STUDI LITERATUR: PENGARUH E-BISNIS, ECONOMIC VALUE ADDED, KEPUTUSAN PEMBELIAN TERHADAP KINERJA KEUANGAN MASA COVID 19
DOI:
https://doi.org/10.56127/jaman.v2i3.335Keywords:
E-Bisnis, Economic value added, Keputusan Pembelian, Kinerja KeuanganAbstract
Penelitian Jurnal Ilmiah ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh E-Bisnis, Economic Value Added, Keputusan Pembelian Terhadap Kinerja Keuangan Masa Covid 19. Objek dalam penelitian ini adalah kinerja keuangan UMKM dan Entitas keuangan perusahaan. teknik sampel yang digunakan adalah purposive sampling method pada jurnal penelitian terdahulu dengan jumlah 18 jurnal peneliti terdahulu. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu menggunakan kuantitatif. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan dengan menggunakan kajian literatur berdasarkan penelitian terdahulu menunjukkan pengaruh E-bisnis berpengaruh positif terhadap Kinerja keuangan, Economic value added berpengaruh positif terhadap kinerja keuangan, Keputusan pembelian berpengaruh signifikan terhadap kinerja keuangan.
References
Agus Prabowo, H. Y. (2022). Peran Enterprise Resource Planning Systems (ERP) Terhadap Kinerja Perusahaan: Studi Empiris Pada Industri Pertahanan. Journal of Industrial Engineering & Management Research(JIEMAR), 61-68.
Alam, A. (2021). Dampak Covid 19 Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI). Skripsi Ekonomi dan Bisnis.
Andriasan Sudarso, d. (2020). Konsep E-Bisnis. Medan: Yayasan Kita Menulis.
Arifin Rosid, T. B. (2022). Dampak Ekonomi Pandemi Covid-19 Terhadap Pelaku Usaha Di Indonesia. Jurnal Anggaran dan Keuangan NegaraIndonesia, 86-109.
H. Husain, M. W. (2020). E-Bisnis Solusi Inovatif Penggerak Ekonomi Masyarakat Pandemi. Prosiding Seminar Nasional Riset Dan Information Science, 100-104.
Ismail, M. F. (2021). Sistem Informasi Akuntansi Berbasis ERP-SAP Dalam Meningkatkan Kualitas Penyajian Laporan Keuangan (Studi Pada PT PLN Persero UIKL Sulawesi). Skrispi Ekonomi Dan Bisnis Islam.
Mulyadi. (2006). Akuntansi Manajemen. Jakarta: Salemba Empat.
NOVEL, B. (2015). Analisis Variabel – Variabel Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen Kopi Luwak Di Kota Semarang. SKRIPSI.
Popo Suryana, E. S. (2013). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian dan Implikasinya pada Minat Beli Ulang. Jurnal Trikonomika, 190-200.
Pratama, B. H. (2022). Analisis Perbandingan Kinerja Keuangan Sebelum Dan Sesudah Penerapan Enterprise Resource Planning Pada Perbankan Bumn Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia.
Ramli, Y. (2020). Pengaruh Keputusan Pembelian Terhadap Kinerja Bisnis Industri Pupuk Organik. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB), 211-222.
Rindang, A. S. (2021). Pengaruh E-Business Terhadap Kinerja Finansial UMKM Kuliner Di Surakarta. Skripsi Ekonomis dan Bisnis.
Sari Yana Siregar, T. A. (2022). Analisis Kinerja Keuangan Dengan Eva Dan Mva Pada Perusahaan Telekomunikasi Periode 2015-2020. Jurnal Makesya Volume 2 Nomor 1, 28-38.
Sari, A. N. (2021). Analisis Kinerja Keuangan Dengan Menggunakan Metode Camel, Metode Eva, Dan Standard Bank Indonesia Pada PT. BPD Jawa Tengah Periode 2014-2020. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi, 179-189.
Subekti, M. (2014). PENGEMBANGAN MODEL E-BISNIS DI INDONESIA. ComTech Vol. 5, 925-938.
Timey Nikolaus Erlely, G. T. (2022). Penerapan Enterprise Resource Planning Dan Kinerja Keuangan: Dampak Pada Nilai Perusahaan LQ-45 Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Riset Akuntansi Mercu Buana, 66-77.
Wau, R., Syarifuddin, A., & Herwanto, R. (2017). Analisis Perbandingan Economic Value Added (EVA) Dan Return On Investment (ROI) Dalam Menilai Kinerja Keuangan SUB Sektor Farmasi Yang Terdaftar DI BEI. Journal OF Business Studies, 99-110.
Wirapraja, A., & Aribowo, H. (2020). STUDI LITERATUR MENGENAI TANTANGAN E-BUSINESS DALAM MEMASTIKAN ASPEK KEBERLANJUTAN PRODUKTIVITAS PERUSAHAAN. Jurnal EKSEKUTIF Volume 17, 212-232.