PERAN DAN FUNGSI BIAYA RELEVAN DALAM MENGAMBIL KEPUTUSAN PESANAN KHUSUS

Authors

  • Mochamad Alfaried Institut bisnis dan Informatika Kosgoro 1957
  • Achmad Fauzi Institut Bisnis dan Informatika Kosgoro 1957
  • Pingkan Syahirah Institut bisnis dan Informatika Kosgoro 1957
  • Rahmadiyanti Eka Suci Institut bisnis dan Informatika Kosgoro 1957
  • Satria Adjie Pamungkas Institut bisnis dan Informatika Kosgoro 1957

DOI:

https://doi.org/10.56127/jaman.v3i1.682

Keywords:

biaya relevan, keputusan, pesanan khusus

Abstract

Dalam bisnis yang kompetitif, pengambilan keputusan yang tepat dan pemahaman tentang biaya relevan dalam pesanan khusus sangat penting. Biaya relevan meliputi biaya bahan baku, tenaga kerja tambahan, overhead terkait pesanan, dan biaya lain yang terkait dengan persyaratan spesifik pesanan. Namun, penggunaan dan pemahaman yang mendalam tentang biaya relevan masih menjadi tantangan bagi banyak perusahaan. Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa mempertimbangkan biaya relevan membantu mengidentifikasi produk atau pelanggan yang menguntungkan. Penelitian ini bertujuan untuk memperdalam pemahaman tentang konsep biaya relevan dalam pesanan khusus dan berkontribusi pada pengembangan teori dan praktik akuntansi manajemen. Diharapkan penelitian ini dapat memandu perusahaan dalam meningkatkan pengambilan keputusan pesanan khusus, efisiensi operasional, dan keuntungan perusahaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalahh metode kualitatif dengan pendekatan literature review. Hasil penelitian menunjukkan bahwa biaya relevan penting dalam pengambilan keputusan pesanan khusus, mengidentifikasi biaya yang dapat diubah dan dikendalikan, mengelola sumber daya, menentukan harga optimal, mencapai keuntungan maksimal; fungsi ini memberikan informasi, menganalisis keuntungan dan kerugian, mengevaluasi alternatif, memilih pilihan menguntungkan; penggunaan biaya relevan meningkatkan efisiensi dan keuntungan perusahaan.

References

M. Tulvinschi, “Relevant Costs for Decision in an Effective Controlling System,” Theor. Appl. Econ., vol. 17, no. 5, pp. 49–58, 2010, [Online]. Available: http://ezproxy.library.capella.edu/login?url=http://search.ebscohost.com/login.aspx?direct=true&db=bth&AN=51010094&site=ehost-live&scope=site

P. Tatum, S. Talebreza, J. S. Ross, and E. Widera, “Measuring Relevant Costs for Decision-Making,” Manag. Cost Account., vol. 62, no. 2505, pp. 1–25, 2019.

J. A. Brierley, “The uses of product costs in decision-making,” Int. J. Manag. Financ. Account., vol. 5, no. 3, p. 294, 2013, doi: 10.1504/ijmfa.2013.058551.

M. P. Tejo, “Tactical Decision Making in Terms of Buying From Supplier or Self-Producing Using Relevant Cost in ‘Miss a’ Fashion Business,” Int. J. Account. Bus. Soc., vol. 23, no. 2, pp. 33–54, 2021, [Online]. Available: https://ijabs.ub.ac.id/index.php/ijabs/article/view/272/194

K. Ditkaew, “The Effects of Cost Management Quality on the Effectiveness of Internal Control and Reliable Decision-Making,” SSRN Electron. J., vol. 211, no. Rais, pp. 60–69, 2018, doi: 10.2139/ssrn.3266617.

M. J. F. Wouters, “Relevant cost information for order acceptance decisions,” Prod. Plan. Control, vol. 8, no. 1, pp. 2–9, 1997, doi: 10.1080/095372897235497.

R. J. P. Wulan Christiana Mandagi, David P.E. Saerang, “ANALISIS BIAYA RELEVAN DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN MENJUAL ATAU MEMPROSES LEBIH LANJUT PRODUK PADA PT. FORTUNA INTI ALAM,” J. EMBA, vol. 2, no. 2, pp. 1043–1054, 2014.

N. Richsandianti, S. Sunanto, and K. R. Sari, “Pengambilan Keputusan Atas Pesanan Khusus Berdasarkan Perhitungan Biaya Relevan,” J. Ekon. Bisnis, Akunt. dan Sist. Inf., vol. 10, no. 1, 2021, [Online]. Available: https://jurnal.polsri.ac.id/index.php/eksistansi/article/view/4553%0Ahttps://jurnal.polsri.ac.id/index.php/eksistansi/article/download/4553/1806

E. Amalia, M. I. Sundarta, and W. A. Bimo, “Analysis Of Costing Variables In Decision Making Case Studies In Confectionery Companies (Msmes),” J. Harmon. J. Akunt. dan Keuang., vol. 1, no. 1, p. 44, 2022, doi: 10.32832/jharmoni.v1i1.7210.

