org/10.32832/neraca.v8i1.865.
I. Rumopa, V. Ilat, and I. Elim, “PENERAPAN BIAYA RELEVAN DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN MEMBUAT SENDIRI ATAU MEMBELI ‘KALENG’ PADA PT. DEHO BITUNG,” J. Ris. Akunt. Univ. Sam Ratulangi, vol. 11, no. 1, pp. 83–90, 2016, doi: https://doi.org/10.32400/gc.11.1.10561.2016.
M. Sari and Asmendri, “Penelitian Kepustakaan (Library Research) dalam Penelitian Pendidikan IPA,” Nat. Sci. J. Penelit. Bid. IPA dan Pendidik. IPA, vol. 6, no. 1, pp. 41–53, 2020.
A. Syahputri, A. Delia, Purnaningsih, and W. Anggita, “Analisis Pengaruh Financial Behavior dan Income terhadap Keputusan Berinvestasi Masyarakat Kota Pangkalpinang (Studi Kompearasi Sebelum dan Sesudah Pandemi Covid-19),” ACCOUNTHINK J. Account. Financ., vol. 8, no. 01, pp. 54–76, 2023.
Tatik, “Analisis Pengambilan Keputusan Taktis Pelaku UMKM (Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah) Di Masa Pandemi Covid’19,” Relasi J. Ekon., vol. 17, no. 1, pp. 165–180, 2021, doi: 10.31967/relasi.v17i1.416.
A. Wibowo and H. A. Purwanugraha, “Analisis Biaya Relevan Untuk Pengambilan Keputusan Mempertahankan Atau Menghentikan Segmen Perusahaan Pada Cv. Podo Kumpul,” e-journal UAJY, pp. 1–9, 2013.
E. R. Wirjono, C. N. Angela, and A. B. Rahardjono, “Ketepatan Pengambilan Keputusan dalam Penerapan Strategi Bertahan Studi Kasus pada UMKM Melati PHIA dan Bakery Kabupaten Aimas Sorong Papua Barat,” Analisis. “Jurnal Bisnis dan Akuntansi,” vol. 21, no. 02, pp. 1–14, 2022, [Online]. Available: http://repository.asmistmaria.ac.id/72/%0Ahttp://repository.asmistmaria.ac.id/72/1/ANALISIS 2022 MEI BU ENDANG.pdf