PENGARUH MENINGKATNYA HARGA CABAI TERHADAP PERMINTAAN DAN PENAWARAN DI INDONESIA
DOI:
https://doi.org/10.56127/jaman.v3i1.645Keywords:
Harga Cabai, Permintaan, PenawaranAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kenaikan harga cabai terhadap penawaran dan permintaan di Indonesia. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif berdasarkan studi kasus yang terdapat pada literature review jurnal. hasil penelitian ini menunjukkan bahwa yang mempengaruhi permintaan dan penawaran adalah harga cabai itu sendiri. Adapun faktor yang mempengaruhi permintaan cabai yaitu tingkat pendapatan serta jumlah anggota keluarga. Sedangkan faktor yang mempengaruhi penawaran yaitu harga cabai yang diterima petani, biaya input usahatani, serta teknologi usahatani. Secara simultan berpengaruh signifikan terhadap permintaan dan penawaran di Indonesia.
References
Anoviansyah, Y., Sepriani, Y., & Sarkum, S. (2018). Pengaruh Permintaan Cabai Merah Terhadap Pendapatan Kelompok Tani Cabai Di Kabupaten Labuhanbatu. Agrifo : Jurnal Agribisnis Universitas Malikussaleh, 3(2), 23. https://doi.org/10.29103/ag.v3i2.1113
Arizka, H., Hasan, I., & Rosada, I. (2018). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Fluktuasi Harga Cabai Rawit Di Pasar Barandasi, Kabupaten Maros. Wiratani, 1(2), 116–125.
Barus, A., Negara Lubis, S., & Ayu, S. F. (2014). Analisis Permintaan Dan Penawaran Kedelai Di Sumatera Utara. Journal of Agriculture and Agribusiness Socioeconomics, 3(1), 1–9.
Cahyani, C. A. (2023). Penerapan Matematika Pada Ilmu Ekonomi : Jurnal Ekonomi, Akuntansi Dan Manajemen, 2(1), 232–242.
Fina, F., & Yuliawati, Y. (2019). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Harga Cabai Rawit Di Pasar Ngablak, Kabupaten Magelang. SEPA: Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian Dan Agribisnis, 15(2), 164. https://doi.org/10.20961/sepa.v15i2.28134
Herfianus Theo, Novira Kusrini Oktoriana, S. (2021). PENAWARAN CABAI RAWIT DI KABUPATEN KUBU RAYA. Jurnal Ekonomi Pertanian Dan Agribisnis (JEPA), 5, 533–543.
Kalam Mahardika, R. I. (2023). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Permintaan Cabai Merah di Kota Kediri. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 255–262.
Kambali, I., & Syarifah, A. (2020). PENGARUH HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ( Studi Kasus di Billionaire Store Bandung ). Ejurnal.Poltekpos.Ac.Id, 10, 1–8. https://ejurnal.poltekpos.ac.id/index.php/promark/article/download/731/549
Kasdi, A. (2016). PERMINTAAN DAN PENAWARAN DALAM MEMPENGARUHI PASAR (Studi Kasus di Pasar Bintoro Demak). BISNIS : Jurnal Bisnis Dan Manajemen Islam, 4(2), 18. https://doi.org/10.21043/bisnis.v4i2.2688
Maulana, A., Fahriansah, & Safarida, N. (2021). Analisis Tingkat Elastisitas Permintaan dan Penawaran Ayam Potong Di Pasar Kota Langsa. Jurnal Ilmiah Mahasiswa, Volume 3, 1–26.
Palar, N. . ., Pangemanan, P. A. ., & Tangkere, E. G. . (2016). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Harga Cabai Rawit Di Kota Manado. Agri-Sosioekonomi, 12(2), 105. https://doi.org/10.35791/agrsosek.12.2.2016.12278
Putri, N. H., Sari, N. S., & Rahmah, N. (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Proses Riset Konsumen: Target Pasar, Perilaku Pembelian Dan Permintaan Pasar (Literature Review Perilaku Konsumen). Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 3(5), 504–514.
Rahmadani, A., Prayuginingsih, H., & Widjayanti, F. N. (2020). Analysis Of Demand and Supply Of Large Red Chili (Capsicum annum L) In Indonesia. Journal of Agricultural Science, 4. https://repository.unmuhjember.ac.id/id/4650
Rizky Junianto, Markus Patiung, K. (2019). ANALISIS TREND PENAWARAN DAN PERMINTAAN KOMODITI KEDELAI INDONESIA. Vol 19 No.
Saparto dan Wiharso, M. F. S. (2019). Pengaruh Biaya Sarana Produksi Dan Tenaga Kerja Terhadap Pendapatan Usahatani Cabai Rawit Merah Di Desa Kesambi Kecamatan Mejobo Kabupaten Kudus. AGROMEDIA: Berkala Ilmiah Ilmu-Ilmu Pertanian, 37(1), 93–101. https://doi.org/10.47728/ag.v37i1.249
Sipahutar, R., & Pertanian, F. (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Permintaan Kon-sumen Cabai Merah Keriting di Pasar Horas Kota Pema-tangsiantar. J. Illmiah Mahasiswa Pertanian, 2, 158–168. http://jurnalmahasiswa.umsu.ac.id/index.php/jimtani
Siregar, C. maharani, Yolanda, F., & Simbolon, J. C. (2022). Keterkaitan Teori Jean Baptiste Say Dengan Permintaan dan Penawaran Pada Konveksi Bintang Kejora Production. Jurnal Manajemen, Ekonomi, Keuangan Dan Akuntansi (MEKA), Vol 3, No, 697–702.
Suherman, C., Soleh, M. A., Nuraini, A., & Fatimah, A. N. (2018). Pertumbuhan dan hasil tanaman cabai (Capsicum sp.) yang diberi pupuk hayati pada pertanaman kelapa sawit (Elaeis guineensis Jacq.) TBM I. Kultivasi, 17(2), 648–655. https://doi.org/10.24198/kultivasi.v17i2.18116
Susanti, S., Kusnadi, N., & Rachmina, D. (2014). Pengaruh Kemitraan Terhadap Produksi Dan Pendapatan Usahatani Sayuran Di Kabupaten Bogor. Forum Agribisnis, 4(1), 17–34. https://doi.org/10.29244/fagb.4.1.17-34
Swastika, Y., Syamsinar, & Mega, D. A. U. (2022). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Fluktuasi Harga (Studi Kasus Di Pasar Niaga Daya ). ASE Journal, 1, 12–20.
Kuncara, T. (2021). ANALISIS PERLAKUAN AKUNTANSI ASET BIOLOGIS PADA PT DHARMA SATYA NUSANTARA TBK BERDASARKAN PSAK 69 AGRIKULTUR. Jurnal Akuntansi Dan Bisnis Indonesia (JABISI), 2(2), 101-111.
Pranawukir, I., & Sukma, A. H. (2021). Strategi Corporate Social Responsibility Dompet Dhuafa dalam Membangun Brand Differentiation Lembaga. Jurnal Inovasi Ilmu Sosial Dan Politik (JISoP), 3(1), 22-32.