ANALISA STRATEGI BAURAN PEMASARAN 4P (PRICE, PRODUCT, PLACE, PROMOTION) PADA USAHA PROL TAPE SARI MADU JEMBER DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN

Authors

  • Jennifer Christiani Universitas Terbuka
  • Achmad Fauzi Universitas Terbuka

DOI:

https://doi.org/10.56127/jaman.v2i3.328

Keywords:

strategi pemasaran, bauran pemasaran, volume penjualan

Abstract

Letak kota Jember yang strategis, terkenal akan tempat wisatanya, dan acara Jember Fashion Carnaval, membuat Jember dikunjungi oleh banyak wisatawan lokal dan mancanegara. Hal tersebut mendorong pemilik prol tape Sari Madu Jember untuk membuat makanan yang menjadi ciri khas Jember, yang dapat dijadikan sebagai oleh-oleh. Strategi pemasaran perlu direncanakan dan dilakukan secara berkelanjutan, agar volume penjualan dapat terus meningkat sehingga dapat mempertahankan kelangsungan usaha. Tingkat volume penjualan dapat dipengaruhi oleh strategi pemasaran yang digunakan, salah satunya dengan strategi bauran pemasaran, yang meliputi produk, harga, distribusi, dan promosi. Penulis menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif karena penulis memperoleh data dari hasil wawancara produsen prol tape Sari Madu dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian, bahan-bahan yang digunakan untuk produksi berkualitas, harga yang ditetapkan terjangkau, distribusi dilakukan secara langsung dan tidak langsung, serta promosi yang dilakukan dengan penjualan tatap muka dan pemasaran langsung. Dengan menggunakan strategi bauran pemasaran, penjualan prol tape Sari Madu secara keseluruhan meningkat secara signifikan.

References

A. Thian, Kewirausahaan Untuk Mahasiswa dan Umum. Yogyakarta: Andi, 2021.

R. Rachmawati, Kewirausahaan. Sleman, Yogyakarta: Deepublish, 2020.

M. Rusdi, “Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Volume Penjualan pada Perusahaan Genting UD. Berkah Jaya,” J. Stud. Manaj. dan Bisnis, vol. 6, no. 2, pp. 83–88, Dec. 2019, doi: 10.21107/jsmb.v6i2.6686.

S. ruddin, “ANALISIS SRATEGI BAURAN PEMASARAN (MARKETING MIX) DAN PROSPEK BISNIS PADA TOKO ONLINE ‘X,’” J. Madani Ilmu Pengetahuan, Teknol. dan Hum., vol. 1, no. 1, pp. 253–266, Mar. 2018, doi: 10.33753/madani.v1i1.13.

H. D. T. Saribu, “Pengaruh Pengembangan Produk, Kualitas Produk dan Strategi Pemasaran Terhadap Penjualan Pada PT. Astragraphia Medan,” J. Manaj., vol. 6, no. 1, pp. 1–6, 2020.

Z. Z. Noor, Buku Referensi Strategi Pemasaran 5.0. Sleman, Yogyakarta: Deepublish, 2021.

S. Shareen and N. R. Andayani, “PENGARUH BAURAN PEMASARAN (MARKETING MIX) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PRODUK KARA SANTAN PT ENSEVAL PUTERA MEGATRADING, Tbk,” J. Appl. Bus. Adm., vol. 2, no. 1, pp. 46–59, Mar. 2018, doi: 10.30871/jaba.v2i1.762.

N. Arianto, Manajemen Pemasaran. Surabaya: Cipta Media Nusantara, 2022.

Y. Kusumawaty, “STRATEGI PEMASARAN PRODUK MAKANAN RINGAN KHAS RIAU (KERIPIK NENAS DAN RENGGINANG UBI KAYU),” J. Agribisnis, vol. 20, no. 2, pp. 124–138, Jan. 2019, doi: 10.31849/agr.v20i2.2235.

A. MAS’ARI, M. I. Hamdy, and M. D. Safira, “Analisa Strategi Marketing Mix Menggunakan Konsep 4p (Price, Product, Place, Promotion) pada PT. Haluan Riau,” J. Tek. Ind. J. Has. Penelit. dan Karya Ilm. dalam Bid. Tek. Ind., vol. 5, no. 2, p. 79, Feb. 2020, doi: 10.24014/jti.v5i2.8997.

A. R. P. Barusman and Yoshoa, “Analisis Strategi Bauran Pemasaran Terhadap Kepuasan Konsumen di Bubur Gabe Bandar Lampung,” J. Manaj. dan Bisnis, vol. 4, no. 2, pp. 179–196, 2014, [Online]. Available: http://jurnal.ubl.ac.id/index.php/jmb/article/view/711

S. Sarno and F. T. Raditya, “PENERAPAN STRATEGI BAURAN PEMASARAN KERIPIK PISANG (STUDI KASUS UKM SELERAKU BANJARNEGARA),” J. Ekon., vol. 11, no. 2, pp. 20–37, Jul. 2021, doi: 10.54342/stie-je.v11i2.165.

M. A. Nasution, “Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Alat Kesehatan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Pt. Dyza Sejahtera Medan,” J. War. Ed. 59, no. 59, p. 290572, 2019, [Online]. Available: http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php

D. N. Pane, “Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Keputusan Pembelian Teh Botol Sosro (Studi Kasus Konsumen Alfamart Cabang Ayahanda),” J. Manaj. Tools, vol. 9, no. 1, pp. 1–13, 2018.