D. D. Maharatih, “Penerapan Biaya Relevan Dalam Pengambilan Keputusan Menerima Atau Menolak Pesanan Khusus Untuk Peningkatan Laba Perusahaan Pada Ud. Budi Tukul,” Simki-Economic Vol. 01 No. 07 Tahun 2017, vol. 01, no. 07, 2017, [Online]. Available: http://simki.unpkediri.ac.id/mahasiswa/file_artikel/2017/9526154d4cab748a51914755ba2aa054.pdf

S. I. Mohammad Mazabir Rahman, “The Impact of Relevant Costing for decision-making in ReadyMade Garments (RMGs) industry of Bangladesh.,” IOSR J. Bus. Manag., vol. 16, no. 3, pp. 01–07, 2014, doi: 10.9790/487x-16310107.

H. A. W. Octavia Magdalena Sitorus, “ANALYSIS OF USING RELEVANT COSTS AS A BASIS FOR THE DECISION TO ACCEPT OR REFUSE SPECIAL ORDERS AT UD. ADLI,” Int. J. Accounting, Manag. Econ., vol. 1, no. 1, pp. 33–41, 2022.

R. R. Pesik, J. J. Tinangon, and S. Pinatik, “Analisis Biaya Relevan Dalam Pengambilan Keputusan Menerima Atau Menolak Pesanan Khusus Pada Pt. Perikanan Nusantara Cabang Bitung,” J. EMBA, vol. 3, no. 1, pp. 129–135, 2015.

L. Kalangi, J. Morasa, and F. Tumilantouw, “Penerapan Biaya Relevan Dalam Pengambilan Keputusan Menerima Atau Menolak Pesanan Khusus Pada Cv. Pyramid,” J. Ris. Ekon. Manajemen, Bisnis dan Akunt., vol. 2, no. 1, pp. 677–685, 2014.

F. Erlis, “Penggunaan Biaya Relevan dalam Pengambilan Keputusan Taktis (Studi Kasus pada Popeye Fried Chicken di Jl. Adi Sucipto no 80 Surakarta),” Univ. Kristen Satya, no. 80, 2016.

Rizkiyah and Y. Rahayu, “Relevan Costanalysis : Dasar Pengambilan Keputusan Memproduksi Sendiri atau Membeli,” J. Ilmu dan Ris. Akunt., vol. 5, no. April, pp. 3–5, 2016.

N. D. Hernanik, “Analisis Biaya Relevan Sebagai Alat Pengambilan Keputusan Penerimaan Atau Penolakan Pesanan Khusus,” Arthavidya J. Ilm. Ekon., vol. 22, no. 1, pp. 140–155, 2020, doi: 10.37303/a.v22i1.161.

S. J. Braim, “the Role of Management Accounting in Management Decisions,” ResearchGate, no. 10, 2021, doi: 10.32702/2307-2105-2021.10.94.

G. Lepădatu, “THE IMPORTANCE OF THE COST INFORMATION IN MAKING DECISIONS,” Rom. Econ. Bus. Rev., vol. 15, no. 1, pp. 165–175, 2016, [Online]. Available: https://core.ac.uk/download/pdf/196255896.pdf

Y. S. Epi Fitriah, Yuni Rosdiana, Affandi Iss, Helliana, “ANALYSIS OF THE APPLICATION OF DIFFERENTIAL ACCOUNTING INFORMATION IN DECISION MAKING RECEIVING OR REJECTING SPECIAL ORDERS TO INCREASE CORPORATE PROFITS,” Eur. J. Bus. Innov. Res., vol. 8, no. 3, p. 14, 2020, [Online]. Available: https://all3dp.com/2/fused-deposition-modeling-fdm-3d-printing-simply-explained/

A. Arizah, “Analisis Biaya Relevan : Menerima Atau Menolak Pesanan Khusus Di Pt . Aquamas Indah,” AkMen J. Ilm., pp. 83–93, 2019, [Online]. Available: https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/2169340

I. Sengengeng and A. Kusumawati, “THE APPLICATION OF RELEVANT COSTS TO THE DECISION,” Return Study Manag. Econ. Bus., pp. 237–250, 2023.

N. M. A. Erawati, “Incremental Cost Sebagai Salah Satu Alternatif Pada Pengambilan Keputusan Jangka Pendek NI MADE ADI ERAWATI,” J. Ilm. Akunt. dan Bisnis, vol. 5, no. 1, 2010.

R. Martini, M. Thoyib, and Y. Yulita, “Penerapan Perhitungan Biaya Relevan dalam Pengambilan Keputusan Pesanan Khusus,” J. Ilm. Ekon. Glob. Masa Kini, vol. 11, no. 1, p. 9, 2020, doi: 10.36982/jiegmk.v11i1.1054.

U. Maryati, K. Putri, A. Yentifa, and D. Maretha Rissi, “Analisis Pengambilan Keputusan Taktis: Tetap Mempertahankan Koran Cetak atau Mengganti ke Media Online,” Akunt. dan Manaj., vol. 15, no. 1, pp. 1–17, 2020, doi: 10.30630/jam.v15i1.51.

Published

2023-04-30

How to Cite

Alfaried, M. ., Achmad Fauzi, Syahirah, P. ., Eka Suci, R. ., & Pamungkas, S. A. (2023). PERAN DAN FUNGSI BIAYA RELEVAN DALAM MENGAMBIL KEPUTUSAN PESANAN KHUSUS. Jurnal Akuntansi Dan Manajemen Bisnis, 3(1), 134–143. https://doi.org/10.56127/jaman.v3i1.682

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.