F. Wijaya, A. Andy, V. Vincent, S. Steven, and R. A. Harahap, “PENGARUH SALURAN DISTRIBUSI DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK ALAT KESEHATAN MEREK OMRON PADA PT. SUMBER MEDIKA INDONESIA MEDAN (DISTRIBUTOR ALAT KESEHATAN),” J. Darma Agung, vol. 27, no. 2, p. 973, Jul. 2019, doi: 10.46930/ojsuda.v27i2.268.

Alfiyandi and L. Ode Syarfan, “ANALISIS BAURAN PROMOSI (PROMOTION MIX) PRODUK MULTILINKED SYARIAH PADA ASURANSI PANIN DAI-ICHI LIFE CABANG PEKANBARU,” J. Valuta, vol. 2, no. 1, pp. 54–65, 2016, [Online]. Available: www.swa.co.id

G. R. Saputra and R. Roswaty, “Pengaruh Bauran Pemasaran 4P terhadap Keputusan Pembelian Pupuk Eceran di Toko Tani Makmur Pagar Alam Sumatera Selatan,” J. Nas. Manaj. Pemasar. SDM, vol. 1, no. 2, pp. 32–45, Dec. 2020, doi: 10.47747/jnmpsdm.v1i2.125.

S. Ipnuwati, “Perancangan Sistem Informasi Penjualan Pada Toko Minak Singa,” Explor. J. Sist. Inf. dan Telemat., vol. 4, no. 2, Jun. 2014, doi: 10.36448/jsit.v4i2.536.

I. Hidayah, T. Ariefiantoro, D. W. P. S. Nugroho, and E. Suryawardana, “ANALISIS STRATEGI BAURAN PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN (STUDI KASUS PADA PUDANIS DI KALIWUNGU),” Solusi, vol. 19, no. 1, Jan. 2021, doi: 10.26623/slsi.v19i1.3001.

N. Salsabilla Beu, S. Moniharapon, and R. L. Samadi, “Analisis Strategi Bauran Pemasaran Terhadap Penjualan Ikan Kering Pada Umkm Toko 48 Pasar Bersehati Manado,” Emba, vol. 9 Nomor 3, no. 3, pp. 1530–1538, 2021, [Online]. Available: https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/35821

A. A. Effendy, “ANALISIS BAURAN PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN AZKA TOYS PAMULANG TANGERANG SELATAN,” J. Ilm. FEASIBLE, vol. 1, no. 1, p. 79, Feb. 2019, doi: 10.32493/jfb.v1i1.y2019.p79-95.

R. H. Perdiana, W. Ridwan, I. Yusup, and T. A. Koeswandi, “Analisis Strategi Bauran Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Mie Ayam Mang Nana,” J. Pros. Ind. Reseach Work. Natl. Semin., vol. 12, pp. 1456–1459, 2021.

W. Sulistyaningsih, T. Ariefiantoro, and E. Suryawardana, “STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN (STUDI KASUS PADA SHOFA CATERING),” Solusi, vol. 18, no. 4, Nov. 2020, doi: 10.26623/slsi.v18i4.2908.

A. al. Tambunan, Willy, “Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Volume Penjualan Pada Café Haagendazs Beachwalk Kuta,” J. Stie Semarang …, vol. 7, no. 1, pp. 48–59, 2021, [Online]. Available: http://jurnal3.stiesemarang.ac.id/index.php/jurnal/article/view/499

W. Sari and D. Damrus, “STRATEGI BAURAN PEMASARAN (4P) TERHADAP PRODUK DARI TANDAN BUAH SEGAR (TBS) KELAPA SAWIT PADA PT. BEURATA SUBUR PERSADA,” J. Ilm. Ekon. Terpadu, 2021, [Online]. Available: http://180.250.41.45/jimetera/article/view/4332

D. Handayani,R,D dan Rahmawati, “Pengembangan Pemasaran Madu Lebah Dengan Bauran Pemasaran 4PDi Desa Ciburial, Kampung Cikurutug Kecamatan Cimenyan Kabupaten Bandung,” J. Pengabdi. Kpd. Masy., p. Hal 1-10, 2019.

G. S. Putra, “ANALISIS STRATEGI BAURAN PEMASARAN 4P (Suatu Studi Pada CV. Sportwear Di Kota Bandung,” Anal. Strateg. bauran Pemasar. 4p, 2019.

D. Rahmawati, R. D. Handayani, and W. Fauzzia, “Pengembangan Pemasaran Produk Roti dan Pastry dengan Bauran Pemasaran 4P di Sari Good Bakery,” J. Abdimas BSI J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 2, no. 1, pp. 233–243, 2019.

F. K. Tehubijuluw and Sugiarto, Metodologi Penelitian Cara Mudah Membuat Makalah, Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Tangerang: PT. Matana Bina Utama, 2014.

F. W. Roosinda et al., Metode Penelitian Kualitatif. Sleman, Yogyakarta: Zahir Publishing, 2021.

Downloads

Published

2022-12-08

How to Cite

Christiani, J., & Fauzi, A. (2022). ANALISA STRATEGI BAURAN PEMASARAN 4P (PRICE, PRODUCT, PLACE, PROMOTION) PADA USAHA PROL TAPE SARI MADU JEMBER DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN. Jurnal Akuntansi Dan Manajemen Bisnis, 2(3), 16–23. https://doi.org/10.56127/jaman.v2i3.328

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.